Sering nggak sih merasa gajimu sudah habis padahal masih tengah bulan? Parahnya lagi, kamu nggak tau tuh uangnya habis untuk apa aja alias nggak berasa.  Well, selamat datang di realita hidup boros, Sobat Misqueenku! Seperti dilansir oleh IDN Research Institute dalam “Indonesia Millennial Report”, pendapatan yang bisa ditabung oleh generasi millennial jumlahnya nggak lebih dari 10,7%, lho. Hmm, kira-kira ke mana ya perginya uangmu sampai nggak bisa menabung dan mendadak misqueen di akhir bulan? Mungkin, lima kebiasaan di bawah ini nih yang jadi jawabannya.
 
  1. Nggak bikin catatan pengeluaran
nggak bikin catatan pengeluaran  
Hayooo, terkadang malas ya bikin catatan pengeluaran? Apalagi, kalau kamu baru merasakan indahnya dunia kerja dan menghasilkan uang sendiri. Begitu gajian, tanpa sadar kamu langsung beli ini itu sampai akhirnya saldo di rekening tabungan tinggal 0 rupiah alias nggak ada sisanya. Walau sepele, membuat catatan pengeluaran nyatanya penting banget, lho. Mengetahui uangmu dihabiskan untuk apa aja bisa menjadi langkah awal menghindari hidup boros.
 
  1. Menabung kalau ada sisa
Menabung kalau ada sisa
Ini nih yang sering keliru di mindset banyak orang, menyisakan dan bukan menyisihkan. Walau mirip, dua hal tersebut nyatanya jauh berbeda. Waktu baru gajian, biasanya kamu langsung takabur dan merasa sekaya Bill Gates tanpa repot mikirin tabungan. Padahal, penting lho menabung di awal bulan waktu gaji baru turun dari langit. Soalnya, kalau di akhir bulan kan namanya impossible
 
  1. Keseringan jajan boba – kopi – boba lagi
sering jajan boba  
Sebagai minuman yang lagi hits di kalangan millennial, rasanya pasti ada yang kurang deh waktu kamu melewati hari tanpa boba dan kopi. Memang sih sekali beli nggak lebih dari Rp30.000, tetapi kalau dihitung sampai sebulan bisa habis Rp600.000! Kalau absen jajan boba dan kopi selama tiga bulan, terbayang nggak berapa banyak tabunganmu bertambah?
 
  1. Online shop anytime anywhere
boros dalam belanja online  
Memang sih teknologi zaman sekarang memudahkanmu untuk melakukan berbagai hal. Tetapi, soal belanja juga termasuk, lho. Kalau dulu kamu harus menunggu sampai weekend buat pergi ke toko, sekarang tinggal klik, klik, klik, semua barang yang kamu mau langsung diantar ke depan rumah. Bisa belanja di seluruh Indonesia bahkan dunia via online, nggak heran sih kebiasaan ini bikin kantong kering terus.
 
  1. Travelling demi content
terlalu sering travelling
Demi sepotong Instastory, kamu rela mengeluarkan banyak uang buat jalan-jalan supaya dianggap hits oleh followers. Di satu sisi, memang sih travelling bikin kamu lebih relaks dari penatnya rutinitas yang monoton. Tetapi, bukan berarti harus dipaksakan setiap bulan juga, kan? Nggak lucu banget kalau ujung-ujungnya uangmu habis buat bayar cicilan tiket pesawat dan hotel.
 
Gimana? Sadar nggak sih kalau hal-hal di atas bikin kamu mendadak misqueen di akhir bulan? Buat menghindari hal tersebut, yuk belajar lebih hemat dengan menerapkan FUNancial. Jangan lupa simak artikel FUNancial selanjutnya dan ikuti berbagai tipsnya, ya. Saatnya pilih FUNancial #YangKamuMau!
 
investashe logo
Footer Logo

PT Home Credit Indonesia merupakan perusahaan pembiayaan multiguna yang memberikan layanan pembiayaan bagi pelanggan yang berbelanja secara online maupun offline. Kami juga menyediakan pembiayaan multiguna bagi pelanggan setia kami agar mereka dapat memenuhi kebutuhan finansial mereka.

Kami hadir untuk menjadikan apa yang Anda inginkan dalam jangkauan dengan mengubah cara dunia berbelanja.

Anda Bisa!

Kantor Pusat:

PT Home Credit Indonesia

Plaza Oleos Lantai 8

Jl. TB Simatupang No. 53A

Jakarta Selatan 12520
E-mail: care@homecredit.co.id
Telepon: (+62) 21 295 39655
Fax: (+62) 21 227 80155
Back to Top