Pertanyaan Umum

Perlindungan AMAN

AMAN merupakan produk proteksi yang memberikan perlindungan atas pembayaran cicilan pembiayaan kamu dari kejadian tak terduga sehingga kamu dan keluarga tidak lagi terbebani.

Dengan memilih produk AMAN, perusahaan asuransi yang telah bekerjasama dengan Home Credit akan memberikan santunan berupa pelunasan pembiayaan atau pembayaran cicilan apabila terjadi musibah terhadap diri Pelanggan dan pasangan akibat sakit atau kecelakaan.

Manfaat Atas Risiko Meninggal Dunia

AMAN akan memberikan perlingungan atas pembiayaan untuk risiko kejadian meninggal dunia pada pelanggan dan pasangan dalam masa asuransi sesuai dengan tenor pembiayaan. Adapun manfaat yang didapatkan adalah :

  • Sisa Jumlah Pembiayaan, Bunga, Denda (jika ada), dan Tunggakan hingga maksimum 3 bulan akan dibayarkan oleh Perusahaan Asuransi kepada Home Credit Indonesia
  • Jika Tertanggung meninggal dunia akibat Kecelakaan atau Sakit, maka uang sebesar 100 % dari nilai pertanggungan akan dibayarkan kepada ahli waris

Manfaat Atas Risiko Cacat Tetap Total

AMAN akan memberikan perlingungan atas pembiayaan untuk risiko kejadian yang mengakibatkan cacat tetap total pada pelanggan dan pasangan dalam masa asuransi sesuai dengan tenor pembiayaan. Adapun manfaat yang didapatkan adalah :

  • Sisa Jumlah Pembiayaan, Bunga, Denda (jika ada), dan Tunggakan hingga maksimum 3 bulan akan dibayarkan oleh Perusahaan Asuransi kepada Home Credit Indonesia

Manfaat Atas Risiko Rawat Inap

AMAN akan memberikan perlingungan atas pembiayaan untuk risiko kejadian sakit yang memerlukan rawat inap di Rumah Sakit minimal satu (1) hari pada pelanggan dan pasangan dalam masa asuransi sesuai dengan tenor pembiayaan. Adapun manfaat yang didapatkan adalah :

  • Lama perawatan 1 – 14 hari, kamu akan mendapatkan manfaat 1 kali cicilan bulanan
  • Lama perawatan 15 – 30 hari, kamu akan mendapatkan manfaat 2 kali cicilan bulanan
  • Lama perawatan 31 – 90 hari, kamu akan mendapatkan manfaat 3  kali cicilan bulanan
  • Manfaat perlindungan AMAN tidak mencakup penyakit yang telah dialami sebelum masa pertanggungan dan penyakit yang termasuk pada pengecualian polis
  • Detail daftar pengecualian manfaat dapat kamu dapatkan disini[JR1] 

Prosedur Klaim AMAN

Jika kamu atau pasanganmu (istri/suami) mengalami salah satu risiko kejadian diatas, kamu dapat mengajukan klaim untuk mendapatkan manfaat. Prosedur untuk mengajukan klaim adalah sebagai berikut ini :

