Home Credit Indonesia Rampungkan Proses Perubahan Pemegang Saham

Home Credit Indonesia Rampungkan Proses Perubahan Pemegang Saham

26 Mei 2024
linkdin iconsfacebook iconstwitter iconswhatsapp iconsline iconscopy icons
Link copied to clipboard

Perusahaan memperkuat layanan pembiayaan konsumen di bawah pemegang saham yang baru.


JAKARTA, 3 Oktober 2023PT Home Credit Indonesia (“Home Credit”), perusahaan pembiayaan yang berorientasi kepada kebutuhan konsumen, hari ini mengumumkan pemegang saham yang baru setelah selesainya proses akuisisi oleh sebuah konsorsium.


Konsorsium yang mengambil alih kepemilikan bisnis Home Credit Indonesia dipimpin oleh Mitsubishi UFJ Financial Group (“MUFG”) yang berasal dari Jepang yang meliputi Bank of Ayudhya Public Company Limited ("Krungsri"), grup finansial terbesar kelima di Thailand, dan PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk. (“Adira Finance”), pemimpin di industri pembiayaan kendaraan di Indonesia.


Kesepakatan pengambilalihan tersebut diselesaikan dengan perkiraan nilai akuisisi sebesar EUR 209 juta (Rp 3,4 triliun). Pertimbangan akhir tunduk pada penyesuaian one-to-one berdasarkan nilai buku ekuitas pada penutupan transaksi. Transaksi ini bertujuan untuk mendukung operasional bisnis Home Credit Indonesia agar perusahaan dapat menyediakan akses pembiayaan secara berkelanjutan kepada lebih banyak masyarakat Indonesia sekaligus mengembangkan Home Credit Indonesia berdasarkan keahlian yang dimiliki oleh Krungsri sebagai salah satu pemimpin di bidang finansial di Thailand.


“Transaksi ini merupakan suatu bukti keberhasilan Home Credit yang luar biasa dan rekam jejak yang kuat selama di Indonesia. Sejak memulai kegiatan usahanya di Indonesia pada 2013, Home Credit secara konsisten menghadirkan beragam layanan keuangan yang terjangkau, melayani kebutuhan dan meningkatkan kualitas kehidupan lebih dari enam juta orang di seluruh negeri. Komitmen kami untuk membina hubungan antara peritel, penyedia layanan yang penting, dan pelanggan telah menciptakan suatu ekosistem yang dicirikan dengan akses terhadap layanan keuangan yang bertanggung jawab, andal, dan terjangkau,” kata Animesh Narang, Chief Executive Officer Home Credit Indonesia.


Animesh menambahkan bahwa transaksi ini diharapkan dapat membuka kunci sinergi yang signifikan dalam ekosistem Home Credit dan MUFG, menggerakkan bisnis Home Credit, dan memfasilitasi akses pembiayaan yang lebih luas bagi konsumen Indonesia. Dengan memperluas berbagai layanan keuangan yang komprehensif, kesepakatan ini bertujuan untuk menciptakan kesempatan baru bagi masyarakat Indonesia serta memberdayakan mereka untuk meningkatkan kualitas hidup.


"Kami sangat antusias atas potensi pertumbuhan ke depannya yang menjanjikan yang menanti Home Credit Indonesia dalam kolaborasinya dengan MUFG, suatu lembaga finansial global terkemuka. Kesepakatan ini akan secara signifikan meningkatkan bisnis Home Credit Indonesia, memperluas jangkauannya ke lebih banyak masyarakat yang belum terpapar dengan layanan keuangan. Penyelesaian transaksi yang berhasil di Indonesia ini, bersamaan dengan transaksi serupa yang melibatkan bisnis kami di Filipina pada Juni 2023, menunjukkan kekuatan Home Credit Group dalam mengembangkan berbagai bisnis yang menarik," kata Radek Pluhar, CEO Home Credit Group.


