Mobilitas Membaik, Home Credit Genjot Pembiayaan untuk 
Beragam Kebutuhan Didukung 22.000 Mitra Toko

Mobilitas Membaik, Home Credit Genjot Pembiayaan untuk Beragam Kebutuhan Didukung 22.000 Mitra Toko

26 September 2022
linkdin iconsfacebook iconstwitter iconswhatsapp iconsline iconscopy icons
Link copied to clipboard

JAKARTA, 29 JUNI 2022 – Seiring pelonggaran Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), tren mobilitas masyarakat mengalami peningkatan drastis pada awal kuartal II/2022. Mengacu kepada data Google Mobility Indeks, tren mobilitas menuju tempat retail dan rekreasi mengalami peningkatan sebesar 24% pada akhir April 2022 dibandingkan dengan -8% pada akhir April 2021.  

Peningkatan tren mobilitas tersebut yang disertai dengan pemulihan daya beli masyarakat Indonesia turut mengakselerasi penjualan ritel di bulan April 2022. Dalam Survei Penjualan Eceran (SPE) April 2022 yang dirilis oleh Bank Indonesia pada Mei 2022, kinerja penjualan ritel yang ditunjukkan melalui Indeks Penjualan Riil (IPR) telah diperkirakan meningkat sebesar 6,8% secara bulanan pada April 2022 dibandingkan dengan 2,6% pada Maret 2022 karena peningkatan aktivitas ekonomi di bulan Ramadan serta menjelang Idul Fitri.

Sylvia Lazuarni selaku Chief Financial Officer Home Credit Indonesia mengatakan “Mengacu kepada data SPE April 2022 yang dirilis oleh Bank Indonesia tersebut, peningkatan penjualan eceran terjadi di sejumlah kelompok barang, di antaranya kelompok Peralatan Informasi dan Komunikasi (meningkat 5,15%) serta subkelompok sandang (10,7%). Kinerja yang positif itu turut memacu pembiayaan yang disalurkan oleh PT Home Credit Indonesia (“Home Credit”), perusahaan pembiayaan berbasis teknologi, pada sepanjang bulan Ramadan 2022 dimana perusahaan membukukan pertumbuhan pembiayaan barang yang disalurkan sebesar 5,2% menjadi Rp710 miliar dibandingkan dengan Ramadan 2021.”

Lebih lanjut Sylvia menjelaskan bahwa Home Credit menyalurkan pembiayaan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang semakin beragam sebagai bagian dari komitmen Home Credit dalam menyediakan layanan keuangan yang tepat dan terjangkau sesuai kebutuhan pelanggan. Dalam menyalurkan layanan keuangannya, Home Credit senantiasa memberikan pemahaman menyeluruh terkait layanan yang digunakan pelanggan agar sesuai dengan kapasitas mereka dalam mengelola keuangan, termasuk juga edukasi akan literasi keuangan yang turut digalakkan.

Pembiayaan untuk Beragam Kebutuhan

Adapun Home Credit senantiasa mendukung kebutuhan para pelanggannya dalam membangun dan mengembangkan usaha melalui pembiayaan modal kerja. Dari Januari hingga April 2022, Home Credit telah mendukung lebih dari 48 ribu usaha kecil dan menengah, dengan total pembiayaan yang disalurkan sebesar Rp 560 milyar.

Untuk pembiayaan barang, Home Credit menyediakan layanan pembiayaan yang tidak hanya digunakan untuk membeli smartphone, namun juga beragam barang impian lainnya. Contohnya seperti fesyen yaitu tas, jam, kacamata, pakaian, sepatu, dll. Pembiayaan untuk kelompok barang ini sendiri mengalami peningkatan hampir 6 kali lipat dalam periode Ramadan 2022 dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya.

Peningkatan volume pembiayaan yang signifikan juga dialami oleh berbagai barang lainnya seperti perlengkapan bayi (tempat tidur bayi, kursi bayi untuk mobil, pompa menyusui, kereta bayi) serta alat kesehatan (kursi pijat elektrik, alat pemurni air, alat pemurni udara). Pelanggan mengakses pembiayaan untuk beragam kebutuhan melalui lebih dari 22.000 toko milik mitra usaha Home Credit di seluruh Indonesia dimana jumlah tersebut meningkat hingga lebih dari 40% dibandingkan pada akhir April 2021.  Adapun jumlah pelanggan Home Credit secara keseluruhan kini telah mencapai lebih dari 5,5 juta orang.

