Lampaui Target, Home Credit Indonesia Umumkan Realisasi Pembiayaan 2017 Sekaligus Peluncuran Kampanye “Indonesia Bisa!”

06 Februari 2018

Jakarta, 6 Februari 2018 – Home Credit Indonesia, perusahaan pembiayaan multiguna internasional untuk barang-barang konsumsi tahan lama seperti handphone, gadget, barang elektronik dan peralatan rumah tangga, hari ini memaparkan hasil pencapaian di sepanjang tahun 2017. Perusahaan yang berasal dari Republik Ceko ini, berhasil melampaui target pembiayaan yang ditetapkan.
 
Jaroslav Gaisler, Chief Executive Officer PT Home Credit Indonesia atau yang kerap disapa Jarda mengatakan, “2017 merupakan tahun yang sangat berkesan bagi Home Credit Indonesia, di tengah persaingan di industri, kami berhasil mencatat pembiayaan lebih dari Rp 5,3 triliun, meningkat hampir tiga kali lipat dibanding total pembiayaan di tahun 2016 untuk periode yang sama dan hingga akhir 2017, kami telah melayani lebih dari 1,7 juta pelanggan di Indonesia.”
 
Jarda menambahkan bahwa Home Credit juga mampu menjaga kualitas pembiayaan dengan tetap menjaga risiko pembiayaan bermasalah di bawah batas yang ditetapkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). “Keberhasilan ini tentunya tidak luput dari kontribusi semua pihak yang terlibat. Pencapaian ini menandai perkembangan bisnis kami di Indonesia dan memotivasi kami untuk terus memberikan pelayanan yang terbaik bagi pelanggan guna mencapai tujuan strategis perusahaan. Untuk melayani kebutuhan konsumen kami yang semakin cepat, pada hari ini kami juga mengumumkan bahwa kami berkomitmen mempercepat waktu persetujuan. Sebelumnya, waktu yang dibutuhkan untuk mengetahui apakah permohonan aplikasi disetujui adalah 30 menit. Kini dalam 3 menit[1], pelanggan dapat mengetahui status permohonan pembiayaannya. Kami berharap pertumbuhan bisnis kami di tahun 2018 ini akan lebih baik lagi dari tahun sebelumnya,” ujarnya.
 
Andy Nahil Gultom, Chief External Affairs PT Home Credit Indonesia menambahkan bahwa perkembangan bisnis Home Credit juga ditandai dengan hadirnya layanan Home Credit di hampir seluruh Indonesia. “Tren bisnis, ekonomi dan teknologi informasi di Indonesia terus mengalami perubahan yang dinamis. Menanggapi kondisi tersebut, bisnis kami saat ini telah mencakup 90% penduduk perkotaan yang tersebar di 85 kota dengan lebih dari 11.800 titik penjualan. Tidak hanya itu saja, sebagai perusahaan pembiayaan yang menggunakan teknologi canggih dan jangkauan global, kami siap menghadapi era financial technology (fintech) dengan menyediakan layanan pembiayaan online. Seiring dengan penetrasi internet yang semakin berkembang pula, kami berharap akan pertumbuhan yang lebih baik lagi dari sisi konsumen, sehingga kami dapat memenuhi kebutuhan para pelanggan kami,” jelasnya.
 
Bertepatan dengan perayaan 5 tahun kehadiran Home Credit di Indonesia, selain mengumumkan pencapaian bisnis di tahun 2017, hari ini Home Credit juga resmi meluncurkan Kampanye bertajuk “Indonesia Bisa!”. Sebuah kampanye yang berangkat dari kisah inspiratif para konsumen Home Credit yang berani melakukan perubahan untuk membuat hidup mereka lebih berarti. Lewat Kampanye ini, Home Credit ingin mengajak lebih banyak masyarakat Indonesia untuk berani memberdayakan diri. Kampanye ini juga menandakan kesiapan Home Credit untuk mendukung seluruh masyarakat Indonesia dalam mewujudkan cita dan asanya dengan memberikan akses pembiayaan yang mudah, cepat, praktis dan bertanggung jawab untuk dapat membantu mereka memiliki barang-barang impian.
 
