Kebijakan Privasi

Terakhir diperbaharui: Februari 2022

Pendahuluan

PT Home Credit Indonesia ("Home Credit", "kami" atau "kita"), suatu Perusahaan Pembiayaan Indonesia yang memiliki izin dan terdaftar serta diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan ("OJK"), yang mengoperasikan suatu Aplikasi Seluler ("Aplikasi"). Kebijakan Privasi ini menginformasikan kepada anda mengenai kebijakan kami tentang pengumpulan, penggunaan, analisis, penyimpanan dan pengungkapan data dan informasi pribadi yang kami terima dari penggunaan Aplikasi ("Kebijakan").

Dengan masuk (log in) dan mendaftar ke Aplikasi serta menekan tombol "Setuju", anda mengonfirmasi bahwa anda telah membaca dan setuju dengan ketentuan, pengumpulan, penggunaan, analisis, penyimpanan dan pengungkapan data dan informasi pribadi sesuai dengan Kebijakan ini.

  1. Tujuan Pengumpulan dan Penggunaan Informasi dan/atau Data

    Informasi pribadi anda akan dikumpulkan, dicatat dan digunakan untuk tujuan pendaftaran Aplikasi, periklanan atau pemasaran untuk tujuan analisis data, akurasi verifikasi data dan/atau pengajuan setiap fasilitas pembiayaan yang disediakan oleh Home Credit, termasuk fasilitas Pembiayaan, peningkatan layanan, survei dan/atau riset/analisa.

    Informasi pribadi sebagaimana disebutkan dalam Kebijakan ini mengacu kepada semua dan setiap informasi, data, dan/atau dokumen yang anda berikan kepada kami dan/atau diperoleh, diunduh, diambil atau diterima oleh kami dari anda atau telepon selular anda.

    Dengan mendaftar ke Aplikasi dan menekan tombol "Setuju", anda mengonfirmasi bahwa anda telah membaca dan setuju:

    1. untuk menyediakan informasi pribadi anda kepada kami, termasuk informasi nomor telepon, tanggal lahir, foto (pilihan), perkiraan lokasi (berbasis jaringan), kepastian lokasi (Global Positioning System "GPS" dan berbasis jaringan), dan/atau informasi dan/atau data lainnya sebagaimana berlaku yang anda sediakan pada saat proses pendaftaran dan selama anda sudah terdaftar sebagai Pengguna pada Aplikasi.
    2. bahwa Home Credit, baik secara langsung oleh Home Credit atau oleh aplikasi pihak ketiga yang tertanam pada Aplikasi (termasuk perwakilan dan karyawannya yang sah), untuk dapat memberikan keputusan penilaian yang lebih baik, diberikan kewenangan oleh anda, pada saat proses pendaftaran dan selama anda sudah terdaftar sebagai Pengguna pada Aplikasi, untuk (1) mengunduh, menyimpan dan atau menggunakan (a) kepastian lokasi GPS; (b) microphone dan (c) kamera perangkat, dan juga (2) mengunduh, menyimpan dan/atau menggunakan hanya meta informasi (ukuran file, jumlah file, tanggal file dan resolusi) tetapi bukan konten dari: (i) akun dan aplikasi terdaftar, (ii) suara/audio, (iii) panggilan(-panggilan) telepon, (iv) data umum-operator telepon selular dan pengaturan (misal, jaringan operator dan penggunaan jaringan, Wi-Fi, Bluetooth, kota dan kode negara penyedia kartu SIM dan seluruh pengaturan dan perizinan telpon genggam), (v) Gmail, (vi) platform, (vii) informasi mengenai tipe perangkat (device type) dan perangkat keras/hardware, (viii) Layanan Pesan Singkat (SMS), (ix) browsing history dari telepon genggam anda, (x) kontak, (xi) gambar, (xii) video, (xiii) kalender, jadwal kalender, peserta yang hadir dan pengingat, dan (xiv) data serta dokumen yang diunduh.
  2. Informasi dan/atau Data Pribadi Pengguna Yang Diperoleh dari Media Sosial/Rekening Bank Internet/Perdagangan Online (Online Shop)

