Home Credit Indonesia Umumkan Pertumbuhan Bisnis di Pertengahan Tahun 2016 dan Pemenang Kompetisi Menulis

28 Juli 2016

Jakarta, 28 Juli 2016 – PT Home Credit Indonesia, perusahaan internasional penyedia layanan multiguna, hari ini mengumumkan pertumbuhan bisnis (kuartal kedua 2016) di Jakarta. Home Credit berhasil mencatat kinerja yang baik hingga pertengahan tahun 2016 dengan membukukan total pembiayaan tiga kali lipat dibanding periode yang sama tahun 2015 yakni Rp 41 miliar pada 2015 dan Rp 145 miliar di tahun 2016. Pada semester pertama tahun 2016, Home Credit Indonesia berhasil membukukan total pembiayaan sebesar Rp 702 milyar dengan total 250.000 pelanggan baru yang telah menandatangani kontrak sepanjang tahun ini dalam periode yang sama.
 
Jaroslav Gaisler, CEO PT Home Credit Indonesia mengatakan, “Pada pertengahan tahun 2016 ini, kami mencetak pertumbuhan diatas target yang telah ditetapkan perusahaan. Pertumbuhan yang begitu pesat ini dipicu oleh banyak faktor, salah satunya adalah momen Ramadan yang meningkatkan volume penjualan kami dan tentunya program promosi menarik bagi para pelanggan. Hanya dalam waktu 14 hari pertama Ramadan tahun ini, total pembiayaan yang kami salurkan naik tiga kali lipat dibanding tahun sebelumnya.”
 
Selain itu, perluasan layanan Home Credit di dua kota baru Semarang dan Yogyakarta pada kuartal pertama 2016, juga turut mendorong pertumbuhan bisnis Home Credit di Indonesia. Sejak resmi beroperasi di Semarang dan Yogyakarta telah ada lebih dari 85 titik penjualan (point of sales/POS) yang didukung oleh 150 orang karyawan.
 
Pertumbuhan bisnis yang cukup pesat hingga pertengahan tahun, tidak terlepas dari peningkatan sistem dan proses internal guna memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan. Saat ini, pada kuartal kedua 2016, Home Credit telah berhasil melayani lebih dari 520.000 pelanggan dengan titik penjualan yang tersebar di seluruh wilayah Home Credit beroperasi sebanyak 2.700 toko dan total karyawan sebanyak 3.129 orang.
 
Home Credit menyadari bahwa Indonesia merupakan pasar yang berkembang yang akan mendorong pertumbuhan ekonomi. Sebagai wujud nyata komitmen Home Credit dalam memberikan layanan pembiayaan terpercaya dan bertanggungjawab kepada pelanggan, Home Credit kembali memperluas bisnisnya ke tiga kota baru yaitu Malang, Denpasar dan Pekanbaru. Oleh karena itu Home Credit berinvestasi pada pada sumber daya manusia yang berbakat untuk terus memberikan pelayanan yang cepat, mudah, praktis dan bertanggungjawab. Dengan adanya ekspansi ketiga kota baru ini, Home Credit membuka lapangan pekerjaan baru bagi ratusan orang disetiap kota.
 
Andy Nahil Gultom, Chief External Affairs PT Home Credit Indonesia menambahkan, “Perluasan bisnis ini menunjukkan komitmen kami untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat agar semakin berkembang dalam hidupnya dengan memberikan layanan pembiayaan yang bertanggungjawab dan mewujudkan mereka memiliki barang impiannya. Dengan adanya ekspansi ini, tentunya juga mendorong pertumbuhan bisnis mitra-mitra yang telah bekerjasama dengan kami. Saat ini seluruh mitra kami telah hadir di ketiga kota tersebut untuk mendukung misi kami. Selain itu, perluasan bisnis ini menunjukkan bahwa kami telah melayani masyarakat di Pulau Jawa, Sulawesi, Sumatera dan Bali.”
 
