Home Credit Dukung Peran Orangtua Penuhi Kebutuhan Sekolah Anak

Home Credit Dukung Peran Orangtua Penuhi Kebutuhan Sekolah Anak

17 April 2024
linkdin iconsfacebook iconstwitter iconswhatsapp iconsline iconscopy icons
Link copied to clipboard

BANDUNG, 26 JUNI 2023 – Tingkat kepemilikan laptop dan berbagai perangkat seperti komputer, tablet atau alat elektronik sejenis oleh rumah tangga di Indonesia sebesar 18,04% pada 2022 merupakan yang terendah dalam 7 tahun terakhir sejak 2015, mengacu kepada data yang dirilis oleh Badan Pusat Statistik (BPS). Data tersebut juga lebih rendah dibandingkan dengan tingkat kepemilikan laptop oleh rumah tangga di negara Asia Tenggara lainnya seperti Singapura yang mencapai lebih dari 60%. Di Indonesia, harga laptop yang berkisar antara Rp3 juta hingga lebih dari Rp15 juta dari berbagai merk menjadi salah satu faktor mempengaruhi rendahnya tingkat kepemilikan laptop.

Padahal, laptop merupakan salah satu perangkat elektronik yang sangat dibutuhkan oleh siswa sekolah dalam proses pembelajaran di era digital pada saat ini, tidak terkecuali pada tahun ajaran baru. Animo pembelian laptop untuk kebutuhan sekolah juga cukup tinggi yang ditunjukkan oleh survei konsumen yang dilakukan oleh tim Market Research PT Home Credit Indonesia (“Home Credit”), perusahaan pembiayaan berbasis teknologi, dimana laptop merupakan satu dari lima kebutuhan teratas atau prioritas yang akan dibeli oleh orangtua di tahun ajaran baru pada pertengahan 2023, selain buku dan alat tulis, seragam, aksesoris (sepatu, tas, jam) dan pakaian non-seragam.

“Sebanyak 80% orangtua dari 1.900 responden survei tersebut menyatakan memiliki rencana untuk melakukan pembelian berbagai jenis kebutuhan untuk anak yang bersekolah di tingkat SD, SMP, SMA dan kuliah. Data itu mengindikasikan tahun ajaran baru adalah momentum terjadinya peningkatan pengeluaran oleh para orangtua. Untuk memenuhi berbagai kebutuhan seperti buku, seragam, alat tulis dan pakaian, para orangtua berencana menggunakan dana pribadi daripada berbagai metode pembayaran lainnya. Namun untuk pembelian barang seperti laptop, kecenderungan untuk menggunakan layanan cicilan pembiayaan barang lebih tinggi karena berbagai alasan, seperti dapat menjaga arus kas keuangan pribadi tetap stabil, menjaga dana darurat dan sebagainya. Memahami besarnya usaha dan peran orang tua dalam mendukung pendidikan anaknya, Home Credit senantiasa mendukung para orangtua untuk bisa memenuhi kebutuhan setiap anak dalam mencapai cita-cita mereka,” kata Chief Sales Officer Home Credit Indonesia Dolly Susanto dalam sesi wawancara di Bandung, Jawa Barat.

Home Credit berkomitmen untuk membantu para orangtua untuk memenuhi kebutuhan perangkat teknologi yang digunakan oleh buah hati untuk sekolah, melalui layanan cicilan yang dapat diakses di berbagai saluran pembelian seperti toko peritel, toko produsen hingga e-commerce dengan berbagai promo menarik yang dapat dimanfaatkan pelanggan seperti bebas 1x cicilan dan bunga 0% dengan membayar cicilan tepat waktu. Tidak hanya laptop, Dolly mengatakan layanan Home Credit juga dapat digunakan untuk membeli berbagai barang lain seperti smartphone, furniture, perangkat elektronik dan sebagainya.

Salah satu brand laptop terkemuka yang bekerjasama dengan Home Credit adalah Acer. Leny Ng selaku Sales Director Acer Indonesia menyatakan bahwa Acer menghadirkan pilihan laptop yang beragam untuk kegiatan belajar dan produktivitas melalui lini laptop tipis Acer Swift dan Aspire Spin yang penuh performa. Laptop Acer Swift serta Aspire Spin kini bisa didapat konsumen dengan lebih mudah melalui layanan cicilan dari Home Credit berupa promo Double Zero (bunga 0% dan bebas biaya admin) yang berlaku selama promo Back to School 9 Juni -30 Juni 2023. “Kami percaya bahwa kerjasama layanan cicilan pembiayaan laptop dengan Home Credit dapat membuka seluas-luasnya kesempatan masyarakat untuk mendapatkan laptop canggih berkualitas yang dapat mendukung berbagai kebutuhan, mulai dari pendidikan hingga pekerjaan,” kata Leny Ng, Sales Director Acer Indonesia.

