Home Credit Indonesia dan KOPHI Ajak Anak-Anak Tanam 1.000 Pohon Untuk Selamatkan Keanekaragaman Hayati

21 Mei 2016

  • Home Credit Indonesia bekerjasama dengan Koalisi Pemuda Hijau Indonesia (KOPHI) untuk meningkatkan kesejahteraan lingkungan hidup masyarakat di Indonesia
  • Sekitar 100 orang relawan Home Credit Indonesia turut berpartisipasi dalam kegiatan sosial dan edukasi kepada anak-anak mengenai lingkungan hidup
 
Jakarta, 22 Mei 2016 – Bertepatan dengan Hari Keanekaragaman Hayati Internasional pada tanggal 22 Mei, Home Credit Indonesia bersama dengan Koalisi Pemuda Hijau Indonesia (KOPHI) hari ini menggelar kegiatan sosial bertemakan “1.000 Pohon Untuk Bumi, Selamatkan Keanekaragaman Hayati” di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur. Kegiatan ini dibuka oleh CEO Home Credit Indonesia, Jaroslav Gaisler; Kepala Bidang Kehutanan, Dinas Kelautan, Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi DKI Jakarta, Djaja Suhardja; dan Ketua Umum KOPHI, Oke Fifi Abriany.
 
Dalam kesempatan ini Andy Nahil Gultom, Chief External Affairs mengatakan, “Home Credit Indonesia berkomitmen secara aktif melakukan program tanggung jawab sosial. Tahun 2015 lalu Home Credit Indonesia mendukung pendidikan anak usia dini dan tahun ini Home Credit Indonesia memperluas fokusnya, tidak hanya mengedukasi tetapi juga peduli terhadap perlindungan lingkungan. Program ini bertujuan untuk membantu meningkatkan kelestarian lingkungan di sekitar Jakarta Timur yang merupakan kawasan yang masih gersang dan perlu diperhatikan kelestariannya.”
 
Keanekaragaman hayati merupakan ukuran dari kesehatan ekosistem. Perlu disadari bahwa keanekaragaman hayati tidak akan selalu tetap keadaannya, baik dari segi jumlah maupun jenisnya, terutama tumbuhan endemik yang semakin langka dan terancam punah. Hal ini disebabkan oleh berbagai macam faktor di* lahan untuk perumahan dan properti lainnya karena pertumbuhan penduduk yang semakin besar. Bahkan pada tahun 2014, Badan Pusat Statistik (BPS) menyatakan bahwa pertumbuhan penduduk Jakarta telah menembus angka 10 juta jiwa dengan laju pertumbuhan sebesar 1,06% per tahun.
 
Berkaitan dengan hal tersebut, CEO Home Credit Indonesia, Jaroslav Gaisler menyampaikan, “Kelestarian keanekaragaman hayati merupakan hal yang sangat penting bagi kelangsungan setiap makhluk hidup, tidak hanya manusia. Kami sangat mendukung inisiatif Gubernur DKI Jakarta dalam melestarikan keanekaragaman hayati melalui penanaman pohon di setiap taman-taman yang ada di Jakarta. Kegiatan ini merupakan bentuk kontribusi kami dalam memberikan dampak positif di bidang lingkungan hidup dan edukasi lingkungan. Kami ingin mengajak seluruh masyarakat untuk lebih peduli dan memperbaiki kesehatan lingkungan lewat menanam pohon yang hampir punah.”
 
“Sekitar 100 orang relawan Home Credit Indonesia bersama dengan 30 orang anak-anak binaan dari Griya Yatim Indonesia dan anggota KOPHI terlibat menyumbangkan waktu serta tenaga mereka untuk menanam 1.000 pohon. Melalui program ini, kami juga mengedukasi kepada generasi muda dan anak-anak serta masyarakat pada umumnya,” tambah Jaroslav
 
Kepala Bidang Kehutanan, Dinas Kelautan, Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi DKI Jakarta, Ir. Djaja Suhardja mengatakan, “Dinas Kelautan, Pertanian dan Ketahanan Pangan mengapresiasi inisiatif dan kegiatan yang dilakukan oleh Home Credit Indonesia dan rekan-rekan pemuda KOPHI. Kami berharap semakin banyak gerakan-gerakan seperti ini di masyarakat sehingga kita bisa bersama-sama melestarikan keanekaragaman hayati di Jakarta maupun di Indonesia.”
 