Kenichi Yamato, Presiden dan Chief Executive Officer Krungsri, mengatakan, "Krungsri terus memperluas jejaknya untuk menghubungkan kebutuhan pelanggan di seluruh wilayah ASEAN. Dengan suksesnya akuisisi Home Credit Indonesia ini, kami kini memiliki jaringan yang kuat di lima negara ASEAN, di antaranya Laos, Kamboja, Filipina, Vietnam, Indonesia, dan kantor perwakilan di Myanmar. Oleh karena itu, pencapaian strategis ini meningkatkan posisi kami sebagai bank regional di pasar ASEAN. Ke depan, Krungsri berkomitmen untuk menjalin kolaborasi erat dengan Home Credit dengan memanfaatkan keahlian kami dalam pembiayaan konsumen dan manajemen risiko untuk memperluas mitra-mitra bisnis baru, menumbuhkan basis pelanggan, dan menghadirkan produk dan layanan yang inovatif yang sesuai dengan kebutuhan pasar Indonesia yang terus berkembang."


Dewa Made Susila, Presiden Direktur Adira Finance, mengatakan “Kami antusias dengan suksesnya proses akuisisi Home Credit Indonesia. Bagi Adira Finance, ini adalah langkah koloborasi strategis untuk dapat menjangkau pasar lebih luas dan juga untuk memperkuat posisi kami di pasar Indonesia. Hal ini merupakan bentuk nyata sinergi Adira Finance dengan entitas Grup MUFG untuk dapat memberikan layanan yang lebih optimal kepada pelanggan dan mitra bisnis kami.”


Penyelesaian akuisisi ini merupakan sebuah tonggak pencapaian penting, dimana akuisisi ini menggabungkan kekuatan unik dari setiap bisnis, menciptakan suatu ekosistem yang kuat yang diarahkan untuk menghadirkan layanan finansial yang berkualitas tinggi kepada masyarakat yang kurang terlayani secara optimal.


Home Credit telah memperluas jangkauan layanan pembiayaannya secara signifikan dan saat ini telah tersedia di  jaringan mitra dengan lebih dari 21.000 mitra ritel di seluruh negeri, serta melalui berbagai platform e-commerce. Selain pembiayaan konsumen (pembiayaan barang dan pembiayaan tunai), Home Credit memiliki berbagai layanan lainnya, termasuk proteksi, opsi paylater, e-wallet, yang dapat memberikan layanan komprehensif yang disediakan bagi pelanggan setia.


Home Credit Indonesia diharapkan akan tetap mempertahankan mereknya dan melanjutkan kegiatan operasionalnya seperti biasa di bawah tim kepemimpinan yang sama di Indonesia. Perusahaan berupaya untuk terus mengembangkan bisnis dan portofolio pembiayaan konsumennya dengan memanfaatkan keberadaannya dalam ekosistem MUFG.


###




Tentang Krungsri (www.krungsri.com):


Krungsri (Bank Ayudhya PCL dan grup perusahaannya) adalah grup keuangan terbesar kelima di Thailand dalam hal aset, pinjaman, dan simpanan. Krungsri adalah salah satu dari enam bank yang penting secara sistemik di Thailand dengan sejarah selama 78 tahun di negara tersebut. Krungsri adalah anggota strategis dari Mitsubishi UFJ Financial Group, grup keuangan terbesar di Jepang. Krungsri menyediakan suatu rangkaian lengkap layanan perbankan, pembiayaan konsumen, investasi, manajemen aset, dan produk serta layanan keuangan lainnya kepada pelanggan perorangan, UKM, dan korporasi besar melalui 603 cabang domestiknya dan lebih dari 33.918 kantor layanan di seluruh negeri. Grup Krungsri adalah penerbit kartu kredit terbesar di Thailand, dengan 10 juta kartu kredit, pembiayaan penjualan, dan rekening pembiayaan pribadi dalam portofolionya. Perusahaan ini juga merupakan penyedia utama pembiayaan mobil (Krungsri Auto), salah satu perusahaan manajemen aset dengan pertumbuhan tercepat (Krungsri Asset Management), dan pionir dalam keuangan mikro (Ngern Tid Lor).



