Home Credit Indonesia Edukasi Generasi Muda di Timur Indonesia Lewat Kegiatan Literasi Keuangan

25 April 2019

Kupang, 25 April 2019 – Tingkat inklusi keuangan secara nasional di Indonesia menunjukkan angka 67,8%. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat bahwa angka tersebut menunjukkan orang dewasa sudah memiliki akses keuangan. Meski demikian, pemahaman masyarakat terhadap produk dan layanan keuangan masih sangat minim. Hanya 29,7% masyarakat Indonesia yang memiliki pengetahuan dan keterampilan memadai mengenai produk dan layanan keuangan.

Menyikapi hal tersebut, Home Credit Indonesia, perusahaan pembiayaan berbasis teknologi global, hari ini menggelar kegiatan edukasi literasi keuangan bertemakan “Jadi Entrepreneur Cerdas di Era Keuangan Digital Yang Kamu Mau”. Sebanyak 150 mahasiswa/i dari Universitas Nusa Cendana, Kupang, Nusa Tenggara Timur menjadi peserta dalam kegiatan ini.
Kegiatan ini merupakan wujud komitmen Home Credit Indonesia untuk berperan aktif dalam mendukung peningkatan pemahaman masyarakat dalam mengelola keuangan serta menggunakan produk dan layanan lembaga keuangan.

Hadir dalam kegiatan ini, Andy Nahil Gultom, Chief External Affairs PT Home Credit Indonesia menjelaskan, “Saat ini 50% dari penduduk usia produktif berasal dari generasi millennials. Pada tahun 2020-2030 mendatang, generasi muda ini akan mendominasi sebesar 70% dari total usia produktif, karenanya generasi muda semakin perlu memahami bagaimana pengelolaan keuangan dengan benar, seperti membedakan keinginan dan kebutuhan, mencapai tujuan keuangan, mengetahui jenis-jenis lembaga keuangan, pentingnya proteksi, manajemen resiko, hingga perbedaan menabung dan berinvestasi, termasuk juga menumbuhkan jiwa wirausaha.”
“Kami berkomitmen untuk mendukung OJK dalam meningkatkan inklusi dan literasi keuangan di tanah air. Hari ini kami datang ke Kupang untuk berbagi informasi dan membekali generasi muda dengan pengetahuan dasar keuangan dan kewirausahaan,” lanjut Andy.

“Kami berharap dengan pembekalan materi keuangan yang kami sampaikan dapat bermanfaat bagi adik-adik kita agar dapat menjadi generasi muda yang cakap keuangan dan mampu menciptakan ide-ide usaha baru yang kreatif untuk membuka peluang lapangan pekerjaan baru kedepannya,” jelas Andy.

Sesuai dengan tema yang dibawakan, kegiatan literasi keuangan ini memusatkan peserta untuk membangun pola pikir seorang wirausahawan kreatif dan inovatif di era keuangan digital. Para peserta diberikan pemahaman cara-cara yang perlu mereka lakukan agar dapat menjadi seorang wirausahawan yang kreatif dan inovatif sedini mungkin. Salah satu sesi dalam kegiatan ini dirancang khusus untuk menantang peserta saling berdiskusi kritis di dalam grup dan memberikan solusi inovatif atas permasalahan yang terjadi di sekitar lingkungan mereka.
 
Turut hadir sebagai perwakilan dari Universitas Nusa Cendana, Bapak Dr. Siprianus Suban Garak, M.Sc, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Nusa Cendana turut menyampaikan harapannya atas terselenggaranya kegiatan ini, “Kami senang sekali Home Credit memberikan sebuah pelatihan literasi keuangan yang bertemakan Kewirausahaan. Hal ini sesuai dengan sebuah tema kegiatan yang juga akan kami lakukan. Kami berharap dengan adanya kegiatan ini, minat mahasiswa kami terhadap berwirausaha juga akan semakin berkembang.”
 
Sepanjang kuartal pertama di tahun 2019, Home Credit Indonesia telah melaksanakan 2 kegiatan literasi keuangan, termasuk di Kupang. Pada Februari lalu, Home Credit Indonesia berkesempatan mengunjungi Universitas Lambung Mangkurat di Banjarmasin. Melalui 2 kegiatan tersebut, Home Credit Indonesia telah mengedukasi sebanyak 200 generasi muda Indonesia. Inisiatif ini akan terus dilakukan sepanjang tahun 2019 ini dengan menargetkan total 1000 peserta.
 
Sejak beroperasi di Indonesia 2013 lalu, Home Credit Indonesia telah berhasil mengedukasi masyarakat di Indonesia. Bukan hanya mengedukasi masyarakat melalui kegiatan literasi keuangan, Home Credit Indonesia juga menjalankan program literasi keuangan secara online lewat #DoITCERDAS yang diharapkan dapat lebih menjangkau masyarakat lebih banyak lagi. Home Credit Indonesia secara aktif memposting konten keuangan melalui media sosial Instagram dan YouTube.

