Siapa sih yang nggak bahagia lihat teman dekat akhirnya menikah? Begitu terima undangan, kamu pasti langsung semangat buat nyiapin berbagai hal seputar kondangan. Apalagi, kalau kamu dinobatkan sebagai bridesmaid atau groomsmen dari calon mempelai yang bersangkutan. Excited banget sih, tapi budget yang dikeluarin juga otomatis jadi lebih besar. Bahkan, tanpa sadar bisa bikin kamu ngerasa miskin lho. Eh, benar nggak yaa? Coba simak 3 hal di bawah ini!
 
  1. Perkara baju kondangan
 
Nggak mau pakai baju yang udah-udah karena nikahan teman dekat terasa spesial buatmu? Yaa… bisa aja sih beli baju baru. Tapi, berbeda dari baju yang biasa kamu pakai sehari-hari, dress cantik dengan taburan beads di atasnya bisa dibanderol dengan harga Rp500.000-an. Apalagi, kalau kamu memilih baju yang dibuat oleh desainer terkenal, jelas makin mahal harganya.
 
Mau jahit baju karena udah dikasih bahan? Jangan dikira lebih murah lho. Jahit atasannya aja bisa Rp300.000 sendiri, belum bawahannya sekitar Rp200.000. Jadi aja deh ngeluarin uang Rp500.000 buat bajunya doang. Yes, baru baju lho belum yang lainnya!
 
  1. Make up pakai MUA
 
Buat para cewek yang bisa dandan sih paling effort-nya cuma bangun lebih pagi. Tapi, kalau nggak bisa dandan dan mau tampil cantik yaa make up artist yang jadi jawabannya nggak sih? Udah bersedia dipanggil subuh-subuh, kamu juga nggak perlu antre seperti di salon. Masalahnya, bayar MUA nggak bisa pakai ucapan terima kasih semata. Kamu juga harus ngeluarin uang sekitar Rp300.000-an buat dapat hasil yang lumayan oke.
 
Terus, uang yang kamu keluarin itu belum termasuk biaya hair do lho. Cuma mau disanggul simple sekalipun kamu harus ngeluarin uang paling nggak Rp150.000-an. Sementara para cowok tinggal ngerapihin rambutnya pakai gel Rp50.000-an, kamu dan cewek-cewek di luar sana udah ngabisin uang sekitar Rp450.000-an buat urusan wajah dan rambut. Nggak terasa, kan?
 
  1. Nyiapin bridal shower / bachelor party + hadiah
 
Sebelum teman dekatmu menikah, biasanya kamu dan yang lain akan membuat pesta kecil-kecilan (atau bahkan heboh sekalian). Yaa tujuannya sih buat ngasih kado dan “melepas” temanmu sebelum menikah. Biasanya, acara seperti ini diadakan di kafe kekinian, hotel, atau di rumah salah satu teman. Selain nyiapin acaranya, sebagai teman biasanya kamu juga akan memberikan hadiah pernikahan.
 
Terus, berapa ya budget yang dihabiskan? Jawabannya beragam banget. Tergantung di mana kamu ngadain acaranya, dekorasi yang dipilih, pakai EO atau dekor sendiri, sampai menu makanan yang dipilih juga masuk perhitungan.Buat hadiahnya sendiri tergantung dari barang apa yang mau diberikan. Makin mahal harganya, makin banyak pula uang yang kamu keluarkan.
 
Setelah menyimak 3 hal di atas, kebayang dong kenapa kamu selalu ngerasa miskin tiap habis kondangan? Soalnya, sekali kondangan aja kamu bisa ngabisin uang sampai Rp1.000.000 lebih! Hmm, kalau nggak mau jatuh miskin beneran gara-gara tabungan bocor, coba deh atur keuanganmu supaya lebih hemat. Simak terus artikel FUNancial selanjutnya, saatnya pilih FUNancial #YangKamuMau!
 
Footer Logo

PT Home Credit Indonesia merupakan perusahaan pembiayaan multiguna yang memberikan layanan pembiayaan bagi pelanggan yang berbelanja secara online maupun offline. Kami juga menyediakan pembiayaan multiguna bagi pelanggan setia kami agar mereka dapat memenuhi kebutuhan finansial mereka.

Kami hadir untuk menjadikan apa yang Anda inginkan dalam jangkauan dengan mengubah cara dunia berbelanja.

Anda Bisa!

Kantor Pusat:

PT Home Credit Indonesia

Plaza Oleos Lantai 8

Jl. TB Simatupang No. 53A

Jakarta Selatan 12520
E-mail: care@homecredit.co.id
Telepon: (+62) 21 295 39655
Fax: (+62) 21 227 80155
Back to Top