Home Credit Indonesia Tutup Tahun 2018 Dengan Pencapaian Gemilang

14 Januari 2019

Jakarta, 14 Januari 2019 – Mengawali tahun 2019, PT Home Credit Indonesia hari ini mengumumkan pencapaian bisnis 2018 dengan hasil yang gemilang. Meskipun revolusi digital mengubah wajah semua industri di hampir seluruh Negara, namun Home Credit sebagai perusahaan pembiayaan multiguna berbasis teknologi global yang muktahir, berhasil mencatat pembiayaan lebih dari Rp 9,5 triliun di sepanjang tahun 2018.
 
Jaroslav Gaisler, CEO Home Credit Indonesia yang kerap disapa Jarda memaparkan, “Peningkatan kinerja yang kami lakukan di tahun 2018 akhirnya membuahkan hasil yang baik dan positif. Total pembiayaan di tahun 2018 ini meningkat hampir 2x lipat pada periode yang sama. Kami telah melayani lebih dari 3,6 juta pelanggan di Indonesia. Kami juga berhasil mencetak tenaga kerja berkualitas dengan total karyawan lebih dari 11.000 orang di seluruh Indonesia. Bukan hanya itu, kami juga mampu mengelola kualitas pembiayaan dengan tetap menjaga risiko pembiayaan bermasalah di bawah batas yang ditetapkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).”
 
Jarda mengatakan bahwa keberhasilan ini juga merupakan kontribusi dan dukungan dari semua pihak yang terlibat. “Pencapaian ini menandai perkembangan bisnis Home Credit di Indonesia. Bercermin pada pencapaian di tahun 2018, kami optimis di tahun 2019 kinerja Home Credit akan lebih baik lagi. Sejak 2017 lalu kami mengubah brand, kami terus fokus menjalankan visi perusahaan untuk mengubah cara dunia berbelanja dengan memberikan pengalaman belanja yang mudah dan instan. Selain itu, kami akan terus memberikan pelayanan yang terbaik bagi para pelanggan kami di seluruh Indonesia” tambahnya.
 
Revolusi digital secara fundamental mengubah banyak hal mulai dari cara hidup, cara kerja bahkan cara berinteraksi satu sama lain. Menyikapi hal tersebut, Home Credit terus berupaya dan melakukan inovasi di 2018, salah satunya adalah meningkatkan proses underwriting guna mempermudah perusahaan membuat keputusan yang tepat dan bijak demi kelangsungan bisnis.
 
“Kami juga sudah menerapkan sistem paperless dimana proses administratif aplikasi pembiayaan sudah tidak lagi menggunakan kertas. Kami juga menerapkan inovasi baru yaitu POS Online dimana agen penjual kami tidak perlu berada di gerai mitra sehingga pengisian aplikasi pembiayaan pelanggan cukup dilakukan melalui aplikasi My Home Credit dengan dibantu staf gerai mitra kami,” ujar Jarda.
 
Untuk melayani pelanggan yang semakin tumbuh cepat, Home Credit juga telah mengurangi waktu proses keputusan dari 30 menit menjadi sekitar 3 menit.
 
Inovasi tidak berhenti sampai di situ saja. Tahun 2019 ini, berbagai strategi untuk terus memperbaiki kinerja di tahun 2018 telah disiapkan. Salah satunya adalah Home Credit berupaya untuk terus berupaya meningkatkan proses underwriting dan memberikan kualitas pelayanan yang baik. Home Credit juga akan semakin fokus mengembangkan layanan pembiayaan online dan terus mencari peluang untuk bermitra dengan perusahaan e-commerce terkemuka di Indonesia.
 
Selain mengumumkan pencapaian bisnis 2018, hari ini Home Credit juga resmi meluncurkan Home Credit Journalistic Award 2019. Sebuah program apresiasi bagi para wartawan di seluruh Indonesia.
 
Pada kesempatan yang sama, Andy Nahil Gultom, Chief External Affairs Home Credit Indonesia menjelaskan, “Sejak pertama kali beroperasi 6 tahun lalu, Home Credit dan media selalu saling bahu-membahu dan saling mendukung dalam memberikan informasi dan berita yang akurat, informatif dan bermanfaat kepada masyarakat. Program apresiasi seperti ini pertama kali kami lakukan di tahun 2016. Namun 2019 ini, kami ingin menghadirkan sesuatu yang lebih besar dan berkesinambungan guna menjangkau lebih banyak wartawan dan akan dijadikan sebagai program tahunan. Program ini diharapkan mendorong profesionalisme para wartawan dalam menyajikan informasi yang berdasarkan fakta dan data dengan proporsi yang seimbang.”
 
