Merayakan Usia ke-8, Home Credit Indonesia Tanpa Henti Berinovasi

Merayakan Usia ke-8, Home Credit Indonesia Tanpa Henti Berinovasi

28 September 2021
linkdin iconsfacebook iconstwitter iconswhatsapp iconsline iconscopy icons
Link copied to clipboard

JAKARTA, 16 Februari 2021 – Pada tahun ini, Home Credit Indonesia memasuki usia yang ke-8. Di usia yang masih tergolong muda ini, Perusahaan semakin mengokohkan diri sebagai perusahaan pembiayaan multiguna berbasis teknologi yang dapat diperhitungkan sekaligus menjadi partner berbelanja pelanggan yang aman, mudah, dan terpercaya.

Tepat pada 4 Februari 2013, Home Credit hadir pertama kali di Tanah Air. Saat itu, kehadiran Home Credit langsung mendapatkan respons positif dari masyarakat dengan jumlah pelanggan yang langsung menembus 1.000 pelanggan di bulan April 2013. Sejak awal beroperasi, Home Credit telah menghadirkan beragam inovasi ke pasar lokal. Salah satunya yaitu mempercepat proses pengajuan cicilan pembiayaan dari satu hari menjadi hanya dalam hitungan menit setelah pelanggan melengkapi dokumen. Melalui jaringan kemitraannya, Home Credit juga telah membantu ribuan usaha keluarga ataupun pemilik toko kecil dengan menyediakan akses pembiayaan yang tersebar di Indonesia, dan meningkatkan volume penjualan di toko-toko tersebut.

Proses untuk persetujuan pembiayaan telah diotomasi dengan bantuan data science dan AI, di mana seluruh proses penjualan dilakukan sepenuhnya secara digital. Adapun, setelah 8 tahun, kini Home Credit telah hadir di 216 kota di Indonesia dan melayani lebih dari 4,6 juta pelanggan (per Juni 2020). Sementara itu, inovasi teknologi utama Perusahaan yaitu aplikasi My Home Credit sudah mencapai hampir 10 juta download (per Januari 2021).

Direktur Utama Home Credit Indonesia Animesh Narang mengatakan bahwa tahun 2020 menjadi tahun yang sangat menantang. Hampir seluruh lapisan masyarakat terkena dampak dari pandemi Covid-19, tanpa terkecuali Home Credit. Meski demikian, dengan fokus pada inovasi digital dan bekerja sama dengan seluruh mitra dalam memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan, Perusahaan berhasil mengatasi badai tersebut dan membantu pelanggan sebanyak mungkin yang bisa dilakukan. Adapun, hingga Desember 2020, Home Credit telah memberikan keringanan pembiayaan kepada lebih dari 136.000 pelanggan dengan nilai lebih dari Rp883 miliar.

Kami berterima kasih kepada seluruh pelanggan, karyawan, dan mitra kami atas dukungan, kesabaran dan kontribusi mereka selama tahun 2020. Tanpa dukungan dari mereka, Home Credit tidak akan bisa melalui tahun yang penuh tantangan tersebut. Dengan kolaborasi yang kuat, kami percaya Perusahaan akan terus berkembang dan bisa memberikan kontribusi yang lebih banyak lagi di Indonesia,” ungkap Animesh.

Mengusung tema Gero8ak Rejeki, Home Credit memberikan apresiasi hadiah kepada para pelanggan dengan cara mengajak pelanggan untuk mengumpulkan 4 buah puzzles tulisan Home Credit 8 Tahun. Nantinya, 88 kolektor tercepat dan 8 top spender akan mendapatkan hadiah dari Home Credit dengan total nilai lebih dari Rp30 juta.

Pelanggan cukup membuat akun Home Credit Pay atau mengaktifkan akun Home CreditBayarNanti mereka melalui aplikasi My Home Credit untuk dapat ikut berlomba mengumpulkan 4 buah puzzles selama periode 4 Februari - 25 Februari 2021. Semakin sering bertransaksi menggunakan Home Credit Pay dan paylater Home Credit BayarNanti, maka semakin besar kesempatan untuk mengumpulkan empat puzzles tersebut.

Animesh optimis perusahaan akan terus berkembang dari tahun ke tahun seiring dengan inovasi teknologi yang tak pernah henti dilakukan. Melalui teknologi, Home Credit ingin mengubah cara masyarakat berbelanja dengan memberikan kemudahan yang dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Salah satunya yaitu menghadirkan layanan transaksi non-tunai atau disebut cashless.