Turut Hadir di Jakarta Fair Kemayoran

Kemudahan akses untuk memiliki berbagai barang dengan menggunakan layanan Home Credit terus berlanjut dan kini dapat ditemui di event Jakarta Fair Kemayoran (JFK). Dalam event yang berlangsung selama 9 Juni hingga 17 Juli 2022 tersebut, masyarakat dapat menikmati promo Home Credit berupa Pesta Belanja Hepi Promo 0 dimana berbagai jenis barang dapat dibeli dengan bunga 0%, gratis biaya admin hingga bunga bisa 0% di mitra-mitra terpilih Home Credit yang ada di JFK seperti Urban Republic, iBox, Erafone, Samsung by NASA, yang merupakan bagian dari Erajaya Group, selain itu ada juga mitra lain yaitu GARMIN, Optik Melawai, B Fit, OB Fit, Rodalink, Perfect Health, Electronic City, Sleep Center, Selis, Advance dan sebagainya.

Hasan Aula, Deputy CEO Erajaya Group mengatakan, “Kami sangat antusias dengan geliat aktivitas masyarakat yang semakin membaik, termasuk makin ramainya pusat-pusat perbelanjaan dan makin maraknya acara-acara offline. Seperti perhelatan Jakarta Fair 2022 misalnya, Erajaya Group melalui brand ritel Erafone, iBox, Samsung by NASA, dan Urban Republic hadir secara all out dengan menghadirkan rangkaian produk teknologi terbaik, terkini dan terlengkap, termasuk koleksi produk Internet of Things (IoT) beserta ekosistemnya. Promo menarik yang kami hadirkan menjadi lengkap dengan adanya pilihan pembayaran dan pembiayaan yang beragam. Kerjasama dengan mitra pembiayaan, seperti Home Credit Indonesia misalnya, memfasilitasi pelanggan kami membeli produk idaman-nya dengan mudah dan cepat.”

Selain di Jakarta Fair Kemayoran, Home Credit juga menawarkan promo yang dapat digunakan oleh para pelanggan di seluruh Indonesia dimana daftarnya dapat diakses melalui https://bit.ly/ PromoHomeCreditJuni2022.


###

Tentang Home Credit Indonesia


Home Credit Indonesia merupakan perusahaan pembiayaan berbasis teknologi yang menyediakan pembiayaan untuk Konsumen yang ingin membeli barang-barang impian mereka seperti gadget & smartphone, peralatan rumah tangga, peralatan elektronik, dan furnitur. Berdiri pada tahun 2013, Home Credit Indonesia saat ini telah melayani lebih dari 5,5 juta pelanggan dan memiliki lebih dari 22.000 titik penjualan (data per 30 April 2022). Mitra kami saat ini adalah produsen dan peritel terkemuka baik offline dan online di antaranya Samsung, VIVO, OPPO, Realme, Erafone, Informa, Electronic City, Hypermart, Lotte Mart, ACE Hardware, Gramedia, Tokopedia, Bukalapak, Blibli, dan lainnya dengan memberikan pelayanan yang mudah, sederhana, dan cepat. Silakan kunjungi www.homecredit.co.id untuk berita terbaru dan informasi lebih mendalam mengenai Home Credit Indonesia. Berikan Like di Facebook Home Credit Indonesia, ikuti halaman perusahaan kami di LinkedIn Home Credit Indonesia, dan follow Instagram kami di @homecreditid

Tentang Home Credit Group B.V


Didirikan pada 1997, Home Credit adalah penyedia layanan pembiayaan konsumsi global dengan wilayah operasi di sembilan negara yang terletak di Eropa Timur dan Tengah, Wilayah Eks Uni Soviet (Persemakmuran Negara Merdeka) dan Asia Tenggara serta India dan China. Perusahaan yang berkantor pusat di Praha, Republik Ceko, ini menawarkan pinjaman tanpa jaminan berbasis manfaat, pinjaman tunai dan produk pembiayaan yang flexible baik secara online maupun bekerjasama dengan toko ritel. Home Credit menggerakkan dan memperluas inklusi keuangan untuk populasi yang belum terjangkau oleh bank dan mendorong pembangunan ekonomi melalui dukungan terhadap konsumsi domestik. Informasi lebih lanjut tentang HCGBV dapat diakses di www.homecredit.net.