Cara Cepat Dapat Uang yang Dipandang Sebelah Mata

Cara Cepat Dapat Uang yang Dipandang Sebelah Mata

7 November 2018

linkdin iconsfacebook iconstwitter iconswhatsapp iconsline iconscopy icons
Link copied to clipboard

Bagaimana ya cara cepat untuk mendapat uang? Saat dalam kondisi terdesak mungkin Anda bingung harus melakukan apa untuk bisa mengumpulkan sejumlah uang sesuai yang dibutuhkan. Saat membutuhkan uang dalam jumlah besar tidak jarang orang akan mengambil pinjaman di lembaga keuangan. Jika hal tersebut sudah menjadi keputusan Anda, tentu bisa dicoba. Namun, sebelumnya berikut beberapa cara cepat agar mendapat uang yang sering kali dianggap remeh:

  • Jual Barang Bekas Berharga

Salah satu cara cepat untuk mendapat uang adalah menjual barang bekas di rumah. Barang bekas memiliki nilai jual tersendiri. Apalagi jika barang bekas Anda termasuk barang branded. Tentu akan jauh lebih mudah bagi Anda menjual barang bekas bermerk bagi mereka yang membutuhkannya.

Karenanya jangan ragu untuk membongkar isi lemari. Ambil foto sebaik mungkin lalu unggah ke media sosial. Strategi ini cukup efektif guna menemukan calon pembeli lebih cepat dibanding cara konvensional. Anda pun bisa mencoba menawarkan kepada teman-teman dekat terlebih dahulu.

  • Berjualan Air Mineral dan Sarapan di Tempat Olahraga

Ingin dapat uang dengan cepat? Anda bisa mencobanya dengan berjualan air mineral dan menu sarapan di tempat olahraga. Di mana pastinya ada banyak orang berolahraga atau sekedar jalan-jalan santai berkumpul bersama teman. Hal ini pun bisa Anda lakukan di tempat CFD (car free day).

Air mineral biasanya menjadi produk terbaik yang mesti Anda tawarkan. Untung yang bisa didapat tentu terbilang lumayan. Apalagi jika Anda bisa menjual dalam jumlah besar.

  • Loak Besi

Gudang Anda penuh berisi barang bekas? Jika ya, manfaatkan untuk mendapat tambahan uang. Keluarkan semua barang-barang bekas yang tidak dipakai dari gudang. Jual ke tukang loak terdekat.

Perlu Anda tahu ternyata barang elektronik bekas dan benda-benda berbahan logam seringkali dibandrol dengan harga lumayan. Makin berat timbangan loak besi Anda, tentu akan semakin besar pula nominal uang yang bisa didapatkan. Dan bisa lebih menguntungkan jika Anda bisa bernegosiasi tawar-menawar harga dengan pihak tukang loak.

  • Gadai Barang Berharga

Apakah Anda merasa tidak ada barang yang bisa dijual? Meski sudah membongkar isi rumah tetap tidak menemukan barang-barang bernilai jual tinggi. Meskipun ada mungkin Anda merasa sayang untuk menjualnya karena memiliki nilai kenangan. Sementara kebutuhan Anda mendesak dan tidak bisa menunggu. Jangan khawatir! Anda tidak harus menjual apapun.

Sebagai salah satu solusi Anda bisa mencoba datang ke lembaga yang melayani jasa gadai barang. Dengan demikian Anda tidak harus menjual barang berharga. Hanya saja pilihan ini biasanya tetap memiliki risiko kehilangan. Terlebih jika Anda tidak sanggup menebus barang yang digadai sesuai dengan batas waktu yang disepakati.

  • Meminjam Uang Teman atau Kerabat

Bila Anda benar-benar membutuhkan uang, maka Anda bisa meminjam uang dari teman atau kerabat. Berikan alasan jelas mengapa Anda membutuhkan pinjaman. Agar pihak yang Anda mintai pertolongan berkenan meminjamkan, dan janjikan pula waktu yang memungkinkan Anda bisa mengembalikan uang tersebut. Pastikan tepat waktu karena kepercayaan dari orang yang peduli dengan Anda mahal harganya.

  • Mengajukan Pinjaman dari Lembaga Keuangan

Cara terakhir yang bisa Anda tempuh yakni mengajukan pinjaman dari lembaga keuangan. Dalam hal ini ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui sebelumnya. Seperti syarat dan ketentuan pinjaman, bunga, jangka waktu pinjaman, sistem bayar atau cicilan, dan sebagainya.

Pada umumnya kegiatan pinjaman akan dikenai bunga dengan nilai bunga relatif berbeda. Anda berhak melakukan survey guna mendapat bunga paling ringan, sehingga tidak akan merasa pinjaman Anda memberatkan. Jangan sungkan membandingkan lembaga keuangan yang satu dengan lainnya agar mendapat pilihan terbaik. 

Setelah merasa pas dengan tingkat bunga yang ditetapkan, cari tahu kelengkapan syarat dan ketentuan pinjaman. Biasanya hal ini juga mencakup jangka waktu pinjaman, sistem pembayaran, dan adanya denda jika tidak sesuai ketentuan. Karenanya selaku calon peminjam pastikan Anda aktif menggali informasi dari pihak lembaga keuangan.


Itulah beberapa cara yang bisa Anda pertimbangkan untuk mendapat uang secara cepat. Sebenarnya lebih bijak jika Anda mampu menyisihkan pendapatan tetap Anda. Dengan demikian, Anda tidak perlu terlalu khawatir jika ada kebutuhan mendesak. 

Hanya saja memang kebutuhan seringkali tidak bisa diprediksi. Meski sudah menyisihkan uang cadangan atau uang darurat ternyata masih kurang. Dalam kondisi inilah Anda perlu memilih cara cepat terbaik untuk mendapat uang.