Kebijakan Privasi 
&
Persetujuan Pengguna atas Data dan/atau Informasi Pribadi

Kebijakan Privasi:
PT Home Credit Indonesia (“Home Credit”, "kami" atau "kita"), suatu Perusahaan Pembiayaan Indonesia yang memiliki izin dan terdaftar serta diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (“OJK”), yang mengoperasikan suatu Aplikasi Seluler ("Aplikasi"). Kebijakan Privasi ini menginformasikan kepada anda mengenai kebijakan kami tentang pengumpulan, penggunaan, analisis, penyimpanan dan pengungkapan data dan informasi pribadi yang kami terima dari penggunaan Aplikasi (“Kebijakan”).
Dengan masuk (log in) dan mendaftar ke Aplikasi, anda setuju dengan ketentuan, pengumpulan, penggunaan, analisis, penyimpanan dan pengungkapan data dan informasi pribadi sesuai dengan Kebijakan ini.
 
Tujuan Pengumpulan dan Penggunaan Informasi dan/atau Data
Informasi pribadi anda akan dikumpulkan, dicatat dan digunakan untuk tujuan pendaftaran Aplikasi, periklanan atau pemasaran untuk tujuan analisis data, akurasi verifikasi data dan/atau pengajuan setiap fasilitas pembiayaan yang disediakan oleh Home Credit, termasuk fasilitas Pembiayaan Multiguna.
Informasi pribadi sebagaimana disebutkan dalam Kebijakan Privasi ini mengacu kepada semua dan setiap informasi, data, dan/atau dokumen yang anda berikan kepada kami dan/atau diperoleh, diunduh, diambil atau diterima oleh kami dari anda atau telepon selular anda.
Dengan mendaftar ke Aplikasi, anda setuju untuk menyediakan informasi pribadi anda kepada kami, termasuk informasi identitas diri, pekerjaan, posisi keuangan, sidik jari, alamat surat elektronik (email), nomor telepon (termasuk nomor telepon seluler), tanggal lahir, foto (pilihan), perkiraan lokasi (berbasis jaringan), kepastian lokasi (GPS dan berbasis jaringan), data dan profil media sosial dan/atau informasi dan/atau data lainnya sebagaimana berlaku yang anda sediakan.
Dengan memilih “Verifikasi Data Anda” atau dengan mengajukan permohonan Pembiayaan Multiguna, anda setuju bahwa Home Credit (termasuk perwakilan dan karyawannya yang sah) diberikan kewenangan oleh anda untuk mengunduh meta informasi dari (i) akun dan aplikasi terdaftar, (ii) suara/audio, (iii) panggilan(-panggilan) telepon, (iv) data umum-operator telepon selular dan pengaturan (misal, jaringan operator dan penggunaan jaringan, Wi-Fi, Bluetooth, kota dan kode negara, penyedia kartu SIM dan seluruh pengaturan dan perizinan telpon genggam), (v) Gmail, (vi) platform, (vii) informasi mengenai tipe perangkat (device type) dan perangkat keras/hardware, (viii) Layanan Pesan Singkat (SMS), (ix) browsing history dari telepon genggam anda, (x) kontak, (xi) gambar, (xii) video, (xiii) kalender, jadwal kalender, peserta yang hadir dan pengingat (xiv) data serta dokumen yang diunduh, dan (xv) kepastian lokasi GPS.
 
