Home Credit Lalui Ramadan Tahun Ini dengan Kinerja Pembiayaan yang Positif

Home Credit Lalui Ramadan Tahun Ini dengan Kinerja Pembiayaan yang Positif

20 April 2024
linkdin iconsfacebook iconstwitter iconswhatsapp iconsline iconscopy icons
Link copied to clipboard

JAKARTA, 16 JUNI 2021 – Geliat belanja masyarakat kembali agresif selama bulan Ramadan tahun ini. Kondisi tersebut diakui oleh berbagai pelaku industri telah berhasil mendorong performa bisnis untuk berbagai lini produk, melihat kepercayaan konsumen yang kembali naik. PT Home Credit Indonesia (Home Credit), perusahaan pembiayaan berbasis teknologi, menjadi salah satu perusahaan yang berhasil memanfaatkan momen Ramadan di tahun 2021 dengan kinerja pembiayaan yang jauh lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya.

Jumlah pembiayaan barang elektronik yang berhasil disalurkan Home Credit pada periode bulan Ramadan yaitu selama periode 13 April 2021 – 13 Mei 2021 sebesar Rp 542 milyar. Angka ini meningkat sekitar 3,5 kali lipat melampaui jumlah pembiayaan pada bulan Ramadan tahun 2020 (23 April 2020 – 23 Mei 2020). Jumlah pelanggan yang menggunakan fasilitas pembiayaan Home Credit pada periode Ramadan tahun ini juga naik secara signifikan yaitu 2,5 kali lipat dibandingkan Ramadan tahun lalu. Hingga akhir Mei 2021, Home Credit mencatat ada sekitar 5 juta pelanggan yang telah dilayani di Indonesia.

Tren belanja selama Ramadan tahun ini bisa dilihat dari komposisi total kontrak pembiayaan barang di toko. Di mana pelanggan Home Credit paling banyak mengajukan pembiayaan untuk gadget, laptop, dan smartphone (66% dari seluruh kontrak pembiayaan), setelah itu barang elektronik dan TV (18% dari seluruh kontrak pembiayaan). Selebihnya, sebanyak 10% dari total kontrak ditujukan untuk pembiayaan furnitur, diikuti jenis barang lain seperti aksesoris mobil, fesyen, dsb.

Selain itu, pembiayaan yang disalurkan Home Credit untuk modal kerja usaha kecil dan menengah juga terus berjalan baik dengan jumlah pembiayaan sekitar Rp 115 milyar selama periode Ramadan 13 April 2021 – 13 Mei 2021. Hanya dalam kurun waktu kurang dari 3 bulan sejak produk ini diluncurkan di pertengahan Maret 2021 kemarin, Home Credit telah mendukung sekitar 31.200 pelaku usaha per akhir Mei 2021.

Direktur Utama Home Credit Indonesia Animesh Narang mengatakan, “Kami sudah memprediksi bahwa Ramadan tahun ini walaupun ada pelarangan mudik, namun masyarakat tetap menjalankan beberapa tradisi Ramadan seperti mengirimkan hadiah atau parsel untuk menjalin silaturahmi. Kami juga melihat survey Bank Indonesia pada bulan April 2021 yang menunjukkan indeks keyakinan konsumen yang mencapai poin tertinggi sejak adanya pandemi, yaitu 101,5. Sejalan dengan pemerintah yang terus berupaya untuk menggerakkan kembali roda perekonomian nasional, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melalui berbagai regulasi berupaya menciptakan iklim pembiayaan yang positif sehingga dapat menggenjot konsumsi masyarakat dan bantu industri pembiayaan untuk kembali bertumbuh. Dukungan dari pemerintah disertai optimisme masyarakat yang kembali tinggi sehingga kegiatan ekonomi dapat aktif lagi selama bulan Ramadan tentu turut memberikan dampak yang positif terhadap kinerja kami.”

Lebih lanjut, Animesh juga menjelaskan bahwa Home Credit mengutamakan untuk selalu meningkatkan setiap layanannya, khususnya untuk selalu memperbaiki customer journey yang serba digital berdasarkan berbagai masukan yang diterima sepanjang proses pembiayaan berjalan. “Strategi kami pada intinya adalah menciptakan customer journey yang dapat dijalankan secara optimal via digital sehingga akses pembiayaan juga bisa jauh lebih mudah, seluruh data dan informasi pribadi pelanggan kami terjamin aman dan masukan dari pelanggan kami sebisa mungkin kami akomodir.” jelas Animesh yang turut merekomendasikan aplikasi digital ‘My Home Credit’ bagi para pelanggan yang ingin mengakses berbagai layanan Home Credit dengan mudah. Aplikasi tersebut telah memiliki lebih dari 9,3 juta pengguna terdaftar (per 31 Maret 2021). Salah satu keunggulan aplikasi My Home Credit yaitu para pelanggan bisa mendapatkan limit kredit untuk pembiayaan hingga Rp20 juta dengan uang muka mulai dari 0%.

