Home Credit Salurkan Bantuan Konsentrator Oksigen Untuk Masyarakat yang Isolasi Mandiri karena Covid-19

Home Credit Salurkan Bantuan Konsentrator Oksigen Untuk Masyarakat yang Isolasi Mandiri karena Covid-19

25 Juni 2022
linkdin iconsfacebook iconstwitter iconswhatsapp iconsline iconscopy icons
Link copied to clipboard

JAKARTA, 8 SEPTEMBER 2021 – Walaupun jumlah kasus baru Covid-19 di Indonesia berangsur turun, namun jumlah kematian akibat Covid-19 belum juga melandai dan rata-rata masih di atas 1.000 kasus kematian per hari pada akhir Agustus 2021. Dalam kondisi tersebut, kebutuhan oksigen masyarakat yang dinyatakan positif Covid-19 dengan gejala berat terus meningkat dan mendesak. Untuk memenuhi kebutuhan itu, Home Credit Indonesia (Home Credit), perusahaan pembiayaan berbasis teknologi, menyalurkan bantuan berupa 17 konsentrator oksigen berukuran 10 liter kepada masyarakat yang membutuhkan melalui Gerakan Solidaritas Sejuta Tes. Home Credit juga menyalurkan ratusan alat pelindung diri (APD), masker, sarung tangan, shower cap serta faceshield kepada para relawan Sejuta Tes untuk menjalankan kegiatan sosial menghadapi pandemi Covid-19 ini.

Home Credit bekerja sama dengan Sejuta Tes dalam menyalurkan bantuan tersebut karena gerakan ini secara aktif dapat mengelola peminjaman tabung oksigen dan konsentrator oksigen untuk masyarakat yang kebanyakan tinggal di Jabodetabek dan daerah lain seperti Garut (Jawa Barat), Bandar Lampung (Lampung), Palembang (Sumatera Selatan), Palu (Sulawesi Tengah), serta terbuka juga untuk penyaluran ke wilayah lain di Indonesia. Konsentrator oksigen ini secara khusus diperuntukkan bagi masyarakat yang menjalani isolasi mandiri karena terjangkit Covid-19, tanpa dipungut biaya sama sekali.

“Penyaluran bantuan konsentrator oksigen ini merupakan komitmen Home Credit dalam memerangi pandemi Covid-19 yang berdampak signifikan terhadap kehidupan masyarakat Indonesia. Seperti kita ketahui, konsentrator oksigen merupakan salah satu alternatif bagi seseorang yang positif Covid-19 dan paru-paru mereka membutuhkan bantuan terapi oksigen. Di tengah kelangkaan tabung oksigen dan konsentrator oksigen, bantuan ini diharapkan dapat memecahkan salah satu persoalan masyarakat dalam mendapatkan akses pengobatan yang efektif,” kata Stephanus Wisnu Kumarajati selaku Head of Operations Home Credit Indonesia.

Konsentrator oksigen adalah suatu perangkat yang dapat membantu seseorang yang terjangkit Covid-19 untuk bisa bernafas dengan mudah pada saat menjalani pengobatan. Perangkat yang dijual di pasaran dengan harga Rp19,5 juta-Rp20 juta per unit ini dapat menyalurkan oksigen dengan kadar kemurnian 90%-95%.

“Kami sangat mengapresiasi bantuan konsentrator oksigen yang diberikan oleh Home Credit ini karena menambah perangkat yang siap dipinjamkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Setiap harinya, kami menerima hingga ratusan permintaan peminjaman tabung oksigen dan konsentrator oksigen dari masyarakat yang anggota keluarga atau kerabatnya terjangkit Covid-19. Di sisi lain, ketersediaan berbagai perangkat oksigen masih belum dapat memenuhi kebutuhan masyarakat pada saat ini. Oleh karena itu, bantuan dari Home Credit ini menjadi sangat berarti,” kata Alif Iman Nurlambang selaku Koordinator Gerakan Sejuta Tes.

Adapun salah satu perwakilan penerima manfaat konsentrator oksigen dari Home Credit dan Sejuta Tes, Atiqah Thamrin di Kabupaten Lingga, Provinsi Kepulauan Riau, mengakui bahwa konsentrator oksigen sangat bermanfaat untuk meningkatkan saturasi oksigen saat tubuh sedang melawan virus Covid-19. Apalagi peminjamannya juga sangat mudah, masyarakat bisa akses link pendaftaran kapan saja di alamat website https://bit.ly/pinjamoksi. Lalu tim Sejuta Tes akan menghubungi calon penerima untuk mengatur jadwal peminjaman dan pengiriman. Atiqah sangat mengapresiasi bantuan dari Home Credit melalui Sejuta Tes dalam meningkatkan ketersediaan konsentrator oksigen untuk pasien yang positif Covid-19.

