Rayakan Hari Literasi Keuangan Indonesia, Home Credit Indonesia Adakan Edukasi Literasi Keuangan dan Peluncuran Komik di Sekolah Aluna, Jakarta

30 November 2016

Aluna_edit-(1).jpg

JAKARTA, 30 NOVEMBER 2016 – Bertepatan dengan Hari Literasi Keuangan Indonesia, Home Credit Indonesia menggelar Pelatihan Literasi Keuangan di Sekolah Aluna, Kebagusan, Jakarta Selatan. Kegiatan ini diikuti oleh sekitar 300 orang partisipan yang yang terdiri dari orang tua murid serta para guru Sekolah Aluna.

Kegiatan ini merupakan salah satu upaya Home Credit Indonesia untuk meningkatkan kualitas literasi keuangan masyarakat yang lebih baik, dimana berdasarkan survei yang dilakukan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada 2013 bahwa 75% penduduk Indonesia masih belum memiliki pengetahuan yang cukup seputar produk dan layanan jasa keuangan.
Berdasarkan pada hal itu, Home Credit Indonesia meluncurkan Komik Literasi Keuangan bertajuk “Komik Beno & Bendi”. Andy Nahil Gultom, Chief External Affairs PT Home Credit Indonesia mengatakan, “Salah satu faktor penyebab banyaknya penduduk Indonesia yang tidak memahami literasi keuangan adalah karena kurangnya edukasi yang diterima. Oleh karena itu, selain memberikan edukasi Literasi Keuangan, di bulan November ini merupakan momen yang tepat untuk meresmikan Peluncuran Komik Literasi Keuangan.”

Andy melanjutkan, “Komik Literasi Keuangan ini merupakan bentuk komitmen kami secara umum dalam merangsang minat baca anak dan secara khusus meningkatkan pemahaman mengenai literasi keuangan kepada seluruh lapisan masyarakat tidak terkecuali anak-anak yang duduk dibangku sekolah dasar. Melalui kegiatan ini, Home Credit bisa membagikan pengalaman nyata bagi para orang tua murid, guru bahkan anak-anak untuk memahami dan membuat perencanaan keuangan pribadi mereka. ”

Komik terbaru dari Home Credit Indonesia yang berjudul “Beno & Bendi” ini, bertujuan untuk memberikan edukasi konsep dasar cerdas keuangan sejak dini kepada anak-anak dengan cara yang menyenangkan. Dengan adanya edukasi sejak dini, diharapkan anak-anak bisa belajar untuk mengatur keuangan mereka sehingga dapat selektif dan cermat dalam melakukan pengaturan keuangan untuk masa depan yang lebih baik.

Sekolah Aluna, sebagai sekolah pertama yang dikunjungi oleh Tim Financial Literacy Home Credit Indonesia dalam peluncuran komik “Beno & Bendi”, tidak terlepas dari keunikan Sekolah Aluna yang menerapkan metode inklusi, dimana metode tersebut memiliki pola pendidikan yang menyatukan anak-anak berkebutuhan khusus dengan anak-anak pada umumnya, guna mengikuti proses belajar-mengajar bersama.

Dengan total peserta sekitar 300 orang, Pelatihan Literasi Keuangan ini terbagi menjadi 3 sesi yang diikuti oleh para orang tua murid serta para guru. Sementara itu para siswa-siswi juga diajak untuk mewarnai dan juga mendengarkan cerita Komik Beno & Bendi tersebut, yang disampaikan dalam bentuk dongeng yang menarik dan inspiratif.
 
Peluncuran Komik Beno & Bendi menandakan bahwa Home Credit Indonesia akan secara aktif melakukan roadshow ke beberapa sekolah yang ada di  untuk memperkenalkan komik edukasi keuangan ini. Bagi sekolah yang ingin didatangi oleh Tim Financial Literacy, cukup kunjungi situs resmi Home Credit Indonesia (www.homecredit.co.id).

###

Tentang Home Credit Indonesia
Home Credit Indonesia merupakan perusahaan pembiayaan multiguna yang menyediakan pembiayaan di toko (pembiayaan non-tunai langsung di tempat) untuk Konsumen yang ingin membeli produk-produk seperti alat rumah tangga, alat-alat elektronik, handphone dan furnitur. Berdiri pada tahun 2013 dan saat ini telah melayani lebih dari 3,6 juta pelanggan, memiliki lebih dari 18.000 titik penjualan dan memperkerjakan sekitar 11.000 karyawan (data per 31 Desember 2018). Mitra kami saat ini adalah produsen dan peritel terkemuka diantaranya Erafone, Home Solution, Informa, Electronic City, IKEA, Oke Shop, Global Teleshop, Hypermart, Trans Hello, Lotte Mart, ACE Hardware, Gramedia dan lain sebagainya. Kami memberikan pelayanan yang mudah, sederhana dan cepat. Silakan kunjungi www.homecredit.co.id untuk berita terbaru dan informasi lebih mendalam mengenai Home Credit Indonesia. Likes Facebook Home Credit Indonesia dan ikuti halaman perusahaan kami di LinkedIn Home Credit Indonesia serta follow Instagram kami di @homecreditid