Pada malam selebrasi hari jadinya yang ke 5, Home Credit Indonesia menghadirkan 2 sosok inspiratif yang sudah cukup dikenal di tanah air yaitu Achmad Zulkarnain, fotografer difabel dan Henry Jufri, seorang developer aplikasi Android, yang sebelumnya bekerja sebagai kuli panggul di pelabuhan.   Andy menuturkan, “Kami mengundang 2 sosok inspiratif ke malam selebrasi ini dengan tujuan untuk menguatkan pesan dari kampanye “Indonesia Bisa!” yang bertujuan untuk menginspirasi masyarakat untuk berani menggapai mimpi dan harapan mereka terlepas dari keterbatasan yang dimiliki.”
 
“Banyak masyarakat di luar sana yang memiliki ide dan kemampuan luar biasa namun terhalang oleh faktor ekonomi, disinilah kami hadir untuk menyediakan pembiayaan multiguna yang mudah, cepat dan bertanggungjawab yang memungkinkan akses terhadap barang-barang impian, yang bisa dimanfaatkan untuk berkarya, menjadi lebih terjangkau,” tutup Andy.
 
Home Credit terus berupaya memberikan pelayanan terbaik bagi para pelanggan dengan menawarkan program menarik. Baru-baru ini Home Credit berkolaborasi dengan e-commerce ternama di Indonesia yaitu Blibli.com dalam menyediakan fasilitas pembiayaan online. Hal ini merupakan upaya yang ditempuh perusahaan untuk memberikan layanan pembiayaan yang lebih dekat dan sesuai dengan kebutuhan konsumen. Selain itu guna mendukung upaya OJK dalam meningkatkan pemahaman dan pengetahuan literasi kepada masyarakat Indonesia, Home Credit di tahun 2017 telah berhasil mengedukasi secara langsung 2.443 orang di Indonesia dengan total 20 kelas, diantaranya di Surabaya, Yogyakarta, Medan, Makassar, Palembang, Cirebon, dan tentunya Jabodetabek. Kampanye Nasional Literasi Keuangan ini akan dilanjutkan di tahun 2018.
 
[1] ) Waktu yang dibutuhkan untuk mengetahui status permohonan, sejak aplikasi permohonan terisi lengkap dan diproses oleh Sales Agent

###

Tentang Home Credit Indonesia
Home Credit Indonesia merupakan perusahaan pembiayaan multiguna yang menyediakan pembiayaan di toko (pembiayaan non-tunai langsung di tempat) untuk Konsumen yang ingin membeli produk-produk seperti alat rumah tangga, alat-alat elektronik, handphone dan furnitur. Berdiri pada tahun 2013 dan saat ini telah melayani lebih dari 3,6 juta pelanggan, memiliki lebih dari 18.000 titik penjualan dan memperkerjakan sekitar 11.000 karyawan (data per 31 Desember 2018). Mitra kami saat ini adalah produsen dan peritel terkemuka diantaranya Erafone, Home Solution, Informa, Electronic City, IKEA, Oke Shop, Global Teleshop, Hypermart, Trans Hello, Lotte Mart, ACE Hardware, Gramedia dan lain sebagainya. Kami memberikan pelayanan yang mudah, sederhana dan cepat. Silakan kunjungi www.homecredit.co.id untuk berita terbaru dan informasi lebih mendalam mengenai Home Credit Indonesia. Likes Facebook Home Credit Indonesia dan ikuti halaman perusahaan kami di LinkedIn Home Credit Indonesia serta follow Instagram kami di @homecreditid


Tentang Home Credit
Home Credit N.V. (“HCNV”) merupakan induk perusahaan dari bisnis Home Credit secara global, yang berkantor pusat di Belanda. Secara terpusat, HCNV mengelola strategi utama Home Credit, yang mencakup teknologi, manajemen risiko, produk dan pendanaan, sembari terus beradaptasi mengikuti kebutuhan pasar lokal. HCBV adalah spesialis di layanan pembiayaan konsumen di pasar negara berkembang (‘emerging market’). Saat ini HCBV hadir di berbagai negara di (1) Eropa Tengah dan Eropa Timur (termasuk di antaranya Republik Ceko dan Slovakia); (2) Persemakmuran Negara-negara Merdeka (termasuk di antaranya Russia dan Kazakhstan); (3) Tiongkok; serta (4) Asia Selatan dan Asia Tenggara (termasuk di antaranya India, Indonesia, Vietnam dan Filipina).