Melalui berbagai aksi dan inisiatif nyata, Home Credit terus berkomitmen untuk selalu terlibat dalam upaya penanganan pandemi Covid-19. Salah satu kegiatan lainnya yang telah terselenggara pada 30 Agustus hingga 3 September 2021, yaitu program vaksinasi gratis yang kedua dari Home Credit yang bekerja sama dengan berbagai pihak terkait yaitu Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Puskesmas Kecamatan Pasar Minggu - Kelurahan Kebagusan, Kalbis Institute dan pengelola gedung Plaza Oleos. Program vaksinasi Home Credit ini ditujukan untuk karyawan, keluarga karyawan, mitra bisnis, pelanggan serta masyarakat luas dan diadakan di kantor pusat Home Credit di Plaza Oleos, Jakarta Selatan.


###


Tentang Home Credit Indonesia


Home Credit Indonesia merupakan perusahaan pembiayaan berbasis teknologi yang menyediakan pembiayaan untuk Konsumen yang ingin membeli barang-barang impian mereka seperti gadget & smartphone, peralatan rumah tangga, peralatan elektronik, dan furnitur. Berdiri pada tahun 2013, Home Credit Indonesia saat ini telah melayani lebih dari 4,7 juta pelanggan dan memiliki lebih dari 16.000 titik penjualan (data per 31 Desember 2020). Mitra kami saat ini adalah produsen dan peritel terkemuka baik offline dan online di antaranya Samsung, VIVO, OPPO, Realme, Erafone, Informa, Electronic City, Oke Shop, Global Teleshop, Hypermart, Trans Hello, Lotte Mart, ACE Hardware, Gramedia, Tokopedia, Bukalapak, Blibli, Citilink, dan lainnya dengan memberikan pelayanan yang mudah, sederhana, dan cepat. Silakan kunjungi www.homecredit.co.id untuk berita terbaru dan informasi lebih mendalam mengenai Home Credit Indonesia. Berikan Like di Facebook Home Credit Indonesia, ikuti halaman perusahaan kami di LinkedIn Home Credit Indonesia, dan follow Instagram kami di @homecreditid


Tentang Home Credit Group B.V


Home Credit Group B.V. (“HCGBV”) merupakan induk perusahaan dari bisnis Home Credit secara global, yang berkantor pusat di Belanda. Secara terpusat, HCGBV mengelola strategi utama Home Credit, yang mencakup teknologi, manajemen risiko, produk dan pendanaan, sembari terus beradaptasi mengikuti kebutuhan pasar lokal. HCGBV adalah spesialis di layanan pembiayaan konsumen di pasar negara berkembang (‘emerging market’). Saat ini HCGBV hadir di berbagai negara di (1) Eropa Tengah dan Eropa Timur (termasuk di antaranya Republik Ceko dan Slovakia); (2) Persemakmuran Negara-negara Merdeka (termasuk di antaranya Russia dan Kazakhstan); (3) Tiongkok; serta (4) Asia Selatan dan Asia Tenggara (termasuk di antaranya India, Indonesia, Vietnam dan Filipina).


Didirikan pada tahun 1997, Home Credit menyediakan layanan pembiayaan yang aman dan bertanggung jawab (responsible financing) bagi masyarakat dengan riwayat kredit minim, atau bahkan bagi mereka yang tidak memiliki riwayat kredit sama sekali. Home Credit juga mengemban misi untuk meningkatkan inklusi keuangan di negara-negara tempat mereka beroperasi dengan menyediakan layanan pembiayaan bagi pelanggan yang membutuhkan, kapanpun dan di manapun mereka berada, melalui jaringan distribusi omni-channel yang dimiliki. Dan pada akhirnya, memberikan pengalaman pelanggan yang positif dan aman selama mereka menggunakan layanan pembiayaan.


HCGBV tercatat telah melayani lebih dari 138,5 juta pelanggan di berbagai titik distribusi, yang terdiri dari 333,299 point-of-sales (POS), kantor pembiayaan, kantor cabang, kantor pos, dan ATM. Total aset konsolidasi HCGBV mencapai EUR 18,5 miliar. Semua angka yang terangkum di sini berdasarkan data hingga 31 Desember 2020, kecuali dinyatakan lain. Informasi lebih lanjut tentang HCGBV dapat diakses di www.homecredit.net.