Home Credit Indonesia Edukasi Generasi Muda di Timur Indonesia Lewat Kegiatan Literasi Keuangan

25 April 2019

Kupang, 25 April 2019 – Tingkat inklusi keuangan secara nasional di Indonesia menunjukkan angka 67,8%. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat bahwa angka tersebut menunjukkan orang dewasa sudah memiliki akses keuangan. Meski demikian, pemahaman masyarakat terhadap produk dan layanan keuangan masih sangat minim. Hanya 29,7% masyarakat Indonesia yang memiliki pengetahuan dan keterampilan memadai mengenai produk dan layanan keuangan.

Menyikapi hal tersebut, Home Credit Indonesia, perusahaan pembiayaan berbasis teknologi global, hari ini menggelar kegiatan edukasi literasi keuangan bertemakan “Jadi Entrepreneur Cerdas di Era Keuangan Digital Yang Kamu Mau”. Sebanyak 150 mahasiswa/i dari Universitas Nusa Cendana, Kupang, Nusa Tenggara Timur menjadi peserta dalam kegiatan ini.
Kegiatan ini merupakan wujud komitmen Home Credit Indonesia untuk berperan aktif dalam mendukung peningkatan pemahaman masyarakat dalam mengelola keuangan serta menggunakan produk dan layanan lembaga keuangan.

Hadir dalam kegiatan ini, Andy Nahil Gultom, Chief External Affairs PT Home Credit Indonesia menjelaskan, “Saat ini 50% dari penduduk usia produktif berasal dari generasi millennials. Pada tahun 2020-2030 mendatang, generasi muda ini akan mendominasi sebesar 70% dari total usia produktif, karenanya generasi muda semakin perlu memahami bagaimana pengelolaan keuangan dengan benar, seperti membedakan keinginan dan kebutuhan, mencapai tujuan keuangan, mengetahui jenis-jenis lembaga keuangan, pentingnya proteksi, manajemen resiko, hingga perbedaan menabung dan berinvestasi, termasuk juga menumbuhkan jiwa wirausaha.”
“Kami berkomitmen untuk mendukung OJK dalam meningkatkan inklusi dan literasi keuangan di tanah air. Hari ini kami datang ke Kupang untuk berbagi informasi dan membekali generasi muda dengan pengetahuan dasar keuangan dan kewirausahaan,” lanjut Andy.

“Kami berharap dengan pembekalan materi keuangan yang kami sampaikan dapat bermanfaat bagi adik-adik kita agar dapat menjadi generasi muda yang cakap keuangan dan mampu menciptakan ide-ide usaha baru yang kreatif untuk membuka peluang lapangan pekerjaan baru kedepannya,” jelas Andy.

Sesuai dengan tema yang dibawakan, kegiatan literasi keuangan ini memusatkan peserta untuk membangun pola pikir seorang wirausahawan kreatif dan inovatif di era keuangan digital. Para peserta diberikan pemahaman cara-cara yang perlu mereka lakukan agar dapat menjadi seorang wirausahawan yang kreatif dan inovatif sedini mungkin. Salah satu sesi dalam kegiatan ini dirancang khusus untuk menantang peserta saling berdiskusi kritis di dalam grup dan memberikan solusi inovatif atas permasalahan yang terjadi di sekitar lingkungan mereka.
 
Turut hadir sebagai perwakilan dari Universitas Nusa Cendana, Bapak Dr. Siprianus Suban Garak, M.Sc, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Nusa Cendana turut menyampaikan harapannya atas terselenggaranya kegiatan ini, “Kami senang sekali Home Credit memberikan sebuah pelatihan literasi keuangan yang bertemakan Kewirausahaan. Hal ini sesuai dengan sebuah tema kegiatan yang juga akan kami lakukan. Kami berharap dengan adanya kegiatan ini, minat mahasiswa kami terhadap berwirausaha juga akan semakin berkembang.”
 
Sepanjang kuartal pertama di tahun 2019, Home Credit Indonesia telah melaksanakan 2 kegiatan literasi keuangan, termasuk di Kupang. Pada Februari lalu, Home Credit Indonesia berkesempatan mengunjungi Universitas Lambung Mangkurat di Banjarmasin. Melalui 2 kegiatan tersebut, Home Credit Indonesia telah mengedukasi sebanyak 200 generasi muda Indonesia. Inisiatif ini akan terus dilakukan sepanjang tahun 2019 ini dengan menargetkan total 1000 peserta.
 
Sejak beroperasi di Indonesia 2013 lalu, Home Credit Indonesia telah berhasil mengedukasi masyarakat di Indonesia. Bukan hanya mengedukasi masyarakat melalui kegiatan literasi keuangan, Home Credit Indonesia juga menjalankan program literasi keuangan secara online lewat #DoITCERDAS yang diharapkan dapat lebih menjangkau masyarakat lebih banyak lagi. Home Credit Indonesia secara aktif memposting konten keuangan melalui media sosial Instagram dan YouTube.