Selama periode Ramadan tahun 2021, Home Credit mengadakan serangkaian promo bertajuk #THRDiManaAja mulai dari Bebas Biaya Admin Rp 199.000,- untuk pembiayaan barang di toko ditambah cashback hingga Rp50.000 berupa saldo Home Credit Pay. Lalu bagi pelanggan yang berbelanja menggunakan paylater Home Credit BayarNanti, ada cashback 40% hingga Rp40.000 berupa saldo Home Credit Pay. Produk e-wallet Home Credit Pay dan produk paylater Home Credit BayarNanti merupakan hasil kerja sama dengan KasPro sebagai pemilik izin E-Money dan QRIS dari Bank Indonesia.

Promo #THRDiManaAja tidak hanya mampu meningkatkan penggunaan produk pembiayaan, namun juga produk online lainnya dari Home Credit yang dapat memberikan kenyamanan dan kebebasan dalam berbelanja. Contohnya saja paylater Home Credit BayarNanti, terdapat peningkatan pada total jumlah pengguna sebesar 28% dan peningkatan 24% pada total transaksi selama Ramadan tahun ini (13 April 2021 – 13 Mei 2021), dibandingkan dengan satu bulan sebelumnya yaitu 12 Maret 2021 – 12 April 2021.Pada periode Ramadan tahun ini, Home Credit BayarNanti paling banyak digunakan untuk konsumsi makanan serta minuman (56%), dan kebutuhan sehari-hari seperti belanja di mini market, supermarket atau bahkan toko buku (42%). Menariknya, ada pula pelanggan yang memanfaatkan Home Credit BayarNanti untuk membayar infak secara online. Hingga akhir Mei 2021, hanya dalam kurun waktu kurang dari 6 bulan sjeak produk paylater ini diluncurkan, Home Credit BayarNanti telah digunakan oleh lebih dari 178 ribu pelanggan.



###


Tentang Home Credit Indonesia

Home Credit Indonesia merupakan perusahaan pembiayaan berbasis teknologi yang menyediakan pembiayaan untuk Konsumen yang ingin membeli barang-barang impian mereka seperti gadget & smartphone, peralatan rumah tangga, peralatan elektronik, dan furnitur. Berdiri pada tahun 2013, Home Credit Indonesia saat ini telah melayani lebih dari 4,7 juta pelanggan dan memiliki lebih dari 16.000 titik penjualan (data per 31 Desember 2020). Mitra kami saat ini adalah produsen dan peritel terkemuka baik offline dan online di antaranya Samsung, VIVO, OPPO, Realme, Erafone, Informa, Electronic City, Oke Shop, Global Teleshop, Hypermart, Trans Hello, Lotte Mart, ACE Hardware, Gramedia, Tokopedia, Bukalapak, Blibli, Citilink, dan lainnya dengan memberikan pelayanan yang mudah, sederhana, dan cepat. Silakan kunjungi www.homecredit.co.id untuk berita terbaru dan informasi lebih mendalam mengenai Home Credit Indonesia. Berikan Like di Facebook Home Credit Indonesia, ikuti halaman perusahaan kami di LinkedIn Home Credit Indonesia, dan follow Instagram kami di @homecreditid


Tentang Home Credit Group B.V

Home Credit Group B.V. (“HCGBV”) merupakan induk perusahaan dari bisnis Home Credit secara global, yang berkantor pusat di Belanda. Secara terpusat, HCGBV mengelola strategi utama Home Credit, yang mencakup teknologi, manajemen risiko, produk dan pendanaan, sembari terus beradaptasi mengikuti kebutuhan pasar lokal. HCGBV adalah spesialis di layanan pembiayaan konsumen di pasar negara berkembang (‘emerging market’). Saat ini HCGBV hadir di berbagai negara di (1) Eropa Tengah dan Eropa Timur (termasuk di antaranya Republik Ceko dan Slovakia); (2) Persemakmuran Negara-negara Merdeka (termasuk di antaranya Russia dan Kazakhstan); (3) Tiongkok; serta (4) Asia Selatan dan Asia Tenggara (termasuk di antaranya India, Indonesia, Vietnam dan Filipina).

Didirikan pada tahun 1997, Home Credit menyediakan layanan pembiayaan yang aman dan bertanggung jawab (responsible financing) bagi masyarakat dengan riwayat kredit minim, atau bahkan bagi mereka yang tidak memiliki riwayat kredit sama sekali. Home Credit juga mengemban misi untuk meningkatkan inklusi keuangan di negara-negara tempat mereka beroperasi dengan menyediakan layanan pembiayaan bagi pelanggan yang membutuhkan, kapanpun dan di manapun mereka berada, melalui jaringan distribusi omni-channel yang dimiliki. Dan pada akhirnya, memberikan pengalaman pelanggan yang positif dan aman selama mereka menggunakan layanan pembiayaan.

HCGBV tercatat telah melayani lebih dari 138,5 juta pelanggan di berbagai titik distribusi, yang terdiri dari 333,299 point-of-sales (POS), kantor pembiayaan, kantor cabang, kantor pos, dan ATM. Total aset konsolidasi HCGBV mencapai EUR 18,5 miliar. Semua angka yang terangkum di sini berdasarkan data hingga 31 Desember 2020, kecuali dinyatakan lain. Informasi lebih lanjut tentang HCGBV dapat diakses di www.homecredit.net.