Mudahnya memenuhi kebutuhan perangkat elektronik untuk keperluan pendidikan dengan menggunakan layanan Home Credit juga dirasakan oleh Erman Subekti, seorang pelanggan Home Credit. Erman mengatakan layanan Home Credit sangat mudah digunakan di toko dan mengaku sangat terbantu dengan keberadaan Sales Agents (SA) Home Credit yang memandu pelanggan dari proses pendaftaran hingga penandatanganan kontrak ketika melakukan pembelian laptop. “Laptop menjadi salah satu kebutuhan prioritas pada saat ini yang sangat mendukung proses pembelajaran anak di sekolah serta di rumah. Sebagai orangtua, kami berusaha memenuhi kebutuhan tersebut dan sangat terbantu dengan adanya layanan cicilan Home Credit untuk pembelian laptop dengan aneka promo yang menarik. Berkat laptop yang dibeli dengan Home Credit, anak saya mengenal dunia teknologi informasi yang luas sejak dini. Di masa depan, putri saya bercita-cita menjadi seorang programmer dengan melanjutkan sekolah dan kuliah di institusi pendidikan telekomunikasi,” kata Erman selaku pelanggan Home Credit.

Dalam masa liburan sekolah serta tahun ajaran baru, Home Credit kembali hadir di Jakarta Fair Kemayoran selama 14 Juni – 16 Juli 2023 , bekerjasama dengan lebih dari 20 mitra usaha seperti Erafone, Gramedia, Perfect Health, King Koil dan sebagainya dalam menyediakan layanan cicilan barang dalam perhelatan tahunan tersebut. Masyarakat dapat memenuhi berbagai kebutuhannya mulai dari smartphone, furniture, alat kesehatan, sepeda dan sebagainya dengan berbagai promo yang menarik sembari mengikuti berbagai aktivitas menarik di booth Home Credit di Jakarta Fair Kemayoran seperti photo challenge hingga permainan interaktif mengenai literasi keuangan.

###

Tentang Home Credit Indonesia

Home Credit Indonesia merupakan perusahaan pembiayaan berbasis teknologi yang berkomitmen untuk membuka kesempatan baru bagi masyarakat Indonesia melalui layanan keuangan seperti pembiayaan barang untuk smartphone, gadget, furniture, peralatan elektronik dan sebagainya, pembiayaan tunai, pay later serta proteksi. Beroperasi sejak 2013, Home Credit Indonesia telah melayani lebih dari 5,8 juta pelanggan serta bekerjasama dengan lebih dari 22.000 toko milik mitra usaha di seluruh Indonesia dengan layanan yang cepat dan tersedia di mana saja. Mitra kami saat ini adalah produsen, peritel hingga marketplace terkemuka di antaranya Samsung, VIVO, OPPO, Realme, Erafone, Informa, Electronic City, Hypermart, Lotte Mart, ACE Hardware, Gramedia, Rodalink, Tokopedia, Bukalapak, Blibli, dan lainnya. Silakan kunjungi www.homecredit.co.id untuk berita terbaru dan informasi lebih mendalam mengenai Home Credit Indonesia. Berikan Like di Facebook Home Credit Indonesia, ikuti halaman perusahaan kami di LinkedIn Home Credit Indonesia, dan follow Instagram kami di @homecreditid.

Baca berita mengenai siaran pers di atas di sejumlah media berikut ini: 

https://www.liputan6.com/citizen6/read/5329649/jelang-ajaran-baru-home-credit-dukung-peran-orangtua-penuhi-kebutuhan-sekolah-anak 

https://jabar.idntimes.com/business/economy/debbie-sutrisno/pemberian-kredit-yang-mudah-bisa-dongkrak-perekonomian-masyarakat 

https://www.medcom.id/ekonomi/keuangan/JKRvJwyK-permintaan-laptop-tinggi-di-tahun-ajaran-baru 

https://www.merdeka.com/uang/kebutuhan-laptop-hingga-komputer-di-indonesia-semakin-meningkat.html 

https://www.ayobandung.com/bisnis/799279769/semakin-mudah-home-credit-dukung-peran-orangtua-penuhi-kebutuhan-sekolah-anak