Tentang Home Credit
Home Credit N.V. (“HCNV”) merupakan induk perusahaan dari bisnis Home Credit secara global, yang berkantor pusat di Belanda. Secara terpusat, HCNV mengelola strategi utama Home Credit, yang mencakup teknologi, manajemen risiko, produk dan pendanaan, sembari terus beradaptasi mengikuti kebutuhan pasar lokal. HCBV adalah spesialis di layanan pembiayaan konsumen di pasar negara berkembang (‘emerging market’). Saat ini HCBV hadir di berbagai negara di (1) Eropa Tengah dan Eropa Timur (termasuk di antaranya Republik Ceko dan Slovakia); (2) Persemakmuran Negara-negara Merdeka (termasuk di antaranya Russia dan Kazakhstan); (3) Tiongkok; serta (4) Asia Selatan dan Asia Tenggara (termasuk di antaranya India, Indonesia, Vietnam dan Filipina).

Didirikan pada tahun 1997, Home Credit menyediakan layanan pembiayaan yang aman dan bertanggungjawab (responsible financing) bagi masyarakat dengan riwayat kredit minim, atau bahkan bagi mereka yang tidak memiliki riwayat kredit sama sekali. Home Credit juga mengemban misi untuk meningkatkan inklusi keuangan di negara-negara tempat mereka beroperasi dengan menyediakan layanan pembiayaan bagi pelanggan yang membutuhkan, kapanpun dan dimanapun mereka berada, melalui jaringan distribusi omni-channel yang dimiliki. Dan pada akhirnya, memberikan pengalaman pelanggan yang positif dan aman selama mereka menggunakan layanan pembiayaan.

HCNV tercatat telah melayani lebih dari 123,7 juta pelanggan di berbagai titik distribusi, yang terdiri dari 453.539 point-of-sales (POS), kantor pembiayaan, kantor cabang, kantor pos, dan ATM. Total aset konsolidasi HCNV mencapai EUR 25,6 miliar. Semua angka yang terangkum di sini berdasarkan data hingga 30 Juni 2019, kecuali dinyatakan lain. Informasi lebih lanjut tentang HCNV dapat diakses di www.homecredit.net.
 
Pemegang saham tunggal dari HCNV adalah Home Credit Group B.V. (‘HCGBV’). Pada tahun 2019, HCBV memberikan sebagian kecil operasi non-inti, termasuk bisnisnya di Amerika Serikat, kepada HCGBV. Pengumuman ini disajikan seolah operasi kecil dan non-inti tersebut dimiliki oleh HCGBV pada 1 Januari 2018. 91,12% kepemilikan saham HCGBV dimiliki oleh PPF Financial Holdings B.V.


PPF Financial Holdings secara 100% merupakan anak perusahaan dari PPF Group N.V. (“PPF”). PPF melakukan investasi ke berbagai segmen pasar seperti perbankan dan jasa keuangan, telekomunikasi, asuransi, real estate, pertambangan logam, pertanian, ritel, dan bioteknologi. Jangkauan PPF mencakup wilayah Eropa hingga Russia, Amerika Serikat, dan juga Asia. PPF memiliki aset sebesar EUR 34,5 miliar (per 31 Desember 2018). Informasi lebih lanjut tentang PPF dapat diakses di www.ppf.eu

Kepemilikan minoritas (8,88%) dari Home Credit Group B.V. dimiliki oleh EMMA OMEGA LTD, sebuah perusahaan induk investasi yang dimiliki oleh Jiří Šmejc. Informasi lebih lanjut tentang Emma Capital dapat diakses di
 www.emmacapital.cz

Informasi lebih lanjut silakan hubungi:  
Freya Pradieta Laksmono
VP Brand Strategy & Communications
PT. Home Credit Indonesia
Email: ms.info@homecredit.co.id
Phone: 021 29659655
Footer Logo

PT Home Credit Indonesia merupakan perusahaan pembiayaan multiguna yang memberikan layanan pembiayaan bagi pelanggan yang berbelanja secara online maupun offline. Kami juga menyediakan pembiayaan multiguna bagi pelanggan setia kami agar mereka dapat memenuhi kebutuhan finansial mereka.

Kami hadir untuk menjadikan apa yang Anda inginkan dalam jangkauan dengan mengubah cara dunia berbelanja.

Anda Bisa!

Kantor Pusat:

PT Home Credit Indonesia

Plaza Oleos Lantai 8

Jl. TB Simatupang No. 53A

Jakarta Selatan 12520
E-mail: care@homecredit.co.id
Telepon: (+62) 21 295 39655
Fax: (+62) 21 227 80155
Back to Top