Home Credit Tingkatkan Edukasi #DoITCERDAS Kepada Generasi Milenial Untuk Berwirausaha Di Era Keuangan Digital

22 November 2018

Home Credit berinovasi di era digital untuk Program Literasi Keuangan #DoITCERDAS secara online

 
Jakarta, 22 November 2018 – Generasi milenial saat ini sedang banyak diperbincangkan oleh semua orang, karena generasi ini diprediksi akan memegang peranan penting 10 hingga 20 tahun mendatang. Namun di usianya yang masih muda dan produktif, milenial kelas menengah di kota besar kerap kali disandingkan dengan gaya hidup yang konsumtif dan sangat tergantung dengan teknologi.
 
Menyikapi hal tersebut, dalam rangka memperingati Hari Literasi Keuangan Nasional, Home Credit Indonesia, perusahaan pembiayaan multinasional berbasis teknologi muktahir, hari ini menggelar sebuah diskusi yang bertajuk “Entrepreneurship and Financial Inclusion for Millennials in the Digital Era” sekaligus mengumumkan Pencapaian Program Literasi Keuangan 2018 dan Inovasi #DoITCERDAS.
 
Bertempat di Jakarta, acara ini dihadiri oleh Andy Nahil Gultom, Chief External Affairs PT Home Credit Indonesia dan turut mengundang pembicara yang mewakili generasi milenial Financial Influencer, Amiyandra dan juga generasi milenial yang sukses berwirausaha di industri makanan, Pendiri Kepiting Nyinyir Rachman Abdul Rachim.  
 
Home Credit menyadari bahwa kesadaran masyarakat terhadap pemahaman keuangan sejak dini sangat diperlukan. Itu disebabkan, saat ini pemahaman masyarakat terhadap keuangan masih sangat rendah, terutama bagi generasi milenial yang cenderung tidak memiliki manajemen keuangan dengan baik.
 
Andy Nahil Gultom mengatakan, “Setiap tahun kami secara berkelanjutan menjalankan program Literasi Keuangan bagi seluruh lapisan masyarakat di Indonesia. Sejak beroperasi di Indonesia, Home Credit telah berhasil mengedukasi lebih dari 4.700 orang di Indonesia, diantaranya di wilayah Jabodetabek, Pulau Jawa, Sumatera, Bali dan Sulawesi. Tahun ini kami fokus kami mengedukasi generasi muda guna meningkatkan pemahaman mereka mengenai keuangan, karena nantinya mereka akan menjadi generasi penerus bangsa.”
 
“Tahun 2018 sendiri, kami telah berhasil memberikan edukasi kepada lebih dari 1.300 orang lewat Kelas Literasi Keuangan. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, tahun ini kami ingin menjangkau lebih banyak lagi masyarakat, sehingga kami berinovasi ke digital dengan mengedukasi masyarakat secara online lewat Program #DoITCERDAS.
 
Kami sudah meluncurkan video seri #OneMinuteDoItCerdas pertama di YouTube dan Instagram Home Credit pada tanggal 16 Oktober 2018 lalu. Selain mendukung Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam meningkatkan literasi keuangan, kami juga ingin generasi muda bisa mencapai masa depan yang lebih baik dengan mengelola bisnis yang bermanfaat atau setidaknya memiliki keuangan yang sehat,” jelas Andy.
 
Pada diskusi kali ini, Andy memaparkan bahwa Home Credit telah menyiapkan 12 video seri #OneMinuteDoItCerdas yang akan diposting di media sosial Home Credit hingga tahun 2019 nanti, untuk menjangkau lebih luas lagi pemahaman literasi keuangan di Indonesia. Selain itu, dari Kelas Literasi Keuangan yang dilakukan di sepanjang tahun 2018, hampir 80% generasi muda dari berbagai komunitas sangat antusias sekali mengetahui bagaimana cara mudah menghemat uang, bagaimana, menyimpan dana darurat, penggunaan dana darurat yang ideal, bagaimana memulai bisnis dan menjadi wirausaha serta bagaimana mengatasi masalah finansial di era digital.
 
Pendiri Kepiting Nyinyir, Rachman Abdul Rachim, yang turut hadir dalam acara ini mengungkapkan antusiasmenya terhadap inisiasi Program Literasi Keuangan #DoITCERDAS Home Credit. “Saya sangat mengapresiasi pencapaian Home Credit dalam mengedukasi masyarakat di Indonesia, terutama generasi muda. Menurut saya memang penting bagi generasi milenial untuk mulai mengelola keuangan dengan menjalankan bisnis yang bermanfaat. Apalagi di zaman yang serba digital, kita dapat memanfaatkan peluang yang ada untuk melakukan promosi dari bisnis yang kita jalankan melalui media digital. Apalagi dengan pemanfaatan media digital, akan membantu mendukung kemajuan bisnis kita ke depannya dan tentunya memberikan penghasilan yang menjanjikan.”
 
Sementara itu Financial Influencer, Amiyandra menambahkan, “Budaya konsumtif yang kerap dijalankan oleh generasi milenial, harus diimbangi dengan perencanaan keuangan yang tepat agar memberikan dampak positif. Menabung saja mungkin memang tidak memberikan dampak yang signifikan. Untuk itu manajemen keuangan yang terencana dan memulai menjalankan bisnis, bisa membantu milenial mendapatkan masa depan yang lebih baik. Menurut saya, tidak ada salahnya meminjam modal kepada institusi keuangan dalam memulai bisnis. Asalkan, kita juga memahami hak dan kewajiban sebagai peminjam, agar keuangan kita tetap sehat. Untuk itu, lewat Program Literasi Keuangan yang dijalankan Home Credit diharapkan dapat lebih meningkatkan pemahaman keuangan bagi masyarakat.”
 