Pohon-pohon yang ditanam merupakan pohon ikon Jakarta yang keberadaannya semakin sulit ditemui di pekarangan rumah seperti Gandaria, Buni, Bisbul, Kecapi, Menteng, Jamblang, Matoa, Gayam, Rukem, Gemitri, Jambu Biji dan Jambu Mawar.
 
Ketua Umum KOPHI Oke Fifi Abriany menambahkan, “Penanaman pohon hari ini merupakan simbolisasi kepedulian kami terhadap tanaman ikon Jakarta, tetapi kegiatan pelestarian tidak berhenti sampai hari ini saja. Kami akan melakukan pemantauan dan perawatan pohon setiap bulannya supaya pohon-pohon tersebut dapat tumbuh dan berkembang dengan baik sehingga dapat bermanfaat untuk lingkungan dan masyarakat. Sebagai komunitas pemuda yang bergerak di bidang lingkungan, kami berharap dapat mengedukasi lebih banyak masyarakat  untuk peduli dan sadar dalam melindungi lingkungan, khususnya keanekaragaman hayati di Indonesia.”
 
Selain kegiatan penanaman pohon, Home Credit Indonesia bersama KOPHI juga mengedukasi anak-anak Griya Yatim Indonesia dengan mengajak mereka melakukan kegiatan daur ulang membuat paper-bag serta membuat tas dari kaos tidak layak pakai untuk mengurangi dampak sampah yang juga menjadi permasalahan besar ibukota Jakarta.

###

Tentang Home Credit Indonesia
Home Credit Indonesia berdiri pada tahun 2013 dan saat ini telah melayani lebih dari 750.000 pelanggan, memiliki lebih dari 3.600 titik penjualan dan memperkerjakan lebih dari 4.300 karyawan (data per 31 Oktober 2016). Mitra kami saat ini adalah produsen dan peritel terkemuka diantaranya Erafone, Electronic Solution, Home Solution, Informa, Electronic City, IKEA, Oke Shop, Global Teleshop, Hypermart, Trans Hello, Lotte Mart dan lain sebagainya. Kami memberikan pelayanan yang mudah, sederhana dan cepat. Silakan kunjungi www.homecredit.co.id untuk berita terbaru dan informasi lebih mendalam mengenai Home Credit Indonesia. Likes Facebook Home Credit Indonesia dan ikuti halaman perusahaan kami di LinkedIn Home Credit Indonesia serta follow Instagram kami di @homecreditid
 
Tentang Home Credit Group
Home Credit B.V. (“HCBV” atau ‘Grup’) adalah layanan pembiayaan bagi pelanggan yang beroperasi di 10 negara dengan potensi tinggi untuk tumbuh. Didirikan pada tahun 1997, kami fokus pada pinjaman yang bertanggungjawab terutama bagi orang yang memiliki sedikit pengetahuan atau tidak memiliki sejarah tentang kredit. Layanan kami sangat sederhana, mudah dan cepat. Kami beroperasi di negara yang memiliki market/pasar yang sangat menarik dengan berbagai kendala ketika memulainya. Kami adalah layanan pembiayaan terkemuka bagi pelanggan di negara-negara terpilih. Dengan pengalaman dan pengetahuan kami yang berkelanjutan di seluruh pasar yang berbeda-beda, menempatkan kehadiran kami di depan para pesaing. Kami mendorong dan memperluas inkulusi keuangan bagi masyarakat yang tidak memiliki rekening bank dengan menyediakan pengetahuan mengenai pinjaman yang aman untuk pertama kalinya bagi pelanggan kami. Kami mempromosikan standar hidup yang lebih tinggi dan memenuhi kebutuhan keuangan peminjam. Kami memiliki 86.795 karyawan dan melayani 59,9 juta pelanggan dengan jaringan distribusi yang luas yaitu 218.837 titik penjualan, kantor pinjaman, kantor cabang dan post office. Total aset konsolidasi HCBV mencapai EUR 10,9 per 30 Juni 2016. Informasi lebih lanjut mengenai HCBV dapat dikunjungi di www.homecredit.net
Pemegang saham dari Home Credit BV mayoritas adalah PPF Financial Holdings B.V. (88.62%), PPF berinvestasi ke beberapa segmen pasar diantaranya adalah perbankan dan jasa keuangan, telekomunikasi, asuransi, properti, pertambangan logam, pertanian, retail dan bioteknologi. PPF mencakup negara dari Eropa ke Rusia, Amerika Serikat dan di seluruh Asia. PPF Group memiliki aset sebesar EUR 24,2 miliar (per 30 Juni 2016). Informasi lebih lanjut mengenai PPF Group N.V. dapat dikunjungi www.ppf.eu Minoritas saham dari Home Credit B.V. dipegang oleh EMMA OMEGA LTD sebesar 11,38%, sebuah perusahaan induk investasi yang dimiliki oleh Jiri Smejc.