Didirikan pada tahun 1997, Home Credit menyediakan layanan pembiayaan yang aman dan bertanggungjawab (responsible financing) bagi masyarakat dengan riwayat kredit minim, atau bahkan bagi mereka yang tidak memiliki riwayat kredit sama sekali. Home Credit juga mengemban misi untuk meningkatkan inklusi keuangan di negara-negara tempat mereka beroperasi dengan menyediakan layanan pembiayaan bagi pelanggan yang membutuhkan, kapanpun dan dimanapun mereka berada, melalui jaringan distribusi omni-channel yang dimiliki. Dan pada akhirnya, memberikan pengalaman pelanggan yang positif dan aman selama mereka menggunakan layanan pembiayaan.

HCNV tercatat telah melayani lebih dari 123,7 juta pelanggan di berbagai titik distribusi, yang terdiri dari 453.539 point-of-sales (POS), kantor pembiayaan, kantor cabang, kantor pos, dan ATM. Total aset konsolidasi HCNV mencapai EUR 25,6 miliar. Semua angka yang terangkum di sini berdasarkan data hingga 30 Juni 2019, kecuali dinyatakan lain. Informasi lebih lanjut tentang HCNV dapat diakses di www.homecredit.net.
 
Pemegang saham tunggal dari HCNV adalah Home Credit Group B.V. (‘HCGBV’). Pada tahun 2019, HCBV memberikan sebagian kecil operasi non-inti, termasuk bisnisnya di Amerika Serikat, kepada HCGBV. Pengumuman ini disajikan seolah operasi kecil dan non-inti tersebut dimiliki oleh HCGBV pada 1 Januari 2018. 91,12% kepemilikan saham HCGBV dimiliki oleh PPF Financial Holdings B.V.


PPF Financial Holdings secara 100% merupakan anak perusahaan dari PPF Group N.V. (“PPF”). PPF melakukan investasi ke berbagai segmen pasar seperti perbankan dan jasa keuangan, telekomunikasi, asuransi, real estate, pertambangan logam, pertanian, ritel, dan bioteknologi. Jangkauan PPF mencakup wilayah Eropa hingga Russia, Amerika Serikat, dan juga Asia. PPF memiliki aset sebesar EUR 34,5 miliar (per 31 Desember 2018). Informasi lebih lanjut tentang PPF dapat diakses di www.ppf.eu

Kepemilikan minoritas (8,88%) dari Home Credit Group B.V. dimiliki oleh EMMA OMEGA LTD, sebuah perusahaan induk investasi yang dimiliki oleh Jiří Šmejc. Informasi lebih lanjut tentang Emma Capital dapat diakses di
 www.emmacapital.cz

Informasi lebih lanjut silakan hubungi:  
Freya Pradieta Laksmono
VP Brand Strategy & Communications
PT. Home Credit Indonesia
Email: ms.info@homecredit.co.id
Phone: 021 29659655
Footer Logo

PT Home Credit Indonesia merupakan perusahaan pembiayaan multiguna yang memberikan layanan pembiayaan bagi pelanggan yang berbelanja secara online maupun offline. Kami juga menyediakan pembiayaan multiguna bagi pelanggan setia kami agar mereka dapat memenuhi kebutuhan finansial mereka.

Kami hadir untuk menjadikan apa yang Anda inginkan dalam jangkauan dengan mengubah cara dunia berbelanja.

Anda Bisa!

Kantor Pusat:

PT Home Credit Indonesia

Plaza Oleos Lantai 8

Jl. TB Simatupang No. 53A

Jakarta Selatan 12520
E-mail: care@homecredit.co.id
Telepon: (+62) 21 295 39655
Fax: (+62) 21 227 80155
Back to Top