Informasi dan/atau Data Pribadi Pengguna Yang Diperoleh dari Media Sosial/Rekening Bank Internet/Perdagangan Online (Online Shop) (Secara Pilihan)
Dengan memilih tersambung kepada tombol “Media Sosial”/”Internet Banking”/”Perdagangan Online (Online Shop)” dalam Aplikasi, maka akan menghubungkan anda kepada laman “Media Sosial”/”Internet Banking”/”Perdagangan Online (Online Shop)” yang menempel dengan aplikasi pihak ketiga berdasarkan Persetujuan Pengguna hanya untuk kepentingan HCID dalam memberikan keputusan penilaian yang lebih baik. Aplikasi pihak ketiga yang digunakan untuk keputusan penilaian HCID akan menjadi pilihan dan tidak akan diwajibkan. Apabila anda memilih untuk menggunakan aplikasi tersebut untuk proses penilaian HCID, anda akan disyaratkan untuk mengklik “Verifikasi Data”dan atau tersambung kepada akun Media Sosial/Internet Banking/Perdagangan Online (Online Shop) dalam laman profil Aplikasi. Setelah anda mengklik salah satu pilihan di atas, anda harus masuk (log in) kepada akun Media Sosial/Internet Banking/Perdagangan Online (Online Shop) dengan cara memasukkan nama pengguna/username dan kata sandi/password anda. Setelah anda telah berhasil masuk kepada akun Media Sosial/Internet Banking/Perdagangan Online (Online Shop) anda, aplikasi pihak ketiga yang menempel dengan Aplikasi ini akan mengambil riwayat laman yang anda kunjungi/transaksi perbankan/transaksi online (khusus untuk transaksi perbankan informasi yang diambil adalah transaksi perbankan anda selama 6 bulan terakhir) dan mengunduh informasi metadata berupa (a) informasi akun media sosial; (b) informasi akun perdagangan online; (c) informasi akun transaksi perbankan, termasuk (i) nama bank; (ii) negara bank; (iii) singkatan dari bank; (iv) nomor rekening bank; (v) kurs rekeing bank; (vi) IBAN bank; (vii) nama pemilik rekening bank; (viii) informasi pinjaman; (ix) informasi aliran keuangan; dan (x) informasi transaksi, dan memberikan HCID informasi tersebut dalam bentuk metadata. HCID hanya akan melihat tanggal dan nilai transaksi atas informasi tersebut dan tidak dapat melihat transaksi secara lengkap/detail. HCID (termasuk perwakilan dan petugasnya yang sah) tidak akan menyimpan nama pengguna/username dan kata sandi/password Media Sosial/Internet Banking/Perdagangan Online (Online Shop). Aplikasi pihak ketiga tidak akan menyimpan informasi tersebut ke dalam sistemnya. HCID akan menyimpan informasi yang diberikan oleh pihak ketiga ke dalam sistemnya, akan tetapi, anda berhak untuk meminta agar informasi tersebut dihapus dari sistem HCID dengan cara hubungi layanan konsumen HCID melalui email ke: care@homecredit.co.id dan meminta agar HCID menghapus informasi tersebut dari sistem HCID.
 
Kami akan menyimpan informasi pribadi anda dengan jangka waktu paling kurang 5 (lima) tahun sejak terakhir anda menjadi Pengguna. Dalam kurun waktu tersebut, Home Credit dapat memperbaharui data anda setiap bulannya, dengan penggunaan kapasitas data transfer tidak akan melebihi dari 3 MB setiap bulannya. Anda mengetahui bahwa aktivitas tersebut dapat menggunakan biaya internet data anda.
Kami tidak akan mengumpulkan hal-hal sebagai berikut: (i) segala Nomor Identifikasi Pribadi (PIN)/kata kunci (password) atau informasi lain untuk dapat mengkases ke akun anda, (ii) setiap konten dari: pesan, SMS, atau email, foto, jaringan sosial, komunikasi di aplikasi pesan (messanger app), dan/atau berkas lainnya dalam telepon selular anda.