Pada kesempatan hari ini, Home Credit juga mengumumkan tiga pemenang kompetisi menulis yang akan diberangkatkan ke kantor pusat Home Credit di Praha. Andy Nahil Gultom , Chief External Affairs PT Home Credit Indonesia mengungkapkan bahwa antusias masyarakat dari semua kategori seperti media, blogger dan umum sangat besar dimana Home Credit Indonesia menerima artikel dari 200 peserta yang mendaftar melalui situs resmi Home Credit Indonesia (www.homecredit.co.id). “Dari tema yang ditetapkan, sebagian besar peserta mengangkat tema untuk kompetisi ini mengenai pentingnya edukasi mengenai pengelolaan kondisi keuangan, sementara lainnya memilih tema inovasi perusahaan pembiayaan multiguna di Indonesia serta produk dan layanan pembiayaan untuk masyarakat yang kurang terlayani,” tambah Andy.
 
Melalui proses penjurian yang cukup panjang, terpilih 15 artikel terbaik dan telah dinilai oleh dewan juri yang berasal dari pihak independen untuk menjaga kredibilitas kompetisi. Mereka adalah Priyambodo RH, Direktur Eksekutif di Lembaga Pers Dr. Soetomo; Enda Nasution, Praktisi Sosial Media & Indonesia Blogger; dan Andy Nahil Gultom, Chief External Affairs PT Home Credit Indonesia.
Kompetisi yang telah berlangsung selama periode 11 April hingga 1 Juli 2016 bertujuan untuk memposisikan Home Credit Indonesia sebagai perusahaan penyedia jasa pembiayaan multiguna yang terpercaya dan bertanggungjawab serta sebagai sarana untuk menekankan edukasi mengenai pentingnya memiliki pengetahuan yang cukup mengenai literasi keuangan terutama dalam memilih jasa atau lembaga keuangan yang tepat sesuai kebutuhan mereka. Ketiga pemenang Kompetisi Menulis Home Credit Indonesia adalah Cahyo Prayogo jurnalis dari Warta Ekonomi; Erik Purnama Putra jurnalis dari Republika dan Herdiana Surachman yang merupakan blogger.

###

Tentang Home Credit Indonesia
Home Credit Indonesia merupakan perusahaan pembiayaan multiguna yang menyediakan pembiayaan di toko (pembiayaan non-tunai langsung di tempat) untuk Konsumen yang ingin membeli produk-produk seperti alat rumah tangga, alat-alat elektronik, handphone dan furnitur. Berdiri pada tahun 2013 dan saat ini telah melayani lebih dari 3,6 juta pelanggan, memiliki lebih dari 18.000 titik penjualan dan memperkerjakan sekitar 11.000 karyawan (data per 31 Desember 2018). Mitra kami saat ini adalah produsen dan peritel terkemuka diantaranya Erafone, Home Solution, Informa, Electronic City, IKEA, Oke Shop, Global Teleshop, Hypermart, Trans Hello, Lotte Mart, ACE Hardware, Gramedia dan lain sebagainya. Kami memberikan pelayanan yang mudah, sederhana dan cepat. Silakan kunjungi www.homecredit.co.id untuk berita terbaru dan informasi lebih mendalam mengenai Home Credit Indonesia. Likes Facebook Home Credit Indonesia dan ikuti halaman perusahaan kami di LinkedIn Home Credit Indonesia serta follow Instagram kami di @homecreditid


Tentang Home Credit
Home Credit N.V. (“HCNV”) merupakan induk perusahaan dari bisnis Home Credit secara global, yang berkantor pusat di Belanda. Secara terpusat, HCNV mengelola strategi utama Home Credit, yang mencakup teknologi, manajemen risiko, produk dan pendanaan, sembari terus beradaptasi mengikuti kebutuhan pasar lokal. HCBV adalah spesialis di layanan pembiayaan konsumen di pasar negara berkembang (‘emerging market’). Saat ini HCBV hadir di berbagai negara di (1) Eropa Tengah dan Eropa Timur (termasuk di antaranya Republik Ceko dan Slovakia); (2) Persemakmuran Negara-negara Merdeka (termasuk di antaranya Russia dan Kazakhstan); (3) Tiongkok; serta (4) Asia Selatan dan Asia Tenggara (termasuk di antaranya India, Indonesia, Vietnam dan Filipina).