    Dengan memilih tersambung kepada tombol "Media Sosial"/"Internet Banking"/ "Perdagangan Online (Online Shop)" dalam Aplikasi atau dengan memasukan permohonan aplikasi Pembiayaan melalui Aplikasi, Home Credit akan mengumpulkan riwayat laman yang anda kunjungi/transaksi perbankan/transaksi secara online yang akan dikumpulkan dari aplikasi pihak ketiga yang tertanam dengan Aplikasi yang bekerja sama dengan Home Credit untuk memberikan keputusan penilaian yang lebih baik. Jika anda memilih untuk menggunakan aplikasi ini untuk proses penilaian Home Credit atau mengirim permintaan untuk aplikasi Pembiayaan, anda akan disyaratkan untuk menekan tombol "Tersambung ke akun Media Sosial" dan/atau "Tersambung ke akun Internet Banking" dan/atau "Tersambung ke akun Perdagangan Online (Online Shop)" dalam laman profil Aplikasi. Setelah anda menekan tombol salah satu pilihan di atas, anda harus masuk (log in) kepada akun Media Sosial/Internet Banking/Perdagangan Online (Online Shop) dengan cara memasukkan nama pengguna/username dan kata sandi/password anda. Setelah anda telah berhasil masuk kepada akun Media Sosial/Internet Banking/Perdagangan Online (Online Shop) anda, aplikasi pihak ketiga yang menempel dengan Aplikasi ini akan mengambil riwayat laman yang anda kunjungi/transaksi perbankan/transaksi online (khususnya untuk transaksi perbankan, informasi yang diambil adalah transaksi perbankan anda selama 6 bulan terakhir). Data yang diunduh dan disimpan melalui layanan ini hanya merupakan informasi metadata (ukuran file, jumlah file, tanggal file dan resolusi) tetapi bukan konten dari: (a) informasi akun media sosial; (b) informasi akun perdagangan online; dan (c) informasi akun perbankan melalui internet termasuk: (i) nama bank, (ii) negara bank, (iii) singkatan dari bank, (iv) nomor rekening bank, (v) kurs rekening bank, (vi) IBAN bank, (vii) nama pemilik rekening bank, (viii) informasi pinjaman, (ix) informasi aliran keuangan, dan (x) informasi transaksi, dan memberikan Home Credit dengan informasi tersebut dalam bentuk metadata. Home Credit hanya akan melihat tanggal dan nilai transaksi atas informasi tersebut dan tidak dapat melihat transaksi secara lengkap/detail. Home Credit (termasuk perwakilan dan petugasnya yang sah) tidak akan menyimpan nama pengguna/username dan kata sandi/password Media Sosial/Internet Banking/Perdagangan Online (Online Shop) anda. Aplikasi pihak ketiga tidak akan menyimpan informasi tersebut ke dalam sistemnya. Home Credit akan menyimpan informasi yang diberikan oleh aplikasi pihak ketiga ke dalam sistemnya, akan tetapi, anda berhak untuk meminta agar informasi tersebut dihapus dari sistem Home Credit dengan cara hubungi layanan konsumen Home Credit melalui email ke: care@homecredit.co.id dan meminta agar Home Credit menghapus informasi tersebut dari sistem Home Credit.

