Lampaui Target, Home Credit Indonesia Umumkan Realisasi Pembiayaan 2017 Sekaligus Peluncuran Kampanye “Indonesia Bisa!”

06 Februari 2018

Jakarta, 6 Februari 2018 – Home Credit Indonesia, perusahaan pembiayaan multiguna internasional untuk barang-barang konsumsi tahan lama seperti handphone, gadget, barang elektronik dan peralatan rumah tangga, hari ini memaparkan hasil pencapaian di sepanjang tahun 2017. Perusahaan yang berasal dari Republik Ceko ini, berhasil melampaui target pembiayaan yang ditetapkan.
 
Jaroslav Gaisler, Chief Executive Officer PT Home Credit Indonesia atau yang kerap disapa Jarda mengatakan, “2017 merupakan tahun yang sangat berkesan bagi Home Credit Indonesia, di tengah persaingan di industri, kami berhasil mencatat pembiayaan lebih dari Rp 5,3 triliun, meningkat hampir tiga kali lipat dibanding total pembiayaan di tahun 2016 untuk periode yang sama dan hingga akhir 2017, kami telah melayani lebih dari 1,7 juta pelanggan di Indonesia.”
 
Jarda menambahkan bahwa Home Credit juga mampu menjaga kualitas pembiayaan dengan tetap menjaga risiko pembiayaan bermasalah di bawah batas yang ditetapkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). “Keberhasilan ini tentunya tidak luput dari kontribusi semua pihak yang terlibat. Pencapaian ini menandai perkembangan bisnis kami di Indonesia dan memotivasi kami untuk terus memberikan pelayanan yang terbaik bagi pelanggan guna mencapai tujuan strategis perusahaan. Untuk melayani kebutuhan konsumen kami yang semakin cepat, pada hari ini kami juga mengumumkan bahwa kami berkomitmen mempercepat waktu persetujuan. Sebelumnya, waktu yang dibutuhkan untuk mengetahui apakah permohonan aplikasi disetujui adalah 30 menit. Kini dalam 3 menit[1], pelanggan dapat mengetahui status permohonan pembiayaannya. Kami berharap pertumbuhan bisnis kami di tahun 2018 ini akan lebih baik lagi dari tahun sebelumnya,” ujarnya.
 
Andy Nahil Gultom, Chief External Affairs PT Home Credit Indonesia menambahkan bahwa perkembangan bisnis Home Credit juga ditandai dengan hadirnya layanan Home Credit di hampir seluruh Indonesia. “Tren bisnis, ekonomi dan teknologi informasi di Indonesia terus mengalami perubahan yang dinamis. Menanggapi kondisi tersebut, bisnis kami saat ini telah mencakup 90% penduduk perkotaan yang tersebar di 85 kota dengan lebih dari 11.800 titik penjualan. Tidak hanya itu saja, sebagai perusahaan pembiayaan yang menggunakan teknologi canggih dan jangkauan global, kami siap menghadapi era financial technology (fintech) dengan menyediakan layanan pembiayaan online. Seiring dengan penetrasi internet yang semakin berkembang pula, kami berharap akan pertumbuhan yang lebih baik lagi dari sisi konsumen, sehingga kami dapat memenuhi kebutuhan para pelanggan kami,” jelasnya.
 
Bertepatan dengan perayaan 5 tahun kehadiran Home Credit di Indonesia, selain mengumumkan pencapaian bisnis di tahun 2017, hari ini Home Credit juga resmi meluncurkan Kampanye bertajuk “Indonesia Bisa!”. Sebuah kampanye yang berangkat dari kisah inspiratif para konsumen Home Credit yang berani melakukan perubahan untuk membuat hidup mereka lebih berarti. Lewat Kampanye ini, Home Credit ingin mengajak lebih banyak masyarakat Indonesia untuk berani memberdayakan diri. Kampanye ini juga menandakan kesiapan Home Credit untuk mendukung seluruh masyarakat Indonesia dalam mewujudkan cita dan asanya dengan memberikan akses pembiayaan yang mudah, cepat, praktis dan bertanggung jawab untuk dapat membantu mereka memiliki barang-barang impian.
 
