Partisipasi Home Credit Indonesia di Konferensi Tech in Asia 2018 di Jakarta: Transformasi Digital Bagi Bisnis Pembiayaan

23 Oktober 2018

Jakarta, 23 Oktober 2018Konferensi Tech in Asia sudah diselenggarakan sejak tahun 2012 untuk menghubungkan ekosistem startup teknologi dalam bentuk tatap muka secara langsung dengan para pakar di bidangnya, sebagai bagian dari misi untuk membangun dan melayani komunitas teknologi. Konferensi Tech in Asia diselenggarakan di Singapura, Tokyo, dan Jakarta, dimana rangkaian event ini telah berkembang menjadi salah satu Konferensi yang terbesar di Asia.

Konferensi Tech in Asia merupakan Konferensi bergengsi yang telah menghadirkan lebih dari 160 pembicara terkemuka dari berbagai industri dan melibatkan lebih dari 530 korporasi terkemuka. Tech in Asia Jakarta 2018 memastikan perusahaan tetap berada kurva terdepan dengan mengungkap tren terbaru, khususnya di dunia digital. Konferensi Tech in Asia membangun koneksi dengan para pemimpin industri dan individu yang passionate dalam komunitas teknologi.

Miroslav Hlavac, Chief Marketing & Strategy Officer, PT Home Credit Indonesia hadir dalam Konferensi Tech in Asia di Jakarta sebagai salah satu panelis dalam diskusi panel bertajuk Transformasi Digital Bisnis Pembiayaan (Digital Transformation of Financing Business), yang menekankan bagaimana Transformasi Digital dilakukan oleh Home Credit dari awal beroperasi di Indonesia, hingga kini mampu bersaing di industri – bahkan kini Home Credit sudah menjadi pemimpin dalam industri pembiayaan, terutama untuk layanan dan kategori barang konsumsi tahan lama (consumer durables).

Industri pembiayaan sejak tahun 1995 sudah hadir dengan adanya sekitar 254 perusahaan. Tetapi saat krisis moneter melanda di tahun 1998, sangat berpengaruh pada pertumbuhan industri pembiayaan, hanya ada sekitar 30 perusahaan yang mampu bertahan di industri ini, dan seiring berjalannya waktu, perusahaan pembiayaan kembali bangkit mewarnai industri bisnis di Indonesia. Namun, hingga saat ini perusahaan pembiayaan masih dianggap konvensional.

Menyikapi hal tersebut, Home Credit hadir memulai operasinya di tahun 2013 dengan menawarkan layanan pembiayaan yang berbeda dari standar di pasaran. Untuk dapat memperoleh layanan pembiayaan Home Credit, pelanggan hanya perlu menyiapkan dokumen pendukung yang ada di dalam dompet (KTP merupakan syarat utama), dan seluruh proses aplikasi dilakukan berdasarkan teknologi. Home Credit juga terus melakukan peningkatan layanan dengan mempercepat proses aplikasi dari 2 jam menjadi hanya sekitar 30 menit saja.

Sebagai perusahaan dengan reputasi internasional yang mengubah cara dunia berbelanja, Home Credit sangat siap dalam menghadapi persaingan di era digital, baik dengan perusahaan pembiayaan maupun bersaing perusahaan teknologi finansial yang kini semakin menjamur. Transformasi ke arah digital sudah dilakukan Home Credit, di antaranya menerapkan sistem paperless, yaitu mengurangi pemakaian kertas untuk proses administratif seperti melakukan validasi nomor telepon pelanggan melalui Kode Verifikasi (One Time Password atau OTP); mengembangkan teknologi e-KTP Reader yang dapat membaca KTP pelanggan secara otomatis; menggunakan Big Data untuk meningkatkan kualitas proses identifikasi dan seleksi risiko calon pelanggan; mengembangkan aplikasi mobile My Home Credit yang memudahkan pelanggan mencari informasi mengenai produk dan layanan terbaru; dan masih banyak lagi. Semua ini dilakukan Home Credit untuk terus memberikan layanan terbaik demi memenuhi kebutuhan pelanggan.

Home Credit yakin transformasi digital tidak berhenti dilakukan di situ saja. Ke depannya, inovasi terus dilakukan diantaranya dengan fokus mengembangkan bisnis pembiayaan online; memperkaya fitur aplikasi mobile untuk meningkatkan frekuensi interaksi dengan pelanggan; melakukan digitalisasi proses di internal; mengimplementasikan proses yang cepat ke instan – dalam arti proses persetujuan yang semakin cepat dari 30 menit menjadi sekitar 3 menit saja; hingga pembayaran yang dapat dilakukan menggunakan kode QR.

Melalui diskusi panel ini, Home Credit juga menekankan bahwa banyak sekali keuntungan yang diperoleh perusahaan dengan adanya transformasi digital ini, salah satunya adalah dapat mempercepat pertumbuhan bisnis karena banyaknya inovasi yang dapat dilakukan. Dengan melangkah ke era digital, tentunya akan mengurangi biaya operasional dan semua proses dapat lebih terukur.

Layanan Home Credit sendiri saat ini sudah dapat dinikmati di 128 kota di tanah air dengan lebih dari 18.000 titik penjualan yang tersebar di Indonesia dan telah melayani lebih dari 3,1 juta pelanggan di Indonesia. Home Credit juga sudah bermitra dengan lebih dari 10.000 mitra baik untuk bisnis online maupun offline. Hingga saat inipun, Home Credit mampu mengelola risiko pembiayaan bermasalah yang ditetapkan oleh OJK yaitu dengan angka 0,56%.
 

