Home Credit Indonesia Tekankan Pentingnya Literasi Keuangan Bagi Seluruh Lapisan Masyarakat Indonesia

22 Juni 2016

Jakarta, 22 Juni 2016 – Indonesia yang merupakan Negara dengan pasar berkembang, ternyata masih memiliki tingkat pengetahuan finansial dan pengelolaan keuangan yang sangat rendah.
 
Bahkan menurut hasil survei nasional Literasi Keuangan yang diselenggarakan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada 2013, secara umum menunjukkan bahwa 21,84% masyarakat Indonesia memiliki tingkat literasi keuangan baik (well literate) termasuk memiliki keterampilan dalam menggunakan produk dan jasa keuangan. Tingkat kemampuan yang rendah tersebut disebabkan oleh begitu banyak faktor, salah satunya adalah minimnya edukasi yang diperoleh. Padahal sebaiknya pengetahuan Literasi Keuangan perlu diterapkan sejak usia produktif mulai usia 15 tahun.
 
Hal ini dibahas dalam sebuah Media Talkshow bertajuk “Menuju Masyarakat Indonesia Paham Keuangan” yang diadakan hari ini di The Ritz Carlton Pacific Place, Jakarta. Kegiatan ini mengadirkan narasumber CEO PT Home Credit Indonesia, Jaroslav Gaisler; Chief External Affairs PT Home Credit Indonesia, Andy Nahil Gultom dan Direktur Literasi dan Edukasi Keuangan, Horas V.M. Tarihoran.
 
CEO PT Home Credit Indonesia, Jaroslav Gaisler menyampaikan, “Rendahnya tingkat konsentrasi saat menerima edukasi serta sulitnya akses informasi mengenai keuangan merupakan salah satu faktor yang berpotensi minimnya tingkat pengetahuan literasi masyarakat Indonesia. Sejalan dengan hal itu, kami memiliki komitmen yang kuat untuk mendukung program Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia tentang pentingnya literasi keuangan. Lewat kegiatan hari ini, kami sebagai perusahaan internasional penyedia layanan pembiayaan di industri keuangan non-bank, ingin mengajak seluruh lapisan masyarakat Indonesia untuk memahami pengetahuan keuangan yang lebih baik sehingga mereka dapat membuat perencanaan, membuat keputusan yang cerdas serta mengelola keuangan pribadi mereka.”
 
Chief External Affairs PT Home Credit Indonesia, Andy Nahil Gultom mengungkapkan bahwa Home Credit Indonesia terus melakukan hal baik dengan terus fokus memberikan edukasi keuangan melalui kelas literasi keuangan kepada seluruh lapisan masyarakat dimanapun lokasinya.
 
“Sejak pertama kali kami menjalankan program literasi kuangan di tahun 2014, kami telah mengedukasi lebih dari 515 orang. Sementara hingga pertengahan tahun 2016 ini kami telah memberikan 6 kelas literasi keuangan kepada 297 orang. Penerima manfaat program literasi keuangan yang kami jalankan diantaranya adalah generasi muda, mahasiswa, ibu rumah tangga, pelaku usaha kecil dan menengah, pensiunan pegawai negeri sipil dan swasta bahkan karyawan kami sendiri yang merupakan aset perusahaan. Kami berharap program yang rutin kami lakukan dapat meningkatkan pengetahuan literasi keuangan masyarakat sehingga dapat pula meningkatkan kesejahteraan mereka karena mereka telah mengetahui hak dan kewajibannya dalam memilih produk dan layanan jasa keuangan,” papar Andy.
 
Dalam acara hari ini Direktur Literasi dan Edukasi Keuangan, Horas V.M. Tarihoran mengatakan, “Kami mengapresiasi program literasi keuangan dan inklusi keuangan yang terus menerus dilakukan oleh Home Credit Indonesia yang bertujuan untuk meningkatkan literasi keuangan masyarakat Indonesia. Kami berharap seluruh pelaku usaha jasa keuangan terus melaksanakan program ini dengan menyediakan produk, layanan dan sumber daya yang bertanggungjawab guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat.”
 
Home Credit Indonesia terus berupaya menjalankan Program Literasi Keuangan untuk mendukung program literasi keuangan dari Otoritas Jasa Keuangan guna mencapai usaha pembiayaan yang bertanggungjawab, maupun mendukung Program Inklusif Keuangan di Indonesia. Saat ini Home Credit Indonesia memiliki tenaga pelatih yang terlatih dalam menyediakan materi program literasi keuangan. Hal ini merupakan bagian dari komitmen Home Credit Indonesia untuk menjadi perusahaan penyedia layanan pembiayaan yang terpercaya dan bertanggungjawab.
 
Materi literasi keuangan yang diberikan disesuaikan dengan penerima manfaat program yang dikemas dalam bentuk pre-test sebelum kegiatan dimulai, diskusi, presentasi serta post-test setelah mengikuti kelas literasi keuangan. Beberapa materi edukasi yang diberikan diantaranya prinsip-prinsip dasar pengelolaan keuangan; mengidentifikasi kebutuhan dan keinginan; membangun perlindungan keuangan keluarga; membuat anggaran belanja untuk individu dan keluarga secara sederhana dan praktis serta mempraktekkannya; bagaimana cara pengelolaan keuangan rumah tangga yang baik, pengelolaan keuangan setelah memasuki masa pensiun serta hak dan kewajiban konsumen ketika ingin mengambil produk dan layanan dari jasa keuangan.
 
