Dukung Pemulihan Ekonomi, Home Credit Bersama PMI Gelar Vaksinasi di Kabupaten Bandung

Dukung Pemulihan Ekonomi, Home Credit Bersama PMI Gelar Vaksinasi di Kabupaten Bandung

25 Mei 2022
linkdin iconsfacebook iconstwitter iconswhatsapp iconsline iconscopy icons
Link copied to clipboard

BANDUNG, 29 MARET 2022 – Vaksinasi merupakan salah satu syarat penting bagi berlangsungnya pemulihan ekonomi yang perlu terus didukung oleh semua pihak, termasuk kalangan swasta. Home Credit Indonesia (Home Credit), perusahaan pembiayaan berbasis teknologi, berkomitmen untuk terus mendukung upaya pemulihan ekonomi melalui kegiatan vaksinasi yang kali ini diselenggarakan bagi masyarakat Jawa Barat pada 29-30 Maret 2022 di markas Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Bandung di Kecamatan Soreang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Stephanus Wisnu Kumarajati selaku Chief Operations Officer Home Credit Indonesia mengatakan “Kegiatan vaksinasi ini merupakan bentuk tanggungjawab kami sebagai bagian yang tak terpisahkan dari masyarakat dalam upaya pemulihan ekonomi di Indonesia. Kegiatan vaksinasi yang dapat diikuti oleh 1.000 peserta ini diperuntukkan bagi masyarakat yang membutuhkan vaksinasi pertama, vaksinasi kedua maupun vaksinasi ketiga (booster) dengan vaksin yang diproduksi oleh Pfizer, Moderna dan Johnson & Johnson. Dalam kegiatan ini, kami bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) yang terlibat secara konsisten dalam upaya penanggulangan pandemi Covid-19. Sebelumnya, kami juga berkolaborasi dengan PMI dalam program donasi untuk aksi kemanusiaan dimana donatur dapat menyalurkan sumbangannya dengan menggunakan QRIS.”

Vaksinasi yang dapat diikuti secara gratis oleh masyarakat ini diharapkan dapat terus mendorong pemulihan ekonomi di Kabupaten Bandung yang kini menunjukkan tren positif. Mengacu kepada data Badan Pusat Statistik (BPS), pertumbuhan ekonomi Kabupaten Bandung mencapai sebesar 3,56% pada 2021 atau mengalami perbaikan setelah sempat turun tajam menjadi minus 1,87% pada 2020 akibat pandemi Covid-19 yang memukul perekonomian secara global dan nasional. Dalam kurun waktu 2017-2019, pertumbuhan ekonomi tahunan di kabupaten dengan penduduk sekitar 3,6 juta jiwa ini selalu berada di atas 5%.

Adapun dengan adanya kegiatan vaksinasi yang terus dipacu oleh pemerintah serta didukung oleh berbagai kalangan tersebut turut berdampak terhadap penurunan kasus harian Covid-19 dimana rata-rata kasus per 7 hari kini menjadi 1.460 pada pekan keempat Maret 2022, turun drastis dibandingkan dengan rata-rata kasus sebanyak 12.419 pada pekan ketiga Februari 2022. Melihat hal tersebut, pemerataan vaksinasi tentunya menjadi hal yang amat penting untuk dapat menggenjot tingkat vaksinasi di Jawa Barat hingga 100%. Mengacu kepada data Kementerian Kesehatan per Maret 2022, tingkat vaksinasi di Jawa Barat mencapai 92,10% untuk vaksinasi pertama dan 74,78% untuk vaksinasi kedua.

Kegiatan vaksinasi yang diselenggarakan oleh Home Credit di Kabupaten Bandung ini diperuntukkan bagi masyarakat dari berbagai lapisan usia (anak-anak, orang dewasa dan lanjut usia) serta dijalankan dengan protokol kesehatan yang ketat. Para peserta vaksinasi diwajibkan menggunakan masker dan menjaga jarak dengan sesama peserta vaksinasi selama berada di lokasi vaksinasi di markas PMI Kabupaten Bandung.