  3. Log Data

    Kami mengumpulkan informasi mengenai riwayat laman yang anda kunjungi (browsing history) termasuk jam dan periode browsing anda. Khususnya informasi yang browser atau sistem operasi anda kirimkan setiap kali anda mengunjungi Aplikasi ("Catatan Data" atau "Log Data"). Catatan Data ini dapat mencakup informasi seperti alamat Protokol Internet (Internet Protocol atau "IP"), versi dan tipe browser atau sistem operasi, aplikasi yang diinstal, waktu dan tanggal akses masuk anda ke dalam Aplikasi, Koordinat GPS, Nomor International Mobile Equipment Identity (IMEI), produksi telepon, model telepon, nomor seri telepon, penyedia data, informasi dalam memori disk, waktu yang dihabiskan dan statistik lainnya.

  4. Penyimpanan Data

    Kami akan menyimpan informasi pribadi anda selama jangka waktu paling sedikit 5 (lima) tahun sejak terakhir kali anda menjadi Pengguna dan/atau sebagaimana dipersyaratkan berdasarkan hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

    Selama periode tersebut Home Credit dapat memperbaharui data anda setiap bulan dengan ukuran data yang ditransfer tidak akan melebihi 3 MB per bulan. Anda mengetahui bahwa aktivitas ini dapat menggunakan paket data internet anda.

  5. Data yang Tidak Dikumpulkan

    Kami tidak akan mengumpulkan data/informasi sebagai berikut: (i) Nomor Identifikasi Pribadi (Personal Identification Number/PIN)/kata sandi atau informasi lainnya apapun untuk memperoleh akses ke akun anda, (ii) konten apapun dari: pesan teks, SMS, atau email(-email), foto, jaringan sosial, komunikasi app messenger, dan/atau file(-file) lainnya apapun dalam telpon selular anda.

  6. Pemberitahuan

    Kami dapat menggunakan informasi pribadi anda untuk mengirimkan informasi terbaru mengenai status aplikasi pembiayaan anda dan/atau informasi lainnya (termasuk setiap pemberitahuan yang dipersyaratkan oleh hukum, sebagai pengganti komunikasi dengan surat melalui pos). Jika anda tidak ingin menerima pesan-pesan tersebut sebagai pesan yang muncul (pop up) dalam Aplikasi, anda dapat memilih untuk tidak menerima pesan-pesan tersebut (opt out) dengan mematikan tombol untuk pesan dengan mengikuti petunjuk dalam Aplikasi, akan tetapi, anda akan tetap menerima pesan tersebut di dalam inbox. Jika anda berkomunikasi dengan kami melalui email, kami dapat mempertahankan/menyimpan isi dari pesan email anda, alamat email anda dan tanggapan kami.

  7. Penyedia Layanan

    Kami dapat menggunakan perusahaan-perusahaan dan individu-individu pihak ketiga untuk memfasilitasi layanan kami, untuk menyediakan layanan atas nama kami, untuk menjalankan layanan terkait layanan-layanan atau untuk membantu kami dalam menganalisis bagaimana layanan kami digunakan. Pihak ketiga tersebut memiliki akses ke Informasi Pribadi anda hanya untuk melaksanakan tugas-tugas tersebut atas nama kami dan berkewajiban untuk tidak mengungkapkan atau menggunakan Informasi Pribadi tersebut untuk tujuan lain.

  8. Perubahan Kebijakan Privasi Ini

    Kami dapat memperbaharui Kebijakan ini dari waktu ke waktu. Anda bertanggung jawab untuk memeriksa syarat dan ketentuan ini secara rutin untuk melihat apabila terdapat suatu perubahan. Keberlanjutan atas penggunaan Aplikasi ini oleh anda akan mengakibatkan anda menerima perubahan tersebut.

    Apabila suatu bagian dari Kebijakan tidak dapat dipakai, maka bagian tersebut tidak mempengaruhi keabsahan dan keberlakuan ketentuan lainnya. Bagian yang tidak berlaku tersebut akan digantikan dengan ketentuan yang sah.

  9. Hubungi Kami

    Jika anda memiliki pertanyaan tentang Kebijakan ini, silahkan hubungi layanan pelanggan kami di: (021) 29539600.

© Hak Cipta 2020 PT Home Credit Indonesia