Selain aktif memberikan kelas pelatihan, Home Credit Indonesia juga melihat adanya kesempatan besar untuk membantu pemerintah meningkatkan literasi keuangan lewat kampanye edukasi Literasi Keuangan #DoITCERDAS lewat media sosial Facebook, Twitter dan LinkedIn dengan tujuan untuk memperkuat kehadiran Home Credit Indonesia di Indonesia sebagai perusahaan penyedia layanan pembiayaan terkemuka.

###

Tentang Home Credit Indonesia
Home Credit Indonesia berdiri pada tahun 2013 dan saat ini telah melayani lebih dari 750.000 pelanggan, memiliki lebih dari 3.600 titik penjualan dan memperkerjakan lebih dari 4.300 karyawan (data per 31 Oktober 2016). Mitra kami saat ini adalah produsen dan peritel terkemuka diantaranya Erafone, Electronic Solution, Home Solution, Informa, Electronic City, IKEA, Oke Shop, Global Teleshop, Hypermart, Trans Hello, Lotte Mart dan lain sebagainya. Kami memberikan pelayanan yang mudah, sederhana dan cepat. Silakan kunjungi www.homecredit.co.id untuk berita terbaru dan informasi lebih mendalam mengenai Home Credit Indonesia. Likes Facebook Home Credit Indonesia dan ikuti halaman perusahaan kami di LinkedIn Home Credit Indonesia serta follow Instagram kami di @homecreditid
 
Tentang Home Credit Group
Home Credit B.V. (“HCBV” atau ‘Grup’) adalah layanan pembiayaan bagi pelanggan yang beroperasi di 10 negara dengan potensi tinggi untuk tumbuh. Didirikan pada tahun 1997, kami fokus pada pinjaman yang bertanggungjawab terutama bagi orang yang memiliki sedikit pengetahuan atau tidak memiliki sejarah tentang kredit. Layanan kami sangat sederhana, mudah dan cepat. Kami beroperasi di negara yang memiliki market/pasar yang sangat menarik dengan berbagai kendala ketika memulainya. Kami adalah layanan pembiayaan terkemuka bagi pelanggan di negara-negara terpilih. Dengan pengalaman dan pengetahuan kami yang berkelanjutan di seluruh pasar yang berbeda-beda, menempatkan kehadiran kami di depan para pesaing. Kami mendorong dan memperluas inkulusi keuangan bagi masyarakat yang tidak memiliki rekening bank dengan menyediakan pengetahuan mengenai pinjaman yang aman untuk pertama kalinya bagi pelanggan kami. Kami mempromosikan standar hidup yang lebih tinggi dan memenuhi kebutuhan keuangan peminjam. Kami memiliki 86.795 karyawan dan melayani 59,9 juta pelanggan dengan jaringan distribusi yang luas yaitu 218.837 titik penjualan, kantor pinjaman, kantor cabang dan post office. Total aset konsolidasi HCBV mencapai EUR 10,9 per 30 Juni 2016. Informasi lebih lanjut mengenai HCBV dapat dikunjungi di www.homecredit.net
Pemegang saham dari Home Credit BV mayoritas adalah PPF Financial Holdings B.V. (88.62%), PPF berinvestasi ke beberapa segmen pasar diantaranya adalah perbankan dan jasa keuangan, telekomunikasi, asuransi, properti, pertambangan logam, pertanian, retail dan bioteknologi. PPF mencakup negara dari Eropa ke Rusia, Amerika Serikat dan di seluruh Asia. PPF Group memiliki aset sebesar EUR 24,2 miliar (per 30 Juni 2016). Informasi lebih lanjut mengenai PPF Group N.V. dapat dikunjungi www.ppf.eu Minoritas saham dari Home Credit B.V. dipegang oleh EMMA OMEGA LTD sebesar 11,38%, sebuah perusahaan induk investasi yang dimiliki oleh Jiri Smejc.

Informasi lebih lanjut silakan hubungi:  
Andina Rosfieta
Public Relations & Communications
PT. Home Credit Indonesia
Phone   : +62 21 2953 9655 ext. 80630
Email     : andina.rosfieta@homecredit.co.id
Footer Logo

PT Home Credit Indonesia adalah perusahaan pembiayaan yang menyediakan jasa pembiayaan konsumen, melalui toko-toko rekanan peritel kami, bagi pelanggan yang ingin membeli barang-barang konsumsi tahan lama. Solusi pembiayaan Home Credit adalah Mudah, Praktis, dan Cepat.

Kantor Pusat:
PT. Home Credit Indonesia
Plaza Oleos 8th Floor
Jl. TB Simatupang No. 53A
South Jakarta 12520
E-mail: care@homecredit.co.id
Telepon: (+62) 21 295 39655
Fax: (+62) 21 227 80155
Back to Top