Sudirman Said, Sekretaris Jenderal PMI, mengatakan “Dukungan dari pihak swasta menjadi salah satu yang penting mengingat hal ini menjadi bukti keikutsertaan berbagai pihak dalam menekan angka penyebaran Covid-19 serta bentuk dukungan kepada upaya pemerintah dalam mempercepat pemulihan ekonomi. Kami berharap kerja sama dengan Home Credit bisa lebih luas lagi sehingga wilayah lain di Indonesia yang belum mendapat dukungan dari pihak lain dapat segera didukung dan mampu menekan laju penularan Covid-19 di Indonesia. Kami juga berharap vaksinasi juga menjadi lebih merata sehingga percepatan rencana perubahan dari pandemi ke endemi dapat berjalan lancar.” Kegiatan vaksinasi ini merupakan yang kali kedua diselenggarakan oleh Home Credit dimana kegiatan kali pertama diselenggarakan di kantor pusat Home Credit di Plaza Oleos, Kelurahan Kebagusan, Kecamatan Pasar Minggu, Kota Jakarta Selatan pada Agustus-September 2021 dengan peserta mencapai sekitar 4.000 orang yang terdiri dari karyawan beserta keluarga, mitra usaha, pelanggan serta masyarakat di sekitar Plaza Oleos.

Selain vaksinasi, Home Credit juga bekerja sama dengan gerakan solidaritas Sejuta Tes untuk menyalurkan 17 konsentrator oksigen berukuran 10 liter kepada masyarakat yang membutuhkan di berbagai daerah di Indonesia pada September 2021. Tak hanya itu, Home Credit juga menyalurkan ratusan alat pelindung diri (APD), masker, sarung tangan, shower cap, serta face shield kepada relawan Sejuta Tes yang menjalankan kegiatan sosial menghadapi pandemi Covid-19.

###

Tentang Home Credit Indonesia

Home Credit Indonesia merupakan perusahaan pembiayaan berbasis teknologi yang menyediakan pembiayaan untuk Konsumen yang ingin membeli barang-barang impian mereka seperti gadget & smartphone, peralatan rumah tangga, peralatan elektronik, dan furnitur. Berdiri pada tahun 2013, Home Credit Indonesia saat ini telah melayani sekitar 5 juta pelanggan dan memiliki lebih dari 16.700 titik penjualan (data per 30 Juni 2021). Mitra kami saat ini adalah produsen dan peritel terkemuka baik offline dan online di antaranya Samsung, VIVO, OPPO, Realme, Erafone, Informa, Electronic City, Oke Shop, Global Teleshop, Hypermart, Trans Hello, Lotte Mart, ACE Hardware, Gramedia, Tokopedia, Bukalapak, Blibli, Citilink, dan lainnya dengan memberikan pelayanan yang mudah, sederhana, dan cepat. Silakan kunjungi www.homecredit.co.id untuk berita terbaru dan informasi lebih mendalam mengenai Home Credit Indonesia. Berikan Like di Facebook Home Credit Indonesia, ikuti halaman perusahaan kami di LinkedIn Home Credit Indonesia, dan follow Instagram kami di @homecreditid

Tentang Home Credit Group B.V

Didirikan pada 1997, Home Credit adalah penyedia layanan pembiayaan konsumsi global dengan wilayah operasi di sembilan negara yang terletak di Eropa Timur dan Tengah, Wilayah Eks Uni Soviet (Persemakmuran Negara Merdeka) dan Asia Tenggara serta India dan China. Perusahaan yang berkantor pusat di Praha, Republik Ceko, ini menawarkan pinjaman tanpa jaminan berbasis manfaat, pinjaman tunai dan produk pembiayaan yang flexible baik secara online maupun bekerjasama dengan toko ritel. Home Credit menggerakkan dan memperluas inklusi keuangan untuk populasi yang belum terjangkau oleh bank dan mendorong pembangunan ekonomi melalui dukungan terhadap konsumsi domestik. Informasi lebih lanjut tentang HCGBV dapat diakses di www.homecredit.net.