Rayakan Hari Literasi Keuangan Indonesia, Home Credit Indonesia Adakan Edukasi Literasi Keuangan dan Peluncuran Komik di Sekolah Aluna, Jakarta

30 November 2016

Aluna_edit-(1).jpg

JAKARTA, 30 NOVEMBER 2016 – Bertepatan dengan Hari Literasi Keuangan Indonesia, Home Credit Indonesia menggelar Pelatihan Literasi Keuangan di Sekolah Aluna, Kebagusan, Jakarta Selatan. Kegiatan ini diikuti oleh sekitar 300 orang partisipan yang yang terdiri dari orang tua murid serta para guru Sekolah Aluna.

Kegiatan ini merupakan salah satu upaya Home Credit Indonesia untuk meningkatkan kualitas literasi keuangan masyarakat yang lebih baik, dimana berdasarkan survei yang dilakukan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada 2013 bahwa 75% penduduk Indonesia masih belum memiliki pengetahuan yang cukup seputar produk dan layanan jasa keuangan.
Berdasarkan pada hal itu, Home Credit Indonesia meluncurkan Komik Literasi Keuangan bertajuk “Komik Beno & Bendi”. Andy Nahil Gultom, Chief External Affairs PT Home Credit Indonesia mengatakan, “Salah satu faktor penyebab banyaknya penduduk Indonesia yang tidak memahami literasi keuangan adalah karena kurangnya edukasi yang diterima. Oleh karena itu, selain memberikan edukasi Literasi Keuangan, di bulan November ini merupakan momen yang tepat untuk meresmikan Peluncuran Komik Literasi Keuangan.”

Andy melanjutkan, “Komik Literasi Keuangan ini merupakan bentuk komitmen kami secara umum dalam merangsang minat baca anak dan secara khusus meningkatkan pemahaman mengenai literasi keuangan kepada seluruh lapisan masyarakat tidak terkecuali anak-anak yang duduk dibangku sekolah dasar. Melalui kegiatan ini, Home Credit bisa membagikan pengalaman nyata bagi para orang tua murid, guru bahkan anak-anak untuk memahami dan membuat perencanaan keuangan pribadi mereka. ”

Komik terbaru dari Home Credit Indonesia yang berjudul “Beno & Bendi” ini, bertujuan untuk memberikan edukasi konsep dasar cerdas keuangan sejak dini kepada anak-anak dengan cara yang menyenangkan. Dengan adanya edukasi sejak dini, diharapkan anak-anak bisa belajar untuk mengatur keuangan mereka sehingga dapat selektif dan cermat dalam melakukan pengaturan keuangan untuk masa depan yang lebih baik.

Sekolah Aluna, sebagai sekolah pertama yang dikunjungi oleh Tim Financial Literacy Home Credit Indonesia dalam peluncuran komik “Beno & Bendi”, tidak terlepas dari keunikan Sekolah Aluna yang menerapkan metode inklusi, dimana metode tersebut memiliki pola pendidikan yang menyatukan anak-anak berkebutuhan khusus dengan anak-anak pada umumnya, guna mengikuti proses belajar-mengajar bersama.

Dengan total peserta sekitar 300 orang, Pelatihan Literasi Keuangan ini terbagi menjadi 3 sesi yang diikuti oleh para orang tua murid serta para guru. Sementara itu para siswa-siswi juga diajak untuk mewarnai dan juga mendengarkan cerita Komik Beno & Bendi tersebut, yang disampaikan dalam bentuk dongeng yang menarik dan inspiratif.
 
Peluncuran Komik Beno & Bendi menandakan bahwa Home Credit Indonesia akan secara aktif melakukan roadshow ke beberapa sekolah yang ada di  untuk memperkenalkan komik edukasi keuangan ini. Bagi sekolah yang ingin didatangi oleh Tim Financial Literacy, cukup kunjungi situs resmi Home Credit Indonesia (www.homecredit.co.id).

###

Tentang Home Credit Indonesia
Home Credit Indonesia merupakan perusahaan pembiayaan multiguna yang menyediakan pembiayaan di toko (pembiayaan non-tunai langsung di tempat) untuk Konsumen yang ingin membeli produk-produk seperti alat rumah tangga, alat-alat elektronik, handphone dan furnitur. Berdiri pada tahun 2013 dan saat ini telah melayani lebih dari 3,6 juta pelanggan, memiliki lebih dari 18.000 titik penjualan dan memperkerjakan sekitar 11.000 karyawan (data per 31 Desember 2018). Mitra kami saat ini adalah produsen dan peritel terkemuka diantaranya Erafone, Home Solution, Informa, Electronic City, IKEA, Oke Shop, Global Teleshop, Hypermart, Trans Hello, Lotte Mart, ACE Hardware, Gramedia dan lain sebagainya. Kami memberikan pelayanan yang mudah, sederhana dan cepat. Silakan kunjungi www.homecredit.co.id untuk berita terbaru dan informasi lebih mendalam mengenai Home Credit Indonesia. Likes Facebook Home Credit Indonesia dan ikuti halaman perusahaan kami di LinkedIn Home Credit Indonesia serta follow Instagram kami di @homecreditid


