Melanjutkan kuliah di luar negeri memang butuh banyak persiapan. Sebab, nggak hanya orang lokal, saingan kamu juga berasal dari seluruh dunia. Di samping memiliki otak cemerlang, kamu juga harus menyiapkan budget yang nggak sedikit untuk bisa kuliah di luar negeri. Mulai dari biaya kuliah, tempat tinggal, sampai biaya hidup sehari-hari, semuanya sudah diperhitungkan belum?
 
Kalau sudah diperhitungkan dan ternyata budget yang ada nggak mencukupi, coba deh cari beasiswa yang sesuai sebagai solusinya. Kecuali kamu berasal dari keluarga konglomerat tajir melintir yang hartanya nggak akan habis sampai tujuh turunan, mengeluarkan biaya untuk kuliah di luar negeri pasti menjadi beban tersendiri. Jadi, nggak ada salahnya mencari beasiswa demi mewujudkan cita-citamu. Nggak perlu bingung, yuk dapetin beasiswa ke luar negeri dengan tiga tips di bawah ini!
 

Pemerintah Indonesia via LPDP

 
Beasiswa luar negeri LPDP
 
Salah satu beasiswa dari pemerintah Indonesia yang bisa mewujudkan cita-citamu adalah LPDP. Dikelola oleh Kementerian Keuangan Republik Indonesia, Lembaga Pengelola Dana Pendidikan atau yang lebih dikenal dengan LPDP ini selalu membuka seleksi beasiswa setiap tahunnya. Dikutip dari Kompas.com, melalui beasiswa LPDP kamu bisa mendapatkan biaya pendidikan yang mencakup biaya pendaftaran, biaya spp, tunjangan buku, dana bantuan tesis / disertasi, dana bantuan seminar internasional, plus dana bantuan publikasi jurnal internasional.
 
Selain biaya pendidikan, kamu juga akan mendapatkan biaya non pendidikan yang mencakup biaya transportasi, biaya aplikasi visa / residence permit, biaya asuransi kesehatan, tunjangan hidup bulanan, biaya kedatangan, tunjangan keluarga (khusus untuk program doktoral), dan biaya keadaan darurat. Beasiswa LPDP bisa kamu dapatkan dengan memenuhi persyaratan yang ada. Nggak hanya ke luar negeri, LPDP juga menawarkan beasiswa untuk kuliah di dalam negeri.
 
Nah, selain LPDP, masih ada beberapa beasiswa dari pemerintah Indonesia yang disalurkan melalui kementerian lainnya. Salah satunya adalah Beasiswa Unggulan yang dikelola oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Selamat mencoba!
 

Pemerintah negara tujuan

 
Beasiswa fulbright
 
Selain pemerintah Indonesia, pemerintah negara lain juga nggak kalah semangat loh memberikan beasiswa untukmu. Kalau sudah menentukan negara tujuan studi, kamu bisa mulai mencari beasiswa yang sesuai. Misalnya, untuk kuliah di salah satu universitas di Amerika, kamu bisa memilih beasiswa Fulbright. Beasiswa yang berasal dari pemerintah Amerika Serikat ini ditawarkan ke 155 negara dengan alokasi sekitar 7.500 beasiswa setiap tahun.
 
Di Indonesia, beasiswa Fulbright dikelola melalui lembaga yang mengurus kerja sama pertukaran pelajar Indonesia – Amerika Serikat, yaitu AMINEF. Nggak hanya satu, beasiswa Fulbright diberikan melalui beberapa program. Mulai dari Fulbright Master of Science & Technology Initiative Degree Program, Fulbright-DIKTI Master’s Degree Program, Fulbright Presidential Scholarship, Fulbright-Freeport Master’s Degree Program, dan beberapa program lainnya.
 
Nggak jauh berbeda dari LPDP, melalui Fulbright kamu juga akan mendapatkan biaya kuliah, tunjangan buku, uang saku bulanan, asuransi kesehatan, sampai tiket pesawat. Untuk informasi lebih lengkap, kamu bisa mengunjungi situs resmi milik mereka, ya.
 

Yayasan yang bersangkutan

 
Beasiswa melalui yayasan gates cambridge
 
Pemerintah Indonesia sudah, pemerintah negara lain juga sudah. Terus, dari mana lagi ya kamu bisa mendapatkan beasiswa untuk kuliah di luar negeri? Well, jawabannya bukan ada di ujung langit dan kita ke sana dengan seorang anak. Tetapi, melalui yayasan yang bersangkutan.
 
Untuk kuliah di University of Cambridge misalnya, kamu bisa mencoba mendapatkan beasiswa melalui Gates Cambridge Scholarship. Program beasiswa yang diusung oleh Bill and Melinda Gates Foundation ini ditujukan untuk kamu yang ingin kuliah di University of Cambridge, Inggris. Beasiswa ini boleh dibilang bergengsi banget karena menjaring orang-orang cerdas dengan nilai tinggi dari seluruh dunia dengan persaingan super ketat. Setiap tahun, ada 4.000 pelamar yang mencoba mendapatkan beasiswa ini. Padahal, kuotanya nggak lebih dari 90 beasiswa per tahun!
 
Kalau berhasil mendapatkan beasiswa ini, kamu nggak perlu khawatir lagi soal biaya kuliah, dapat uang saku bulanan sebesar £ 13.000, tiket pesawat, tunjangan keluarga, dan juga kebutuhan lainnya. Terdengar super menggiurkan? Sudah pasti. Tetapi, ingat, kamu juga membutuhkan kemampuan super untuk bisa mendapatkan beasiswa yang satu ini karena tidak cukup mudah.
 
Jadi, nggak perlu pusing lagi ya mikirin gimana caranya mewujudkan cita-citamu untuk kuliah di luar negeri. Cukup belajar super rajin plus berusaha super keras supaya bisa memenuhi persyaratan yang berlaku untuk mendapatkan beasiswa yang kamu inginkan. Semangat!

Buat kamu yang sudah mencoba tips diatas namun masih belum beruntung dan membutuhkan biaya untuk pendidikan kamu, kamu bisa dengan mudah mengajukan pinjaman tunai online Dona dari Home Credit jika kamu belum menjadi pelanggan, untuk kamu pelanggan lama kamu bisa mencobanya dengan pinjaman tunai Flexifast.

ARTIKEL TERKAIT:
Footer Logo

PT Home Credit Indonesia merupakan perusahaan pembiayaan multiguna yang memberikan layanan pembiayaan bagi pelanggan yang berbelanja secara online maupun offline. Kami juga menyediakan pembiayaan multiguna bagi pelanggan setia kami agar mereka dapat memenuhi kebutuhan finansial mereka.

Kami hadir untuk menjadikan apa yang Anda inginkan dalam jangkauan dengan mengubah cara dunia berbelanja.

Anda Bisa!

Kantor Pusat:

PT Home Credit Indonesia

Plaza Oleos Lantai 8

Jl. TB Simatupang No. 53A

Jakarta Selatan 12520
E-mail: care@homecredit.co.id
Telepon: (+62) 21 295 39655
Fax: (+62) 21 227 80155
Back to Top