Tentang MUFG (www.mufg.jp/english):


Mitsubishi UFJ Financial Group, Inc. adalah salah satu grup keuangan terkemuka di dunia. Berkantor pusat di Tokyo dan dengan sejarah lebih dari 360 tahun, MUFG memiliki jaringan global dengan sekitar 2.400 lokasi di lebih dari 50 negara. Grup memiliki sekitar 170.000 karyawan dan menawarkan layanan termasuk commercial banking, trust banking, sekuritas, kartu kredit, pembiayaan konsumen, manajemen aset, dan leasing. Grup memiliki misi untuk "menjadi grup keuangan paling terpercaya di dunia" melalui kerja sama yang erat di antara perusahaan operasional dan secara fleksibel merespon semua kebutuhan finansial pelanggan kami, melayani masyarakat, dan mendorong pertumbuhan bersama dan berkelanjutan untuk dunia yang lebih baik. Saham MUFG diperdagangkan di bursa saham Tokyo, Nagoya, dan New York.


Tentang Adira (www.adira.co.id):


PT. Adira Dinamika Multi Finance, Tbk. (Adira Finance) didirikan pada tahun 1990, awalnya beroperasi sebagai perusahaan pembiayaan mobil, kemudian pada tahun 1997 melebarkan sayap ke pembiayaan sepeda motor. Pada tahun 2004, Adira Finance telah mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia dan kemudian diakuisisi oleh PT Bank Danamon Indonesia. Adira Finance merupakan bagian dari MUFG Group, sebagai anak perusahaan Bank Danamon dengan kepemilikan 92,07% saham, dimana 92,5% saham Bank Danamon dimiliki oleh MUFG.


Tentang Home Credit Indonesia: (https://www.homecredit.co.id):


Home Credit Indonesia merupakan perusahaan pembiayaan yang berorientasi kepada kebutuhan konsumen yang menyediakan berbagai layanan keuangan seperti pembiayaan barang, pembiayaan tunai, proteksi, e-wallet dan opsi paylater. Beroperasi sejak 2013, Home Credit Indonesia telah melayani lebih dari 6 juta pelanggan dengan menyediakan pengalaman yang bebas hamabatan dengan layanan keuangan yang transparan dan bertanggungjawab untuk membantu menciptakan kesempatan bagi pelanggan dan masyarakat. Dengan lebih dari 21.000 titik penjualan, mitra-mitra Home Credit kini antara lain produsen serta peritel baik offline dan online seperti Samsung, VIVO, OPPO, Realme, Erafone, Informa, Electronic City, Hypermart, Lotte Mart, ACE Hardware, Gramedia, Tokopedia, Bukalapak, Blibli dan lainnya. Silakan kunjungi www.homecredit.co.id untuk berita terbaru dan informasi lebih mendalam mengenai Home Credit Indonesia. Berikan Like di Facebook Home Credit Indonesia, ikuti halaman perusahaan kami di LinkedIn Home Credit Indonesia, dan follow Instagram kami di @homecreditid.

Baca berita mengenai siaran pers di atas di sejumlah media berikut ini: 

https://www.cnbcindonesia.com/market/20231003114642-17-477390/akuisisi-home-credit-rp-34-t-oleh-mufg-adira-tuntas 

https://kumparan.com/kumparanbisnis/sah-home-credit-indonesia-diakuisisi-mufg-dan-adira-finance-rp-3-4-t-21J9eAwNo22

https://katadata.co.id/lonaolavia/finansial/651b83760a74b/dipimpin-mufg-akuisisi-home-credit-indonesia-rp-3-4-triliun-tuntas 

https://finance.detik.com/moneter/d-6963029/sah-mufg-dan-adira-akuisisi-home-credit-rp-3-4-t 

https://finance.wartaekonomi.co.id/read38170/resmi-mufg-dan-adira-finance-akusisi-home-credit-senilai-rp-34-triliun 

https://economy.okezone.com/read/2023/08/03/278/2856921/home-credit-cetak-pembiayaan-hingga-rp4-27-triliun-di-semester-i-2023