Sekilas Tentang KOPHI
Koalisi Pemuda Hijau Indonesia atau KOPHI berdiri tidak hanya menjadi forum komunikasi antar pemuda-pemudi Indonesia yang mempunyai kepedulian terhadap isu perubahan iklim. Melalui website KOPHI dan pertemuan-pertemuan yang diadakan, KOPHI juga hadir sebagai fasilitator dalam pengembangan kapasitas mereka melalui workshop, training, dan seminar yang bekerja sama dengan lembaga-lembaga swadaya masyarakat (NGO) dan komunitas-komunitas hijau. Di samping itu, KOPHI juga diarahkan untuk dapat menjadi sumber informasi bagi pemuda-pemudi Indonesia terkait isu perubahan iklim dan lingkungan hidup.Diharapkan dengan terbentuknya KOPHI, NGO dan komunitas peduli lingkungan dapat saling berbagi pengalaman, ide, dan masukan acara kepada para anak muda.
Setelah berdiri dan dideklarasikan secara resmi pada tahun 2010 lalu, KOPHI dirasa efektif untuk mewadahi pemuda-pemuda di daerah untuk berkontribusi dalam pelestarian lingkungan hidup. Tujuh belas KOPHI yang berada di Indonesia tersebut telah menjadi pemain dalam upaya pelestarian dan pemecahan masalah lingkungan di daerah masing-masing. Sehingga kehadiran KOPHI sesungguhya telah sedikit banyak dirasakan oleh masyarakat Indonesia. KOPHI telah membentuk KOPHI Daerah di 17 provinsi di Indonesia.
 
Twitter : @KOPHI
Line@ : @iis6098i
Instagram : _kophi
Facebook : kophi.or.id
Website : kophi.or.id
Alamat kantor : Gedung Setiabudi 2, Lantai 2 Suite 207B-C Unit 2, Jl. HR Rasuna Said Kav. 62, Kuningan, Jakarta 12920

 

Informasi lebih lanjut, silahkan hubungi:
Andina Rosfieta
Public Relations & Communications

PT. Home Credit Indonesia
Email: andina.rosfieta@homecredit.co.id
Phone: +62 21 2953 9655
Raden Diky Dermawan
Kepala Divisi Media dan Komunikasi
KOPHI
Email: radendikyd@yahoo.com
Hp: 085890519898
 
Ishak Firdaus
Kepala Subdivisi Hubungan Masyarakat
Email: ishakfirdaus.dz@gmail.com
Hp: 08990710271
 
Email KOPHI: info@kophi.or.id / medkom.kophi@gmail.com

 

Footer Logo

PT Home Credit Indonesia adalah perusahaan pembiayaan yang menyediakan jasa pembiayaan konsumen, melalui toko-toko rekanan peritel kami, bagi pelanggan yang ingin membeli barang-barang konsumsi tahan lama. Solusi pembiayaan Home Credit adalah Mudah, Praktis, dan Cepat.

Kantor Pusat:
PT. Home Credit Indonesia
Plaza Oleos 8th Floor
Jl. TB Simatupang No. 53A
South Jakarta 12520
E-mail: care@homecredit.co.id
Telepon: (+62) 21 295 39655
Fax: (+62) 21 227 80155
Back to Top