###

Tentang Home Credit Indonesia 
Home Credit Indonesia merupakan perusahaan pembiayaan multiguna yang menyediakan pembiayaan non-tunai langsung di tempat untuk Konsumen yang ingin membeli produk-produk seperti mobile phone, gadget, alat-alat elektronik, TV dan furnitur. Baik secara online maupun offline, kami selalu hadir untuk memudahkan pelanggan memperoleh barang dan layanan idaman dengan cepat, tak terkecuali bagi konsumen yang belum pernah mengajukan cicilan. Berdiri pada tahun 2013, saat ini Home Credit telah melayani lebih dari 3,6 juta pelanggan, memiliki lebih dari 18.000 titik penjualan dan memperkerjakan sekitar 11.000 karyawan (data per 31 Desember 2018). Mitra kami saat ini adalah produsen dan peritel terkemuka diantaranya Erafone, Oke Shop, Global Teleshop, Electronic City, Informa, IKEA, Hartono, Hypermart, Trans Hello, Lotte Mart, VIVO, OPPO, Tokopedia, Blibli.com, Citilink, TokoPDA.com dan lain sebagainya. Kami memberikan pelayanan yang mudah, sederhana dan cepat. Silakan kunjungi www.homecredit.co.id untuk berita terbaru dan informasi lebih mendalam mengenai Home Credit Indonesia. Likes Facebook Home Credit Indonesia dan ikuti halaman perusahaan kami di LinkedIn Home Credit Indonesia serta follow Instagram kami di @homecreditid
 
 
Tentang Home Credit Group 
Home Credit B.V. (“HCBV” atau ‘Grup’) adalah layanan pembiayaan bagi pelanggan yang beroperasi di 10 negara dengan potensi tinggi untuk tumbuh. Didirikan pada tahun 1997, kami fokus pada pinjaman yang bertanggungjawab terutama bagi orang yang memiliki sedikit pengetahuan atau tidak memiliki sejarah tentang kredit. Layanan kami sangat sederhana, mudah dan cepat. Kami beroperasi di negara yang memiliki market/pasar yang sangat menarik dengan berbagai kendala ketika memulainya. Kami adalah layanan pembiayaan terkemuka bagi pelanggan di negara-negara terpilih. Dengan pengalaman dan pengetahuan kami yang berkelanjutan di seluruh pasar yang berbeda-beda, menempatkan kehadiran kami di depan para pesaing. Kami mendorong dan memperluas inkulusi keuangan bagi masyarakat yang tidak memiliki rekening bank dengan menyediakan pengetahuan mengenai pinjaman yang aman untuk pertama kalinya bagi pelanggan kami. Kami mempromosikan standar hidup yang lebih tinggi dan memenuhi kebutuhan keuangan peminjam. Kami memiliki 132.000 karyawan dan melayani lebih dari 111 juta pelanggan dengan jaringan distribusi yang luas yaitu 434,232 titik penjualan, kantor pinjaman, kantor cabang dan post office. Total aset konsolidasi HCBV mencapai EUR 22,2 (data per 30 September 2018). Informasi lebih lanjut mengenai HCBV dapat diakses melalui www.homecredit.net
 
 
Pemegang saham mayoritas (88,62% saham) dari Home Credit B.V. adalah PPF Financial Holdings B.V., hampir 100% anak perusahaan dari PPF Group N.V. (“PPF”). PPF berinvestasi ke beberapa segmen pasar diantaranya adalah perbankan dan jasa keuangan, telekomunikasi, asuransi, properti, pertambangan logam, pertanian, retail dan bioteknologi. PPF mencakup negara dari Eropa ke Rusia, Amerika Serikat dan di seluruh Asia. PPF Group memiliki aset sebesar EUR 38 miliar (data per 30 Juni 2018). Informasi lebih lanjut mengenai PPF Group N.V. dapat dikunjungi www.ppf.eu
 
 
Minoritas saham dari Home Credit B.V. dipegang oleh EMMA OMEGA LTD sebesar 11,38%, sebuah perusahaan induk investasi yang dimiliki oleh Jiri Smejc. Informasi lebih lanjut mengenai Emma Capital dapat diakses melalui www.emmacapital.cz.

Informasi lebih lanjut silakan hubungi:  
Andina Rosfieta
PR & Communications Manager
PT Home Credit Indonesia
Phone: +62 21 2953 9655 ext. 80630
Email: ea.info@homecredit.co.id 
Footer Logo

PT Home Credit Indonesia merupakan perusahaan pembiayaan multiguna yang memberikan layanan pembiayaan bagi pelanggan yang berbelanja secara online maupun offline. Kami juga menyediakan pembiayaan multiguna bagi pelanggan setia kami agar mereka dapat memenuhi kebutuhan finansial mereka.

Kami hadir untuk menjadikan apa yang Anda inginkan dalam jangkauan dengan mengubah cara dunia berbelanja.

Anda Bisa!

Kantor Pusat:

PT Home Credit Indonesia

Plaza Oleos Lantai 8

Jl. TB Simatupang No. 53A

Jakarta Selatan 12520
E-mail: care@homecredit.co.id
Telepon: (+62) 21 295 39655
Fax: (+62) 21 227 80155
Back to Top