Pengumpulan Data (Log Data)
Kami mengumpulkan informasi mengenai browsing history anda termasuk jam dan periode browsing anda, khususnya informasi yang browser atau sistem operasi anda kirimkan setiap kali anda mengunjungi Aplikasi (“Catatan Data” atau "Log Data"). Catatan Data ini dapat mencakup informasi seperti alamat Protokol Internet (Internet Protocol atau "IP"), versi dan tipe browser atau sistem operasi, aplikasi yang diinstal, waktu dan tanggal akses masuk anda ke dalam Aplikasi, sistem Global Positioning System (GPS), Nomor International Mobile Equipment Identity (IMEI), produksi telepon, model telepon, nomor seri telepon, penyedia data, informasi dalam memori disk, waktu yang dihabiskan dan statistik lainnya.

Pemberitahuan dan Pesan Pemasaran
Kami dapat menggunakan informasi pribadi anda untuk mengirimkan pesan-pesan pemasaran dan informasi terbaru mengenai status aplikasi pembiayaan anda dan informasi lainnya (termasuk setiap pemberitahuan yang dipersyaratkan oleh hukum, sebagai pengganti komunikasi dengan surat melalui pos). Jika anda tidak ingin menerima pesan-pesan tersebut sebagai pesan yang muncul (pop up) dalam Aplikasi, anda dapat memilih untuk tidak menerima pesan-pesan tersebut (opt out) dengan mematikan tombol untuk pesan dengan mengikuti petunjuk dalam Aplikasi, akan tetapi, anda akan tetap menerima pesan tersebut di dalam inbox. Jika anda berkomunikasi dengan kami melalui email, kami dapat mempertahankan/menyimpan isi dari pesan email anda, alamat email anda dan tanggapan kami.

Penyedia Layanan
Kami dapat menggunakan perusahaan-perusahaan dan individu-individu pihak ketiga untuk memfasilitasi layanan kami, untuk menyediakan layanan atas nama kami, untuk menjalankan layanan terkait layanan-layanan atau untuk membantu kami dalam menganalisis bagaimana layanan kami digunakan. Pihak ketiga tersebut memiliki akses ke Informasi Pribadi anda hanya untuk melaksanakan tugas-tugas tersebut atas nama kami dan berkewajiban untuk tidak mengungkapkan atau menggunakan Informasi Pribadi tersebut untuk tujuan lain.

Perubahan Kebijakan Privasi Ini
Kami dapat memperbaharui Kebijakan ini dari waktu ke waktu. Anda bertanggung jawab untuk memeriksa syarat dan ketentuan ini secara rutin untuk melihat apabila terdapat suatu perubahan. Keberlanjutan atas penggunaan Aplikasi ini oleh anda akan mengakibatkan anda menerima perubahan tersebut.
Apabila suatu bagian dari Kebijakan tidak dapat dipakai, maka bagian tersebut tidak mempengaruhi keabsahan dan keberlakuan ketentuan lainnya. Bagian yang tidak berlaku tersebut akan digantikan dengan ketentuan yang sah.
 
Hubungi Kami
Jika anda memiliki pertanyaan tentang Kebijakan ini, silahkan hubungi layanan pelanggan kami di: (021) 29539600.
 
Persetujuan Pengguna atas Informasi dan/atau Data Pribadi
Saya, sebagai Pengguna, dengan ini menyatakan dan menyetujui sebagai berikut:

  1. Home Credit dapat memperoleh dan mengumpulkan, dan saya secara sukarela telah menyerahkan informasi pribadi saya kepada Home Credit untuk keperluan permohonan dan terkait fasilitas pembiayaan yang saya terima, agar Home Credit dapat berkomunikasi dengan saya dan memberikan layanan terbaiknya selama pembiayaan berlangsung, serta mengolah dan menganalisis informasi pribadi saya untuk tujuan-tujuan sebagaimana diuraikan di bawah ini. Dalam memperoleh dan mengumpulkan informasi pribadi saya, Home Credit dapat memperolehnya dari saya sendiri dan dari Pihak Ketiga (sebagaimana diartikan dalam butir 2.(iii) di bawah ini);
  2. Penggunaan informasi pribadi untuk Pembiayaan Multiguna, Peningkatan layanan, Survey, Penelitian/Analises, Kerja Sama dan/atau Promosi dengan Pihak Ketiga
Saya telah memberikan wewenang dan kuasa penuh kepada Home Credit atau perwakilannya yang sah:
  1. Untuk mengolah dan menganalisis informasi pribadi saya untuk tujuan pemeriksaan dan verifikasi informasi pribadi saya, catatan-catatan biro kredit, referensi-referensi sehubungan dengan diri pribadi saya, untuk menilai dan memproses profil saya sehubungan dengan pembiayaan saya, dan untuk melakukan verifikasi dan analisis informasi pribadi saya dengan data dan informasi yang tersedia sah secara hukum sehubungan dengan layanan telekomunikasi dan telepon seluler saya, surat keterangan pajak saya, dan/atau data jaminan sosial saya;
  2. Untuk mengungkapkan dan mengirimkan informasi pribadi saya kepada Pihak Ketiga untuk keperluan pengolahan, mendapatkan data hasil olahan dan analisis sebagaimana diuraikan dalam butir 2.(i) di atas, untuk meningkatkan layanan komunikasi Home Credit dengan saya, untuk keperluan survey konsumen, untuk keperluan penelitian dan analisis pasar, untuk keperluan kerja sama dengan Pihak Ketiga sehubungan dengan produk tambahan, program bundling dan/atau promosi yang dipilih oleh saya, dan secara umum untuk meningkatkan layanan Home Credit kepada saya selaku konsumen dan yang diperbolehkan menurut peraturan perundang-undangan yang berlaku;
  3. Pihak Ketiga adalah setiap biro informasi kredit yang tersedia, pusat data identitas dari pihak ketiga mana pun yang tersedia sah secara hukum, lembaga keuangan mana pun, setiap otoritas pemerintah yang berwenang, setiap anggota grup Home Credit dan/atau setiap pihak ketiga lainnya, termasuk namun tidak terbatas pada perusahaan penyedia layanan telekomunikasi di Indonesia, mitra perusahaan asuransi, mitra perusahaan perbankan, mitra penyedia jasa, yang terikat secara resmi dan sah dengan Home Credit; dan
  4. Untuk menyimpan informasi pribadi saya berikut data hasil olahan dan analisisnya, baik secara langsung oleh Home Credit dan.atau oleh Pihak Ketiga, selama jangka waktu pembiayaan berlangsung dan setelah selesainya sebagaimana diatur dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku untuk penawaran pembiayaan di kemudian hari oleh Home Credit.

Apabila aplikasi untuk fasilitas pembiayaan saya termasuk, akan tetapi tidak terbatas pada, fasilitas pembiayaan multiguna, disetujui oleh Home Credit, saya menyadari sepenuhnya bahwa pembiayaan multiguna tersebut menjadi tanggung jawab penuh saya dan seluruh riwayat pembayaran saya berdasarkan perjanjian Pembiayaan Multiguna akan dilaporkan ke Otoritas Jasa Keuangan (“OJK”) dan/atau otoritas pemerintah terkait sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
 
© Hak Cipta 2019 PT Home Credit Indonesia

Footer Logo

PT Home Credit Indonesia merupakan perusahaan pembiayaan multiguna yang memberikan layanan pembiayaan bagi pelanggan yang berbelanja secara online maupun offline. Kami juga menyediakan pembiayaan multiguna bagi pelanggan setia kami agar mereka dapat memenuhi kebutuhan finansial mereka.

Kami hadir untuk menjadikan apa yang Anda inginkan dalam jangkauan dengan mengubah cara dunia berbelanja.

Anda Bisa!

Kantor Pusat:

PT Home Credit Indonesia

Plaza Oleos Lantai 8

Jl. TB Simatupang No. 53A

Jakarta Selatan 12520
E-mail: care@homecredit.co.id
Telepon: (+62) 21 295 39655
Fax: (+62) 21 227 80155
Back to Top