Didirikan pada tahun 1997, Home Credit menyediakan layanan pembiayaan yang aman dan bertanggungjawab (responsible financing) bagi masyarakat dengan riwayat kredit minim, atau bahkan bagi mereka yang tidak memiliki riwayat kredit sama sekali. Home Credit juga mengemban misi untuk meningkatkan inklusi keuangan di negara-negara tempat mereka beroperasi dengan menyediakan layanan pembiayaan bagi pelanggan yang membutuhkan, kapanpun dan dimanapun mereka berada, melalui jaringan distribusi omni-channel yang dimiliki. Dan pada akhirnya, memberikan pengalaman pelanggan yang positif dan aman selama mereka menggunakan layanan pembiayaan.

HCNV tercatat telah melayani lebih dari 123,7 juta pelanggan di berbagai titik distribusi, yang terdiri dari 453.539 point-of-sales (POS), kantor pembiayaan, kantor cabang, kantor pos, dan ATM. Total aset konsolidasi HCNV mencapai EUR 25,6 miliar. Semua angka yang terangkum di sini berdasarkan data hingga 30 Juni 2019, kecuali dinyatakan lain. Informasi lebih lanjut tentang HCNV dapat diakses di www.homecredit.net.
 
Pemegang saham tunggal dari HCNV adalah Home Credit Group B.V. (‘HCGBV’). Pada tahun 2019, HCBV memberikan sebagian kecil operasi non-inti, termasuk bisnisnya di Amerika Serikat, kepada HCGBV. Pengumuman ini disajikan seolah operasi kecil dan non-inti tersebut dimiliki oleh HCGBV pada 1 Januari 2018. 91,12% kepemilikan saham HCGBV dimiliki oleh PPF Financial Holdings B.V.


PPF Financial Holdings secara 100% merupakan anak perusahaan dari PPF Group N.V. (“PPF”). PPF melakukan investasi ke berbagai segmen pasar seperti perbankan dan jasa keuangan, telekomunikasi, asuransi, real estate, pertambangan logam, pertanian, ritel, dan bioteknologi. Jangkauan PPF mencakup wilayah Eropa hingga Russia, Amerika Serikat, dan juga Asia. PPF memiliki aset sebesar EUR 34,5 miliar (per 31 Desember 2018). Informasi lebih lanjut tentang PPF dapat diakses di www.ppf.eu

Kepemilikan minoritas (8,88%) dari Home Credit Group B.V. dimiliki oleh EMMA OMEGA LTD, sebuah perusahaan induk investasi yang dimiliki oleh Jiří Šmejc. Informasi lebih lanjut tentang Emma Capital dapat diakses di
 www.emmacapital.cz

Informasi lebih lanjut silakan hubungi:  
Freya Pradieta Laksmono
VP Brand Strategy & Communications
PT. Home Credit Indonesia
Email: ms.info@homecredit.co.id
Phone: 021 29659655
Footer Logo

PT Home Credit Indonesia merupakan perusahaan pembiayaan multiguna yang memberikan layanan pembiayaan bagi pelanggan yang berbelanja secara online maupun offline. Kami juga menyediakan pembiayaan multiguna bagi pelanggan setia kami agar mereka dapat memenuhi kebutuhan finansial mereka.

Kami hadir untuk menjadikan apa yang Anda inginkan dalam jangkauan dengan mengubah cara dunia berbelanja.

Anda Bisa!

Kantor Pusat:

PT Home Credit Indonesia

Plaza Oleos Lantai 8

Jl. TB Simatupang No. 53A

Jakarta Selatan 12520
E-mail: care@homecredit.co.id
Telepon: (+62) 21 295 39655
Fax: (+62) 21 227 80155
Back to Top