Periode Program Home Credit Journalistic Award 2019 berlangsung selama 10 bulan sejak 14 Januari 2019 sampai dengan 25 Oktober 2019. Informasi lebih lanjut dapat mengunjungi situs resmi Program ini di www.homecredit.co.id/journalisticaward2019
 

###

Tentang Home Credit Indonesia
Home Credit Indonesia merupakan perusahaan pembiayaan multiguna yang menyediakan pembiayaan di toko (pembiayaan non-tunai langsung di tempat) untuk Konsumen yang ingin membeli produk-produk seperti alat rumah tangga, alat-alat elektronik, handphone dan furnitur. Berdiri pada tahun 2013 dan saat ini telah melayani lebih dari 900.000 pelanggan, memiliki lebih dari 5.500 titik penjualan dan memperkerjakan lebih dari 5.500 karyawan (data per 30 April 2017). Mitra kami saat ini adalah produsen dan peritel terkemuka diantaranya Erafone, Electronic Solution, Home Solution, Informa, Electronic City, IKEA, Oke Shop, Global Teleshop, Hypermart, Trans Hello, Lotte Mart, ACE Hardware, Gramedia dan lain sebagainya. Kami memberikan pelayanan yang mudah, sederhana dan cepat. Silakan kunjungi www.homecredit.co.id untuk berita terbaru dan informasi lebih mendalam mengenai Home Credit Indonesia. Likes Facebook Home Credit Indonesia dan ikuti halaman perusahaan kami di LinkedIn Home Credit Indonesia serta follow Instagram kami di @homecreditid

Tentang Home Credit
Home Credit B.V. (“HCBV”) adalah perusahaan induk yang berbasis di Belanda sebagai platform global Home Credit. Secara terpusat, HCBV mengelola strategi utama, teknologi, risiko, produk, dan pendanaan sembari beradaptasi dengan kebutuhan pasar lokal. HCBV menjadi spesialis keuangan untuk konsumen pasar negara berkembang yang beroperasi di (1) Eropa Tengah dan Timur termasuk Republik Ceko dan Slovakia; (2) Persemakmuran Negara-Negara Merdeka termasuk Rusia dan Kazakhstan; (3) China; dan (4) Asia Selatan dan Tenggara termasuk India, Indonesia, Vietnam, dan Filipina.
 
Didirikan pada tahun 1997, Home Credit berfokus pada pinjaman bertanggung jawab, khususnya untuk orang-orang dengan sedikit atau tanpa catatan kredit dan memiliki hak penuh untuk menjalankan bisnis di pasar terpilih. Home Credit mendorong dan memperluas inklusi keuangan dengan menyediakan pembiayaan kepada orang-orang yang kurang terlayani di mana pun dan kapan pun mereka butuhkan melalui jaringan distribusi omni-channel, sekaligus memberikan pengalaman pinjaman yang positif dan aman.
 
Sejauh ini HCBV melayani lebih dari 119,6 juta pelanggan melalui jaringan distribusi yang terdiri dari sekitar 426.900 titik penjualan, kantor pinjaman, cabang, kantor pos, dan ATM. Laba konsolidasi naik 80% dari tahun ke tahun menjadi EUR 571 juta sepanjang tahun 2018, didorong oleh pertumbuhan portofolio pinjaman tunai dan peningkatan hasil, didukung oleh skala dan efisiensi jaringan pinjaman dalam toko dan pinjaman online Home Credit yang luas. Kinerja HCBV terus bertahan selama Q1 2019 dengan laba konsolidasi sebesar EUR 155 juta. Total aset konsolidasi mencapai EUR 24.947 juta, sementara total ekuitas mencapai EUR 3.513 juta. Semua angka dalam Catatan untuk Editor ini adalah per 31 Maret 2019 kecuali terjadi perubahan. Informasi lebih lanjut tentang HCBV tersedia di www.homecredit.net.
 
100% pemegang saham HCBV adalah Home Credit Group B.V. (“HC Group”). HC Group adalah 91,12% anak perusahaan dari PPF Financial Holdings B.V. Saham minoritas (8,88%) di HC Group dipegang oleh EMMA OMEGA LTD, sebuah perusahaan induk investasi yang dimiliki oleh Mr. Jiří Šmejc. Informasi lebih lanjut tentang Emma Capital tersedia di www.emmacapital.cz.
 
PPF Financial Holdings adalah 100% anak perusahaan dari PPF Group N.V. (“PPF”). PPF berinvestasi ke berbagai segmen pasar seperti perbankan dan jasa keuangan, telekomunikasi, asuransi, real estate, pertambangan logam, pertanian, ritel, dan bioteknologi. Jangkauan PPF mencakup Eropa hingga Rusia, Amerika Serikat, dan di seluruh Asia. PPF memiliki aset sebesar EUR 34,5 miliar (per 31 Desember 2018). Informasi lebih lanjut tentang PPF tersedia di www.ppf.eu
 

Informasi lebih lanjut silakan hubungi:  
Andina Rosfieta
PR & Communications Manager
PT Home Credit Indonesia
Phone: +62 21 2953 9655 ext. 80630
Email: ea.info@homecredit.co.id 
Footer Logo

PT Home Credit Indonesia merupakan perusahaan pembiayaan multiguna yang memberikan layanan pembiayaan bagi pelanggan yang berbelanja secara online maupun offline. Kami juga menyediakan pembiayaan multiguna bagi pelanggan setia kami agar mereka dapat memenuhi kebutuhan finansial mereka.

Kami hadir untuk menjadikan apa yang Anda inginkan dalam jangkauan dengan mengubah cara dunia berbelanja.

Anda Bisa!

Kantor Pusat:

PT Home Credit Indonesia

Plaza Oleos Lantai 8

Jl. TB Simatupang No. 53A

Jakarta Selatan 12520
E-mail: care@homecredit.co.id
Telepon: (+62) 21 295 39655
Fax: (+62) 21 227 80155
Back to Top