###

Tentang Home Credit Indonesia 
Home Credit Indonesia merupakan perusahaan pembiayaan multiguna yang menyediakan pembiayaan non-tunai langsung di tempat untuk Konsumen yang ingin membeli produk-produk seperti mobile phone, gadget, alat-alat elektronik, TV dan furnitur. Baik secara online maupun offline, kami selalu hadir untuk memudahkan pelanggan memperoleh barang dan layanan idaman dengan cepat, tak terkecuali bagi konsumen yang belum pernah mengajukan cicilan. Berdiri pada tahun 2013, saat ini Home Credit telah melayani lebih dari 3,6 juta pelanggan, memiliki lebih dari 18.000 titik penjualan dan memperkerjakan sekitar 11.000 karyawan (data per 31 Desember 2018). Mitra kami saat ini adalah produsen dan peritel terkemuka diantaranya Erafone, Oke Shop, Global Teleshop, Electronic City, Informa, IKEA, Hartono, Hypermart, Trans Hello, Lotte Mart, VIVO, OPPO, Tokopedia, Blibli.com, Citilink, TokoPDA.com dan lain sebagainya. Kami memberikan pelayanan yang mudah, sederhana dan cepat. Silakan kunjungi www.homecredit.co.id untuk berita terbaru dan informasi lebih mendalam mengenai Home Credit Indonesia. Likes Facebook Home Credit Indonesia dan ikuti halaman perusahaan kami di LinkedIn Home Credit Indonesia serta follow Instagram kami di @homecreditid
 
 
Tentang Home Credit Group 
Home Credit B.V. (“HCBV” atau ‘Grup’) adalah layanan pembiayaan bagi pelanggan yang beroperasi di 10 negara dengan potensi tinggi untuk tumbuh. Didirikan pada tahun 1997, kami fokus pada pinjaman yang bertanggungjawab terutama bagi orang yang memiliki sedikit pengetahuan atau tidak memiliki sejarah tentang kredit. Layanan kami sangat sederhana, mudah dan cepat. Kami beroperasi di negara yang memiliki market/pasar yang sangat menarik dengan berbagai kendala ketika memulainya. Kami adalah layanan pembiayaan terkemuka bagi pelanggan di negara-negara terpilih. Dengan pengalaman dan pengetahuan kami yang berkelanjutan di seluruh pasar yang berbeda-beda, menempatkan kehadiran kami di depan para pesaing. Kami mendorong dan memperluas inkulusi keuangan bagi masyarakat yang tidak memiliki rekening bank dengan menyediakan pengetahuan mengenai pinjaman yang aman untuk pertama kalinya bagi pelanggan kami. Kami mempromosikan standar hidup yang lebih tinggi dan memenuhi kebutuhan keuangan peminjam. Kami memiliki 132.000 karyawan dan melayani lebih dari 111 juta pelanggan dengan jaringan distribusi yang luas yaitu 434,232 titik penjualan, kantor pinjaman, kantor cabang dan post office. Total aset konsolidasi HCBV mencapai EUR 22,2 (data per 30 September 2018). Informasi lebih lanjut mengenai HCBV dapat diakses melalui www.homecredit.net
 
 
Pemegang saham mayoritas (88,62% saham) dari Home Credit B.V. adalah PPF Financial Holdings B.V., hampir 100% anak perusahaan dari PPF Group N.V. (“PPF”). PPF berinvestasi ke beberapa segmen pasar diantaranya adalah perbankan dan jasa keuangan, telekomunikasi, asuransi, properti, pertambangan logam, pertanian, retail dan bioteknologi. PPF mencakup negara dari Eropa ke Rusia, Amerika Serikat dan di seluruh Asia. PPF Group memiliki aset sebesar EUR 38 miliar (data per 30 Juni 2018). Informasi lebih lanjut mengenai PPF Group N.V. dapat dikunjungi www.ppf.eu
 
 
Minoritas saham dari Home Credit B.V. dipegang oleh EMMA OMEGA LTD sebesar 11,38%, sebuah perusahaan induk investasi yang dimiliki oleh Jiri Smejc. Informasi lebih lanjut mengenai Emma Capital dapat diakses melalui www.emmacapital.cz.

Informasi lebih lanjut silakan hubungi:  
Andina Rosfieta
PR & Communications Manager
PT Home Credit Indonesia
Phone: +62 21 2953 9655 ext. 80630
Email: ea.info@homecredit.co.id 
Footer Logo

PT Home Credit Indonesia merupakan perusahaan pembiayaan multiguna yang memberikan layanan pembiayaan bagi pelanggan yang berbelanja secara online maupun offline. Kami juga menyediakan pembiayaan multiguna bagi pelanggan setia kami agar mereka dapat memenuhi kebutuhan finansial mereka.

Kami hadir untuk menjadikan apa yang Anda inginkan dalam jangkauan dengan mengubah cara dunia berbelanja.

Anda Bisa!

Kantor Pusat:

PT Home Credit Indonesia

Plaza Oleos Lantai 8

Jl. TB Simatupang No. 53A

Jakarta Selatan 12520
E-mail: care@homecredit.co.id
Telepon: (+62) 21 295 39655
Fax: (+62) 21 227 80155
Back to Top