###

Tentang Home Credit Indonesia
Home Credit Indonesia merupakan perusahaan pembiayaan multiguna yang menyediakan pembiayaan di toko (pembiayaan non-tunai langsung di tempat) untuk Konsumen yang ingin membeli produk-produk seperti alat rumah tangga, alat-alat elektronik, handphone dan furnitur. Berdiri pada tahun 2013 dan saat ini telah melayani lebih dari 3,6 juta pelanggan, memiliki lebih dari 18.000 titik penjualan dan memperkerjakan sekitar 11.000 karyawan (data per 31 Desember 2018). Mitra kami saat ini adalah produsen dan peritel terkemuka diantaranya Erafone, Home Solution, Informa, Electronic City, IKEA, Oke Shop, Global Teleshop, Hypermart, Trans Hello, Lotte Mart, ACE Hardware, Gramedia dan lain sebagainya. Kami memberikan pelayanan yang mudah, sederhana dan cepat. Silakan kunjungi www.homecredit.co.id untuk berita terbaru dan informasi lebih mendalam mengenai Home Credit Indonesia. Likes Facebook Home Credit Indonesia dan ikuti halaman perusahaan kami di LinkedIn Home Credit Indonesia serta follow Instagram kami di @homecreditid


Tentang Home Credit
Home Credit N.V. (“HCNV”) merupakan induk perusahaan dari bisnis Home Credit secara global, yang berkantor pusat di Belanda. Secara terpusat, HCNV mengelola strategi utama Home Credit, yang mencakup teknologi, manajemen risiko, produk dan pendanaan, sembari terus beradaptasi mengikuti kebutuhan pasar lokal. HCBV adalah spesialis di layanan pembiayaan konsumen di pasar negara berkembang (‘emerging market’). Saat ini HCBV hadir di berbagai negara di (1) Eropa Tengah dan Eropa Timur (termasuk di antaranya Republik Ceko dan Slovakia); (2) Persemakmuran Negara-negara Merdeka (termasuk di antaranya Russia dan Kazakhstan); (3) Tiongkok; serta (4) Asia Selatan dan Asia Tenggara (termasuk di antaranya India, Indonesia, Vietnam dan Filipina).

Didirikan pada tahun 1997, Home Credit menyediakan layanan pembiayaan yang aman dan bertanggungjawab (responsible financing) bagi masyarakat dengan riwayat kredit minim, atau bahkan bagi mereka yang tidak memiliki riwayat kredit sama sekali. Home Credit juga mengemban misi untuk meningkatkan inklusi keuangan di negara-negara tempat mereka beroperasi dengan menyediakan layanan pembiayaan bagi pelanggan yang membutuhkan, kapanpun dan dimanapun mereka berada, melalui jaringan distribusi omni-channel yang dimiliki. Dan pada akhirnya, memberikan pengalaman pelanggan yang positif dan aman selama mereka menggunakan layanan pembiayaan.

HCNV tercatat telah melayani lebih dari 123,7 juta pelanggan di berbagai titik distribusi, yang terdiri dari 453.539 point-of-sales (POS), kantor pembiayaan, kantor cabang, kantor pos, dan ATM. Total aset konsolidasi HCNV mencapai EUR 25,6 miliar. Semua angka yang terangkum di sini berdasarkan data hingga 30 Juni 2019, kecuali dinyatakan lain. Informasi lebih lanjut tentang HCNV dapat diakses di www.homecredit.net.
 
Pemegang saham tunggal dari HCNV adalah Home Credit Group B.V. (‘HCGBV’). Pada tahun 2019, HCBV memberikan sebagian kecil operasi non-inti, termasuk bisnisnya di Amerika Serikat, kepada HCGBV. Pengumuman ini disajikan seolah operasi kecil dan non-inti tersebut dimiliki oleh HCGBV pada 1 Januari 2018. 91,12% kepemilikan saham HCGBV dimiliki oleh PPF Financial Holdings B.V.


PPF Financial Holdings secara 100% merupakan anak perusahaan dari PPF Group N.V. (“PPF”). PPF melakukan investasi ke berbagai segmen pasar seperti perbankan dan jasa keuangan, telekomunikasi, asuransi, real estate, pertambangan logam, pertanian, ritel, dan bioteknologi. Jangkauan PPF mencakup wilayah Eropa hingga Russia, Amerika Serikat, dan juga Asia. PPF memiliki aset sebesar EUR 34,5 miliar (per 31 Desember 2018). Informasi lebih lanjut tentang PPF dapat diakses di www.ppf.eu

Kepemilikan minoritas (8,88%) dari Home Credit Group B.V. dimiliki oleh EMMA OMEGA LTD, sebuah perusahaan induk investasi yang dimiliki oleh Jiří Šmejc. Informasi lebih lanjut tentang Emma Capital dapat diakses di
 www.emmacapital.cz

Informasi lebih lanjut silakan hubungi:  
Freya Pradieta Laksmono
VP Brand Strategy & Communications
PT. Home Credit Indonesia
Email: ms.info@homecredit.co.id
Phone: 021 29659655
Footer Logo

PT Home Credit Indonesia merupakan perusahaan pembiayaan multiguna yang memberikan layanan pembiayaan bagi pelanggan yang berbelanja secara online maupun offline. Kami juga menyediakan pembiayaan multiguna bagi pelanggan setia kami agar mereka dapat memenuhi kebutuhan finansial mereka.

Kami hadir untuk menjadikan apa yang Anda inginkan dalam jangkauan dengan mengubah cara dunia berbelanja.

Anda Bisa!

Kantor Pusat:

PT Home Credit Indonesia

Plaza Oleos Lantai 8

Jl. TB Simatupang No. 53A

Jakarta Selatan 12520
E-mail: care@homecredit.co.id
Telepon: (+62) 21 295 39655
Fax: (+62) 21 227 80155
Back to Top