Saat ini, sejumlah produk alat pembayaran non-tunai yang dimiliki Home Credit Indonesia antara lain kartu kredit Home Credit Card, Home Credit Pay, dan juga produk paylater Home Credit BayarNanti. Untuk Home Credit Card, saat ini, layanan kartu kredit tersebut berlaku dan bisa digunakan di merchant/toko yang memiliki logo Visa di seluruh dunia. Sementara itu, Home Credit Pay merupakan layanan pembayaran digital yang bisa digunakan melalui aplikasi My Home Credit. Dengan Home Credit Pay, pelanggan bisa lebih mudah melakukan transaksi sehari-hari hanya dengan scan kode QRIS yang tersedia di toko-toko.

Home Credit juga telah memiliki layanan paylater yang bernama Home Credit BayarNanti. Dengan menggunakan Home Credit BayarNanti, pelanggan bisa melakukan transaksi untuk kebutuhan sehari-hari sekarang dan membayar tagihan nanti dengan pilihan cicilan yang fleksibel. Saat ini, Home Credit BayarNanti dapat digunakan di 5 juta toko pedagang atau merchant di seluruh Indonesia.


###


Tentang Home Credit Indonesia

Home Credit Indonesia merupakan perusahaan pembiayaan yang menyediakan pembiayaan multiguna di toko untuk Konsumen yang ingin membeli produk-produk seperti peralatan rumah tangga, peralatan elektronik, handphone, dan furnitur. Berdiri pada tahun 2013, Home Credit Indonesia saat ini telah melayani lebih dari 4,6 juta pelanggan dan memiliki lebih dari 15.000 titik penjualan (data per 30 Juni 2020). Mitra kami saat ini adalah produsen dan peritel terkemuka baik offline dan online di antaranya Samsung, VIVO, OPPO, Realme, Erafone, Informa, Electronic City, Oke Shop, Global Teleshop, Hypermart, Trans Hello, Lotte Mart, ACE Hardware, Gramedia, Tokopedia, Bukalapak, Blibli, Citilink, dan lainnya dengan memberikan pelayanan yang mudah, sederhana, dan cepat. Silakan kunjungi www.homecredit.co.id untuk berita terbaru dan informasi lebih mendalam mengenai Home Credit Indonesia. Berikan Like di Facebook Home Credit Indonesia, ikuti halaman perusahaan kami di LinkedIn Home Credit Indonesia, dan follow Instagram kami di @homecreditid

Tentang Home Credit N.V

Home Credit N.V. (“HCNV”) merupakan induk perusahaan dari bisnis Home Credit secara global, yang berkantor pusat di Belanda. Secara terpusat, HCNV mengelola strategi utama Home Credit, yang mencakup teknologi, manajemen risiko, produk dan pendanaan, sembari terus beradaptasi mengikuti kebutuhan pasar lokal. HCBV adalah spesialis di layanan pembiayaan konsumen di pasar negara berkembang (‘emerging market’). Saat ini HCBV hadir di berbagai negara di (1) Eropa Tengah dan Eropa Timur (termasuk di antaranya Republik Ceko dan Slovakia); (2) Persemakmuran Negara-negara Merdeka (termasuk di antaranya Russia dan Kazakhstan); (3) Tiongkok; serta (4) Asia Selatan dan Asia Tenggara (termasuk di antaranya India, Indonesia, Vietnam dan Filipina).

Didirikan pada tahun 1997, Home Credit menyediakan layanan pembiayaan yang aman dan bertanggung jawab (responsible financing) bagi masyarakat dengan riwayat kredit minim, atau bahkan bagi mereka yang tidak memiliki riwayat kredit sama sekali. Home Credit juga mengemban misi untuk meningkatkan inklusi keuangan di negara-negara tempat mereka beroperasi dengan menyediakan layanan pembiayaan bagi pelanggan yang membutuhkan, kapanpun dan dimanapun mereka berada, melalui jaringan distribusi omni-channel yang dimiliki. Dan pada akhirnya, memberikan pengalaman pelanggan yang positif dan aman selama mereka menggunakan layanan pembiayaan.

HCNV tercatat telah melayani lebih dari 123,7 juta pelanggan di berbagai titik distribusi, yang terdiri dari 453.539 point-of-sales (POS), kantor pembiayaan, kantor cabang, kantor pos, dan ATM. Total aset konsolidasi HCNV mencapai EUR 25,6 miliar. Semua angka yang terangkum di sini berdasarkan data hingga 30 Juni 2019, kecuali dinyatakan lain. Informasi lebih lanjut tentang HCNV dapat diakses di www.homecredit.net.

HCNV 100% dimiliki oleh Home Credit Group B.V.