Home Credit Setuju Untuk Melepas 100% Bisnisnya di Indonesia dan Filipina dengan Total Valuasi Senilai €615 juta

Home Credit Setuju Untuk Melepas 100% Bisnisnya di Indonesia dan Filipina dengan Total Valuasi Senilai €615 juta

5 Desember 2022
linkdin iconsfacebook iconstwitter iconswhatsapp iconsline iconscopy icons
Link copied to clipboard

Praha, 24 November: Home Credit Group B.V. pada hari ini mengumumkan penandatanganan perjanjian untuk menjual dua bisnisnya yang berbasis di Asia dalam suatu kesepakatan senilai sekitar €615 juta.


Transaksi tersebut terlaksana dengan melibatkan konsorsium yang terafiliasi dengan Mitsubishi UFJ Financial Group (“MUFG”) dan dipimpin oleh Krungsri Bank, sebuah perusahaan terkemuka di Thailand. Konsorsium tersebut juga beranggotakan MUFG, Adira Finance (anak perusahaan Bank Danamon yang merupakan afiliasi MUFG) dan investor lokal Indonesia. Kesepakatan tersebut bergantung pada persetujuan pemegang saham Krungsri serta peraturan yang berlaku umum. Transaksi diharapkan akan selesai pada Semester 2 2023.

“Home Credit didirikan sekitar sepuluh tahun yang lalu baik di Filipina maupun di Indonesia. Pada saat ini, keduanya telah berkembang menjadi perusahaan penyedia jasa keuangan berbasis teknologi yang memimpin pasar. Kesuksesan ini berkat jaringan omnichannel kami yang kuat, brand yang sangat disegani, dan basis pelanggan yang kuat,” kata Jean-Pascal Duvieusart, CEO Home Credit Group.


“Sekarang adalah waktu yang tepat bagi kami untuk menyerahkan tongkat estafet kepada pemegang saham baru yang dapat mempercepat pertumbuhan dua perusahaan yang menarik ini di mana keduanya sedang memasuki sebuah fase baru. Kedua perusahaan ini telah memainkan peran kunci dalam organisasi Home Credit dan kami akan memperhatikan pertumbuhan keduanya di masa depan dengan bangga dan penuh minat.”

Animesh Narang selaku Chief Executive Officer Home Credit Indonesia yang berada di Jakarta mengatakan, “Transaksi ini merupakan sebuah bentuk dukungan dan keyakinan terhadap kualitas bisnis kami dan tim di mana dapat lebih memperkuat posisi kami sebagai perusahaan keuangan terkemuka di Indonesia.”


Rincian kesepakatan tersebut antara lain:

  • Krungsri, Adira dan mitra lokal akan membeli masing-masing 75%, 10%, dan 15% atas Home Credit Indonesia senilai €209 juta.
  • Krungsri dan MUFG akan membeli masing-masing 75% dan 25% atas Home Credit Filipina senilai €406 juta.
  • Pertimbangan terakhir bergantung atas penyesuaian one-to-one berdasarkan nilai buku ekuitas pada saat penyelesaian transaksi.


Tentang Home Credit

Didirikan pada tahun 1997, Home Credit adalah penyedia layanan pembiayaan konsumen internasional yang saat ini beroperasi di tujuh negara di Eropa Tengah dan Timur serta Asia. Berasal dari Republik Ceko, Home Credit menawarkan berbagai layanan, termasuk pembiayaan dan produk asuransi tambahan. Home Credit mendorong dan memperluas inklusi keuangan serta memacu pembangunan ekonomi melalui dukungan terhadap konsumsi domestik.

Dalam 25 tahun sejarahnya, Home Credit Group telah melayani lebih dari 140 juta pelanggan dan memiliki lebih dari 100 juta pengguna terdaftar di aplikasi.


Informasi lebih lanjut tentang Home Credit ada di https://www.homecredit.net/


Tentang Home Credit Filipina/Home Credit Indonesia

Home Credit Filipina telah menjadi penyedia layanan pembiayaan konsumen terkemuka di negara ini selama hampir sepuluh tahun. Sejak diluncurkan, telah menyalurkan pembiayaan kepada sekitar delapan juta pelanggan secara nasional dan memiliki sekitar sembilan juta pengguna terdaftar di aplikasi. Sementara itu, didirikan pada tahun 2013, Home Credit Indonesia telah menyalurkan pembiayaan kepada sekitar enam juta nasabah dan memiliki sekitar dua belas juta pengguna terdaftar di aplikasi.


Tentang Krungsri

Krungsri (Bank Ayudhya PCL dan perusahaan grupnya) adalah grup keuangan terbesar kelima di Thailand dalam hal aset, pinjaman, dan simpanan, dan salah satu dari enam Bank Penting Secara Sistemik Dalam Negeri Thailand dengan 77 tahun sejarah di negara tersebut. Krungsri adalah anggota strategis dari Mitsubishi UFJ Financial Group, grup keuangan terbesar di Jepang. Krungsri menyediakan rangkaian lengkap layanan perbankan, pembiayaan konsumen, investasi, manajemen aset, serta produk dan layanan keuangan lainnya kepada konsumen individu, UKM, dan perusahaan besar melalui 626 cabang domestik. Grup Krungsri adalah penerbit kartu terbesar di Thailand dengan 9,8 juta kartu kredit, sales finance, dan rekening pembiayaan personal dalam portofolionya; penyedia layanan pembiayaan mobil utama (Krungsri Auto); salah satu perusahaan manajemen aset dengan pertumbuhan tercepat (Krungsri Asset Management); dan pelopor dalam keuangan mikro (Ngern Tid Lor).

www.krungsri.com


Tentang MUFG

Mitsubishi UFJ Financial Group, Inc. adalah salah satu grup keuangan terkemuka di dunia. Berkantor pusat di Tokyo dan dengan sejarah lebih dari 360 tahun, MUFG memiliki jaringan global dengan sekitar 2.400 lokasi di lebih dari 50 negara. Grup memiliki sekitar 170.000 karyawan dan menawarkan layanan termasuk commercial banking, trust banking, sekuritas, kartu kredit, pembiayaan konsumen, manajemen aset, dan leasing. Grup memiliki misi untuk "menjadi grup keuangan paling terpercaya di dunia" melalui kerja sama yang erat di antara perusahaan operasional dan secara fleksibel merespon semua kebutuhan finansial pelanggan kami, melayani masyarakat, dan mendorong pertumbuhan bersama dan berkelanjutan untuk dunia yang lebih baik. Saham MUFG diperdagangkan di bursa saham Tokyo, Nagoya, dan New York.

www.mufg.jp/english


Tentang Adira

PT. Adira Dinamika Multi Finance, Tbk. (Adira Finance) didirikan pada tahun 1990, awalnya beroperasi sebagai perusahaan pembiayaan mobil, kemudian pada tahun 1997 melebarkan sayap ke pembiayaan sepeda motor. Pada tahun 2004, Adira Finance telah mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia dan kemudian diakuisisi oleh PT Bank Danamon Indonesia. Adira Finance merupakan bagian dari MUFG Group, sebagai anak perusahaan Bank Danamon dengan kepemilikan 92,07% saham, dimana 92,5% saham Bank Danamon dimiliki oleh MUFG.

www.adira.co.id.



Home Credit Communications contact:

toby.doman@homecredit.asia

Irienthaamanda.putri@homecredit.co.id