Riset Home Credit Ungkap Proyeksi Masyarakat Terhadap Pengeluaran dan Pemilu 2024

Riset Home Credit Ungkap Proyeksi Masyarakat Terhadap Pengeluaran dan Pemilu 2024

21 Februari 2024
linkdin iconsfacebook iconstwitter iconswhatsapp iconsline iconscopy icons
Link copied to clipboard

JAKARTA, 14 DESEMBER 2023 – Tahun Baru merupakan momentum yang tepat untuk merealisasikan berbagai rencana yang belum terwujud atau masih tertunda seperti membeli berbagai barang impian atau membuka usaha baru.

Riset internal yang dilakukan oleh PT Home Credit Indonesia (“Home Credit”), perusahaan pembiayaan berbasis teknologi, pada November 2023 dengan responden lebih dari 2.000 orang, menunjukkan proyeksi berbagai rencana pengeluaran responden tersebut beserta sumber dana yang akan digunakan pada 2024, dan  proyeksi dampak Pemilu 2024 terhadap kondisi finansial mereka.

Riset tersebut mengungkapkan bahwa 83% responden memperkirakan momen Pemilu 2024 tidak akan berdampak terhadap kondisi finansial individu, 10% memperkirakan kondisi finansial membaik dan 7% memperkirakan kondisi finansial menurun. Dalam riset yang sama terungkap bahwa responden memiliki rencana di tahun 2024 untuk membuka usaha baru atau mengembangkan bisnis yang telah dimiliki (37%), kemudian membeli perangkat seperti smartphone atau gadget (15%), liburan ke luar kota (13%), membeli peralatan elektronik rumah tangga (11%), membeli furnitur (10%) hingga membeli laptop atau komputer (8%).

“Dalam memenuhi berbagai kebutuhan tersebut, masyarakat menyiapkan berbagai sumber dana yang bervariasi. Untuk pembelian smartphone, misalnya, responden memilih untuk menggunakan gaji bulanan (62%), lalu pembiayaan barang (36%), tabungan (25%) dan sebagainya. Pilihan sumber dana yang hampir sama juga digunakan oleh responden untuk membeli berbagai kebutuhan lainnya seperti peralatan elektronik rumah tangga, furnitur hingga laptop atau komputer. Pembiayaan barang menjadi salah satu pilihan teratas ketika membeli berbagai barang tersebut,” kata Sheldon Chuan selaku Chief Marketing & Digital Officer Home Credit.

Sumber dana yang akan dipilih oleh responden di tahun 2024 sesuai dengan kondisi dan tujuan keuangan mereka. Salah satu responden di antaranya mengungkapkan bahwa layanan pembiayaan barang Home Credit dipilih untuk pembelian barang seperti smartphone karena metode cicilan barang membantu dirinya untuk menggunakan dana pribadi untuk kebutuhan lain. Di samping itu, layanan pembiayaan barang Home Credit dapat membantu masyarakat untuk mengatur arus kas keuangan pribadinya.

“Home Credit berkomitmen untuk terus membuka kesempatan-kesempatan baru bagi masyarakat Indonesia melalui penyediaan layanan pembiayaan. Komitmen itu salah satunya diwujudkan dalam penyediaan berbagai promo menarik, termasuk Promo Semarak Belanja Hemat dimana pelanggan bisa mendapatkan diskon spesial sebesar Rp100.000 pasti dapat, tanpa syarat dari Home Credit di seluruh toko yang menyediakan layanan pembiayaan barang Home Credit, serta diskon tambahan sehingga pelanggan bisa memperoleh diskon hingga Rp500.000 di mitra tertentu selama periode 1 Desember 2023-31 Januari 2024,” kata Sheldon.

Promo itu melengkapi promo Home Credit yang sedang berjalan saat ini yaitu promo Bunga 0% dan Bebas 1x Cicilan yang bisa digunakan oleh pelanggan ketika membayar cicilan secara tepat waktu. Aneka promo itu bisa digunakan oleh para pelanggan pembiayaan barang di berbagai toko seperti Erafone, iBox, Digimap, GTN, Samsung, VIVO, OPPO, Realme, Informa, Electronic City, Hartono, Hypermart, Lotte Mart, ACE Hardware, Gramedia dan sebagainya,

Pelanggan bisa mengunjungi lebih dari 22.000 toko mitra yang bekerjasama dengan Home Credit di seluruh Indonesia. Sepanjang 2023, Home Credit telah membuka layanan baru di toko-toko mitra yang tersebar di 98 kota baru seperti Ambon, Asahan, Bangli, Ciamis, Dumai, Kapuas, Kotamobagu, Lahat, Lombok Timur, Palopo, Tanjung Balai Karimun, Tebing Tinggi, Sambas, Sampit dan sebagainya.

Layanan pembiayaan Home Credit dengan limit hingga Rp30 juta dengan proses persetujuan limit sekitar 1 menit tersebut dapat diakses oleh masyarakat melalui aplikasi My Home Credit yang saat ini telah diunduh oleh lebih dari 17 juta pengguna terdaftar.

###

Tentang Home Credit Indonesia: (https://www.homecredit.co.id):

Home Credit Indonesia merupakan perusahaan pembiayaan yang berorientasi kepada kebutuhan konsumen yang menyediakan berbagai layanan keuangan seperti pembiayaan barang, pembiayaan tunai, proteksi, e-wallet dan opsi paylater. Beroperasi sejak 2013, Home Credit Indonesia telah melayani lebih dari 6 juta pelanggan dengan menyediakan pengalaman yang bebas hamabatan dengan layanan keuangan yang transparan dan bertanggungjawab untuk membantu menciptakan kesempatan bagi pelanggan dan masyarakat. Dengan lebih dari 22.000 titik penjualan, mitra-mitra Home Credit kini antara lain produsen serta peritel baik offline dan online seperti Samsung, VIVO, OPPO, Realme, Erafone, Informa, Electronic City, Hypermart, Lotte Mart, ACE Hardware, Gramedia, Tokopedia, Bukalapak, Blibli dan lainnya. Silakan kunjungi www.homecredit.co.id untuk berita terbaru dan informasi lebih mendalam mengenai Home Credit Indonesia. Berikan Like di Facebook Home Credit Indonesia, ikuti halaman perusahaan kami di LinkedIn Home Credit Indonesia, dan follow Instagram kami di @homecreditid.

Baca berita mengenai siaran pers di atas di sejumlah media berikut ini: 

https://bisnisindonesia.id/article/riset-home-credit-proyeksi-besaran-pengeluaran-efek-pemilu 

https://www.suara.com/bisnis/2023/12/15/171049/riset-home-credit-ungkap-proyeksi-masyarakat-terhadap-pengeluaran-dan-pemilu-2024

https://www.antaranews.com/berita/3872400/riset-pemilu-2024-diperkirakan-tidak-memengaruhi-finansial-individu