Pada malam selebrasi hari jadinya yang ke 5, Home Credit Indonesia menghadirkan 2 sosok inspiratif yang sudah cukup dikenal di tanah air yaitu Achmad Zulkarnain, fotografer difabel dan Henry Jufri, seorang developer aplikasi Android, yang sebelumnya bekerja sebagai kuli panggul di pelabuhan.   Andy menuturkan, “Kami mengundang 2 sosok inspiratif ke malam selebrasi ini dengan tujuan untuk menguatkan pesan dari kampanye “Indonesia Bisa!” yang bertujuan untuk menginspirasi masyarakat untuk berani menggapai mimpi dan harapan mereka terlepas dari keterbatasan yang dimiliki.”
 
“Banyak masyarakat di luar sana yang memiliki ide dan kemampuan luar biasa namun terhalang oleh faktor ekonomi, disinilah kami hadir untuk menyediakan pembiayaan multiguna yang mudah, cepat dan bertanggungjawab yang memungkinkan akses terhadap barang-barang impian, yang bisa dimanfaatkan untuk berkarya, menjadi lebih terjangkau,” tutup Andy.
 
Home Credit terus berupaya memberikan pelayanan terbaik bagi para pelanggan dengan menawarkan program menarik. Baru-baru ini Home Credit berkolaborasi dengan e-commerce ternama di Indonesia yaitu Blibli.com dalam menyediakan fasilitas pembiayaan online. Hal ini merupakan upaya yang ditempuh perusahaan untuk memberikan layanan pembiayaan yang lebih dekat dan sesuai dengan kebutuhan konsumen. Selain itu guna mendukung upaya OJK dalam meningkatkan pemahaman dan pengetahuan literasi kepada masyarakat Indonesia, Home Credit di tahun 2017 telah berhasil mengedukasi secara langsung 2.443 orang di Indonesia dengan total 20 kelas, diantaranya di Surabaya, Yogyakarta, Medan, Makassar, Palembang, Cirebon, dan tentunya Jabodetabek. Kampanye Nasional Literasi Keuangan ini akan dilanjutkan di tahun 2018.
 
[1] ) Waktu yang dibutuhkan untuk mengetahui status permohonan, sejak aplikasi permohonan terisi lengkap dan diproses oleh Sales Agent

###

Tentang Home Credit Indonesia
Home Credit Indonesia merupakan perusahaan pembiayaan multiguna yang menyediakan pembiayaan di toko (pembiayaan non-tunai langsung di tempat) untuk Konsumen yang ingin membeli produk-produk seperti alat rumah tangga, alat-alat elektronik, handphone dan furnitur. Berdiri pada tahun 2013 dan saat ini telah melayani lebih dari 3,6 juta pelanggan, memiliki lebih dari 18.000 titik penjualan dan memperkerjakan sekitar 11.000 karyawan (data per 31 Desember 2018). Mitra kami saat ini adalah produsen dan peritel terkemuka diantaranya Erafone, Home Solution, Informa, Electronic City, IKEA, Oke Shop, Global Teleshop, Hypermart, Trans Hello, Lotte Mart, ACE Hardware, Gramedia dan lain sebagainya. Kami memberikan pelayanan yang mudah, sederhana dan cepat. Silakan kunjungi www.homecredit.co.id untuk berita terbaru dan informasi lebih mendalam mengenai Home Credit Indonesia. Likes Facebook Home Credit Indonesia dan ikuti halaman perusahaan kami di LinkedIn Home Credit Indonesia serta follow Instagram kami di @homecreditid


Tentang Home Credit
Home Credit B.V. (“HCBV”) adalah perusahaan induk yang berbasis di Belanda sebagai platform global Home Credit. Secara terpusat, HCBV mengelola strategi utama, teknologi, risiko, produk, dan pendanaan sembari beradaptasi dengan kebutuhan pasar lokal. HCBV menjadi spesialis keuangan untuk konsumen pasar negara berkembang yang beroperasi di (1) Eropa Tengah dan Timur termasuk Republik Ceko dan Slovakia; (2) Persemakmuran Negara-Negara Merdeka termasuk Rusia dan Kazakhstan; (3) China; dan (4) Asia Selatan dan Tenggara termasuk India, Indonesia, Vietnam, dan Filipina.
 