  • Hubungi layanan pelanggan homecredit indonesia melalui telepon 021 2953 9600 atau melalui e-mail care@homecredit.co.id atau kamu bisa mengajukan klaim disini
  • Kirimkan softcopy dokumen yang dibutuhkan melalui e-mail klaim@homecredit.co.id. Dokumen yang kamu butuhkan adalah sebagai berikut :
    • Kartu Identitas tertanggung seperti KTP/SIM/Paspor
    • Kartu keluarga jika pasangan yang mengalami risiko kejadian (meninggal/cacat tetap total/rawat inap
  1. Untuk Klaim Meninggal
    • Surat keterangan meninggal dari instansi yang berwenang (fotokopi legalisir)
    • Formulir surat keterangan dokter bila meninggal di rumah sakit
    • Berita acara dari Kepolisian jika meninggal dikarenakan kecelakaan
    • Surat keterangan meninggal dari Konsulat Jendral RI jika meninggal di luar negeri
    • Putusan pengadilan yang menyatakan tertanggung meninggal dunia jika meninggal atau hilang dikarenakan musibah
    • Halaman depan buku tabungan dan KTP ahli waris untuk menerima manfaat uang pertanggungan jika tertanggung meninggal dikarenakan kecelakaan atau sakit
  2. Untuk Klaim Cacat Tetap Total
    • Fotokopi legalisir Surat Keterangan Dokter atas cacat fisik atau tidak berfungsinya organ tubuh
    • Foto rontgen lokasi cacat dan foto jelas (close up) lokasi cacat beserta foto seluruh tubuh dengan memperlihatkan bagian yang cacat
  3. Untuk Klaim Rawat Inap
    • Surat keterangan keluar dari Rumah Sakit
    • Kuitansi pembayaran selama perawatan di Rumah Sakit
    • Hasil pemeriksaan dan diagnostik dari dokter
    • Rincian obat-obatan dan biaya
  • Pastikan kamu melengkapi semua dokumen yang dibutuhkan untuk pengajuan klaim
  • Team sepesialis kami akan menghubungi jika terdapat ketidak sesuaian dokumen
  • Proses pengecekan dan analisa dokumen dibutuhkan waktu 14 hari kerja untuk Jabodetabek dan 28 hari kerja untuk pelanggan di luar Jabodetabek setelah dokumen diterima lengkap oleh Home Credit Indonesia
  • Kamu akan mendapatkan informasi bahwa klaim pengajuan klaim kamu disetujui atau tidak
  • Kamu akan mendapatkan informasi berupa e-mail jika pengajuan klaim kamu tidak disetujui oleh pihak asuransi
  • Persetujuan dari pengajuan klaim berdasarkan analisa dan validasi dari dokumen yang kamu kirimkan dan menjadi keputusan dari perusahaan asuransi untuk menyetujui atau tidaknya klaim yang kamu ajukan
  • Proses pembayaran klaim diterima maksimal 7 hari kerja dari persetujuan klaim
  • Jika melebihi batasan waktu tersebut kamu belum mendapatkan hasi dari klaim yang kamu ajukan, kamu dapat informasikan kepada kami disini

Pelanggan meninggal dunia tanpa mempunyai perlindungan AMAN

Laporkan kepada kami jika pelanggan meninggal dunia dan kontrak tidak memiliki perlindungan AMAN. Kamu dapat mengirimkan dokumen kematian dan kartu identitas ahli waris ke care@homecredit.co.id. Pengiriman dokumen diperlukan supaya data pelanggan yang sudah meninggal dunia tidak dapat disalah gunakan untuk pengajuan kontrak dikemudian hari. Adapun yang perlu kamu lakukan adalah :

  • Laporkan kepada kami mengenai pelanggan yang meninggal dunia
  • Kirimkan dokumen  kematian dan identitas diri ahli waris ke care@homecredit.co.id
  • Akan terdapat masa validasi dokumen dan pengecekan dalam 20 hari
  • Selama masa validasi akan dilakukan pemberhentian sementara untuk aktifitas penagihan
  • Kelanjutan mengenai kontrak akan diserahkan kepada ahli waris

Keringanan Pembayaran Cicilan

Jika kamu adalah Pasangan / Ahli Waris Pelanggan Home Credit yang telah meninggal dunia dan ingin mengajukan keringanan pembayaran cicilan, silakan kirimkan:

1.       Dokumen Kematian Pelanggan

2.       KTP Pelanggan

3.       Kartu Keluarga yang mencantumkan nama Pasangan / Ahli Waris

ke email care@homecredit.co.id agar kamu dapat dihubungkan oleh tim Layanan Pelanggan kami.

Jika Pelanggan tersebut memiliki perlindungan AMAN, silakan klik di sini untuk melihat langkah-langkah klaim perlindungan cicilan pembayaran Pelanggan.   


Pertanyaan terkait

Informasi klaim, hubungi Home Credit Indonesia

Kirimkan email ke:

care@homecredit.co.id

Hubungi Home Credit Indonesia

021 2953 9600

Chat dengan kami di Facebook

Kirimkan surat ke:

PT Home Credit Indonesia

Customer Care Center, Plaza Oleos Lt. 8 JI. TB Simatupang No. 53A, Jakarta Selatan 12520, Indonesia