Tentang Home Credit
Home Credit B.V. (“HCBV”) adalah perusahaan induk yang berbasis di Belanda sebagai platform global Home Credit. Secara terpusat, HCBV mengelola strategi utama, teknologi, risiko, produk, dan pendanaan sembari beradaptasi dengan kebutuhan pasar lokal. HCBV menjadi spesialis keuangan untuk konsumen pasar negara berkembang yang beroperasi di (1) Eropa Tengah dan Timur termasuk Republik Ceko dan Slovakia; (2) Persemakmuran Negara-Negara Merdeka termasuk Rusia dan Kazakhstan; (3) China; dan (4) Asia Selatan dan Tenggara termasuk India, Indonesia, Vietnam, dan Filipina.
 
Didirikan pada tahun 1997, Home Credit berfokus pada pinjaman bertanggung jawab, khususnya untuk orang-orang dengan sedikit atau tanpa catatan kredit dan memiliki hak penuh untuk menjalankan bisnis di pasar terpilih. Home Credit mendorong dan memperluas inklusi keuangan dengan menyediakan pembiayaan kepada orang-orang yang kurang terlayani di mana pun dan kapan pun mereka butuhkan melalui jaringan distribusi omni-channel, sekaligus memberikan pengalaman pinjaman yang positif dan aman.
 
Sejauh ini HCBV melayani lebih dari 119,6 juta pelanggan melalui jaringan distribusi yang terdiri dari sekitar 426.900 titik penjualan, kantor pinjaman, cabang, kantor pos, dan ATM. Laba konsolidasi naik 80% dari tahun ke tahun menjadi EUR 571 juta sepanjang tahun 2018, didorong oleh pertumbuhan portofolio pinjaman tunai dan peningkatan hasil, didukung oleh skala dan efisiensi jaringan pinjaman dalam toko dan pinjaman online Home Credit yang luas. Kinerja HCBV terus bertahan selama Q1 2019 dengan laba konsolidasi sebesar EUR 155 juta. Total aset konsolidasi mencapai EUR 24.947 juta, sementara total ekuitas mencapai EUR 3.513 juta. Semua angka dalam Catatan untuk Editor ini adalah per 31 Maret 2019 kecuali terjadi perubahan. Informasi lebih lanjut tentang HCBV tersedia di 
www.homecredit.net.
 
100% pemegang saham HCBV adalah Home Credit Group B.V. (“HC Group”). HC Group adalah 91,12% anak perusahaan dari PPF Financial Holdings B.V. Saham minoritas (8,88%) di HC Group dipegang oleh EMMA OMEGA LTD, sebuah perusahaan induk investasi yang dimiliki oleh Mr. Jiří Šmejc. Informasi lebih lanjut tentang Emma Capital tersedia di www.emmacapital.cz.
 
PPF Financial Holdings adalah 100% anak perusahaan dari PPF Group N.V. (“PPF”). PPF berinvestasi ke berbagai segmen pasar seperti perbankan dan jasa keuangan, telekomunikasi, asuransi, real estate, pertambangan logam, pertanian, ritel, dan bioteknologi. Jangkauan PPF mencakup Eropa hingga Rusia, Amerika Serikat, dan di seluruh Asia. PPF memiliki aset sebesar EUR 34,5 miliar (per 31 Desember 2018). Informasi lebih lanjut tentang PPF tersedia di www.ppf.eu.
 

Informasi lebih lanjut silakan hubungi:  
Freya Pradieta Laksmono
VP Brand Strategy & Communications
PT. Home Credit Indonesia
Email: ms.info@homecredit.co.id
Phone: 021 29659655
Footer Logo

PT Home Credit Indonesia merupakan perusahaan pembiayaan multiguna yang memberikan layanan pembiayaan bagi pelanggan yang berbelanja secara online maupun offline. Kami juga menyediakan pembiayaan multiguna bagi pelanggan setia kami agar mereka dapat memenuhi kebutuhan finansial mereka.

Kami hadir untuk menjadikan apa yang Anda inginkan dalam jangkauan dengan mengubah cara dunia berbelanja.

Anda Bisa!

Kantor Pusat:

PT Home Credit Indonesia

Plaza Oleos Lantai 8

Jl. TB Simatupang No. 53A

Jakarta Selatan 12520
E-mail: care@homecredit.co.id
Telepon: (+62) 21 295 39655
Fax: (+62) 21 227 80155
Back to Top