Didirikan pada tahun 1997, Home Credit berfokus pada pinjaman bertanggung jawab, khususnya untuk orang-orang dengan sedikit atau tanpa catatan kredit dan memiliki hak penuh untuk menjalankan bisnis di pasar terpilih. Home Credit mendorong dan memperluas inklusi keuangan dengan menyediakan pembiayaan kepada orang-orang yang kurang terlayani di mana pun dan kapan pun mereka butuhkan melalui jaringan distribusi omni-channel, sekaligus memberikan pengalaman pinjaman yang positif dan aman.
 
Sejauh ini HCBV melayani lebih dari 119,6 juta pelanggan melalui jaringan distribusi yang terdiri dari sekitar 426.900 titik penjualan, kantor pinjaman, cabang, kantor pos, dan ATM. Laba konsolidasi naik 80% dari tahun ke tahun menjadi EUR 571 juta sepanjang tahun 2018, didorong oleh pertumbuhan portofolio pinjaman tunai dan peningkatan hasil, didukung oleh skala dan efisiensi jaringan pinjaman dalam toko dan pinjaman online Home Credit yang luas. Kinerja HCBV terus bertahan selama Q1 2019 dengan laba konsolidasi sebesar EUR 155 juta. Total aset konsolidasi mencapai EUR 24.947 juta, sementara total ekuitas mencapai EUR 3.513 juta. Semua angka dalam Catatan untuk Editor ini adalah per 31 Maret 2019 kecuali terjadi perubahan. Informasi lebih lanjut tentang HCBV tersedia di 
www.homecredit.net.
 
100% pemegang saham HCBV adalah Home Credit Group B.V. (“HC Group”). HC Group adalah 91,12% anak perusahaan dari PPF Financial Holdings B.V. Saham minoritas (8,88%) di HC Group dipegang oleh EMMA OMEGA LTD, sebuah perusahaan induk investasi yang dimiliki oleh Mr. Jiří Šmejc. Informasi lebih lanjut tentang Emma Capital tersedia di www.emmacapital.cz.
 
PPF Financial Holdings adalah 100% anak perusahaan dari PPF Group N.V. (“PPF”). PPF berinvestasi ke berbagai segmen pasar seperti perbankan dan jasa keuangan, telekomunikasi, asuransi, real estate, pertambangan logam, pertanian, ritel, dan bioteknologi. Jangkauan PPF mencakup Eropa hingga Rusia, Amerika Serikat, dan di seluruh Asia. PPF memiliki aset sebesar EUR 34,5 miliar (per 31 Desember 2018). Informasi lebih lanjut tentang PPF tersedia di www.ppf.eu.
 

Informasi lebih lanjut silakan hubungi:  
Freya Pradieta Laksmono
VP Brand Strategy & Communications
PT. Home Credit Indonesia
Email: ms.info@homecredit.co.id
Phone: 021 29659655
Footer Logo

PT Home Credit Indonesia merupakan perusahaan pembiayaan multiguna yang memberikan layanan pembiayaan bagi pelanggan yang berbelanja secara online maupun offline. Kami juga menyediakan pembiayaan multiguna bagi pelanggan setia kami agar mereka dapat memenuhi kebutuhan finansial mereka.

Kami hadir untuk menjadikan apa yang Anda inginkan dalam jangkauan dengan mengubah cara dunia berbelanja.

Anda Bisa!

Kantor Pusat:

PT Home Credit Indonesia

Plaza Oleos Lantai 8

Jl. TB Simatupang No. 53A

Jakarta Selatan 12520
E-mail: care@homecredit.co.id
Telepon: (+62) 21 295 39655
Fax: (+62) 21 227 80155
Back to Top