Home Credit Indonesia akan terus melanjutkan Program Literasi Keuangan di tahun 2019. Saat ini sudah 4 video seri #OneMinuteDoItCerdas yang diposting di media sosial Home Credit dengan total reach 10.560 dan disukai oleh 420 orang di Instagram dan 431 di Youtube. Sejak pertengahan tahun 2018, sudah diposting sebanyak 15 konten Literasi Keuangan #DoITCERDAS di media sosial dan menghasilkan lebih dari 2.400 viewers.
 

###

Tentang Home Credit Indonesia 
Home Credit Indonesia merupakan perusahaan pembiayaan multiguna yang menyediakan pembiayaan di toko (pembiayaan non-tunai langsung di tempat) untuk Konsumen yang ingin membeli produk-produk seperti alat rumah tangga, alat-alat elektronik, handphone dan furnitur. Berdiri pada tahun 2013 dan saat ini telah melayani lebih dari 3 juta pelanggan, memiliki lebih dari 17.000 titik penjualan dan memperkerjakan sekitar 12.000 karyawan (data per 31 Agustus 2018). Mitra kami saat ini adalah produsen dan peritel terkemuka diantaranya Erafone,  Home Solution, Electronic City, Informa, IKEA, Oke Shop, Global Teleshop, Hypermart, Trans Hello, Lotte Mart, ACE Hardware, Gramedia dan lain sebagainya. Kami memberikan pelayanan yang mudah, sederhana dan cepat. Silakan kunjungi www.homecredit.co.id untuk berita terbaru dan informasi lebih mendalam mengenai Home Credit Indonesia. Likes Facebook Home Credit Indonesia dan ikuti halaman perusahaan kami di LinkedIn Home Credit Indonesia serta follow Instagram kami di @homecreditid
 
 
Tentang Home Credit Group 
Home Credit B.V. (“HCBV” atau ‘Grup’) adalah layanan pembiayaan bagi pelanggan yang beroperasi di 10 negara dengan potensi tinggi untuk tumbuh. Didirikan pada 1997, kami berfokus pada layanan pinjaman yang bertanggungjawab terutama bagi mereka yang hanya memiliki sejarah kredit yang minim atau bahkan tidak sama sekali. Layanan kami sangat prakits, mudah dan cepat. Kami beroperasi di negara yang memiliki pasar sangat menarik dengan berbagai kendala ketika memulainya. Kami adalah layanan pembiayaan terkemuka bagi pelanggan di negara-negara terpilih. Dengan pengalaman dan pengetahuan kami yang berkelanjutan di seluruh pasar yang berbeda-beda, sehingga menempatkan posisi kami di depan para pesaing. Kami mengedukasi dan memperluas inkulusi keuangan bagi masyarakat yang tidak memiliki rekening bank dengan menyediakan pengetahuan mengenai pinjaman yang aman untuk pertama kalinya bagi pelanggan kami. Kami mendukung peningkatan standar hidup yang lebih baik dan memenuhi kebutuhan keuangan peminjam. Kami memiliki 155.100 karyawan, melayani lebih dari 90 juta pelanggan melalui jaringan distribusi yang luas yang terdiri dari 398,572 titik penjualan, kantor pinjaman, kantor cabang dan post office. Total aset konsolidasi HCBV mencapai EUR 19.5 miliar (data per 30 September 2017). Informasi lebih lanjut mengenai HCBV dapat dikunjungi di www.homecredit.net
Pemegang saham mayoritas (88,62% saham) dari Home Kredit B.V. adalah PPF Financial Holdings B.V., hampir 100% anak perusahaan dari PPF Group N.V. (“PPF”). PPF berinvestasi ke beberapa segmen pasar diantaranya adalah perbankan dan jasa keuangan, telekomunikasi, asuransi, properti, pertambangan logam, pertanian, retail dan bioteknologi. PPF mencakup negara dari Eropa ke Rusia, Amerika Serikat dan di seluruh Asia. PPF Group memiliki aset sebesar EUR 24.2 miliar (data per 30 Juni 2016). Informasi lebih lanjut mengenai PPF Group N.V. dapat dikunjungi www.ppf.eu. Minoritas saham dari Home Credit B.V. dipegang oleh EMMA OMEGA LTD sebesar 11,38%, sebuah perusahaan induk investasi yang dimiliki oleh Jiri Smejc. Informasi lebih lanjut mengenai Emma Capital silakan kunjungi www.emmacapital.cz

Informasi lebih lanjut silakan hubungi:  
Andina Rosfieta
PR & Communications Manager
PT Home Credit Indonesia
Phone: +62 21 29539655
Email: ea.info@homecredit.co.id 
Footer Logo

PT Home Credit Indonesia merupakan perusahaan pembiayaan multiguna yang memberikan layanan pembiayaan bagi pelanggan yang berbelanja secara online maupun offline. Kami juga menyediakan pembiayaan multiguna bagi pelanggan setia kami agar mereka dapat memenuhi kebutuhan finansial mereka.

Kami hadir untuk menjadikan apa yang Anda inginkan dalam jangkauan dengan mengubah cara dunia berbelanja.

Anda Bisa!

Kantor Pusat:

PT Home Credit Indonesia

Plaza Oleos Lantai 8

Jl. TB Simatupang No. 53A

Jakarta Selatan 12520
E-mail: care@homecredit.co.id
Telepon: (+62) 21 295 39655
Fax: (+62) 21 227 80155
Back to Top