Home Credit Indonesia Dukung Pertumbuhan Bisnis Mitra UMKM di Indonesia

21 Mei 2019

Pekanbaru, Makasssar dan Denpasar merupakan 3 wilayah teratas dengan pertumbuhan bisnis yang cukup signifikan terutama untuk toko-toko kecil sebagai mitra tradisional

Jakarta, 21 Mei 2019 – Dengan mengusung semangat yang sama yakni mengubah cara dunia berbelanja, Home Credit Indonesia senantiasa memposisikan diri sebagai perusahaan pembiayaan yang terus memberikan solusi inovatif, proses yang mudah serta produk dan layanan yang terbaik bagi pelanggan. Tidak hanya itu, selama 6 tahun beroperasi di Indonesia, Home Credit telah tumbuh dan besar bersama mitra bisnis, baik peritel terkemuka maupun mitra bisnis kelas kecil dan menengah.

Menilik lebih jauh mengenai pertumbuhan mitra bisnis kelas kecil dan menengah, hari ini Home Credit menggelar diskusi interaktif bertemakan “Empowering SME Partners” di Jakarta.

“Seiring berkembangnya ekspansi bisnis Home Credit di hampir seluruh wilayah Indonesia, jaringan distribusi kami juga semakin luas, layanan kami juga selalu hadir bersama para mitra bisnis. Tidak hanya di wilayah Jawa, layanan kami tumbuh dan besar bersama mitra bisnis di wilayah Sumatera, Sulawesi, Indonesia Timur dan sekitarnya termasuk Denpasar. Sebagai perusahaan pembiayaan berbasis teknologi yang muktahir, kami berupaya untuk terus menjalankan komitmen menjadi mitra pembiayaan yang dapat diandalkan, baik dari sisi Konsumen maupun bagi mitra bisnis kami. ” jelas Andy Nahil Gultom, Chief External Affairs PT Home Credit Indonesia.

Andy menambahkan bahwa Home Credit senantiasa mendukung dan memberdayakan mitra bisnis, mulai dari mitra peritel ternama hingga toko-toko kecil yang dapat dengan mudah dijumpai di sekitar lingkungan kita. “Selain bermitra dengan peritel ternama, kami konsisten mendukung pertumbuhan bisnis mitra dengan skala bisnis kecil menengah, guna mendukung perekonomian Indonesia. Banyak toko-toko kecil yang kini kian sukses dengan mencatat penjualan yang meningkat cukup signifikan sejak menjalin kemitraan dengan Home Credit. Hal ini ditandai dengan peningkatan volume penjualan di tahun 2018 jika dibandingkan tahun 2017 di periode yang sama. Di wilayah Indonesia Barat, Pekanbaru contohnya, peningkatan sebesar 193% terjadi di tahun 2018 untuk komoditas mobile phone pada toko Goldwin Ponsel. Sementara untuk komoditas furnitur dan elektronik di Toko Rias Jaya Perabot meningkat 827%.”

Peningkatan volume penjualan juga dirasakan oleh mitra Home Credit di wilayah Indonesia Tengah yakni di Makassar, untuk komoditas mobile phone di toko Best Phone tahun 2018 meningkat sekitar 474%. Sementara pada komoditas non-mobile phone seperti furnitur dan elektronik di Toko Wajo Raya di tahun 2018 meningkat sangat signifikan sebesar 3.573% jika dibandingkan tahun 2017.

Bergeser sedikit ke wilayah Indonesia Timur dan sekitarnya, peningkatan volume penjualan untuk komoditas mobile phone terjadi di toko Bintank Cell di Denpasar sebesar 534%. Untuk komoditas furnitur dan elektronik dirasakan oleh toko Asia Electronics sebesar 803%.

Peningkatan volume penjualan ini diikuti dengan manfaat yang dirasakan oleh mitra bisnis Home Credit, termasuk pengalaman yang luar biasa. Salah satunya adalah kini toko semakin dikenal oleh masyarakat setempat, Konsumen semakin ramai mengunjungi toko, bahkan salah satu pemilik toko kini hidupnya menjadi lebih baik sejak bekerja sama dengan Home Credit.

Sementara itu, Eko Broto Bramantyo, Chief Sales Officer PT Home Credit Indonesia menambahkan, “Dengan jumlah total populasi sekitar 260 juta populasi penduduk Indonesia, layanan Home Credit telah dapat dinikmati di lebih dari 20.000 titik penjualan (POS) yang tersebar di Indonesia (data per 30 April 2019), mulai dari wilayah Jakarta, Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, hingga Indonesia Timur. Kami menyadari bahwa setiap wilayah memiliki karakteristik yang berbeda-beda, baik dari sisi Konsumen maupun dari mitra bisnis. Namun kami berharap dengan kemudahan akses pembiayaan yang kami tawarkan, mereka bisa mengembangkan bisnis, menjangkau pasar yang lebih besar dan menciptakan lebih banyak lapangan pekerjaan dan tentunya mendukung perekonomian Indonesia.”

Titik penjualan (POS) di wilayah Pekanbaru, Makassar dan Denpasar juga kian berkembang. Saat ini layanan Home Credit memiliki 705 POS di Pekanbaru, lebih dari 690 POS di Makassar dan 630 POS di Denpasar. Home Credit berharap layanan ini dapat semakin tumbuh bersama ribuan mitra di seluruh Indonesia.

Sebagai perusahaan pembiayaan yang lancar, dapat diandalkan, aman dan bertanggungjawab, Home Credit menyediakan pembiayaan untuk barang-barang tahan laman seperti handphone, barang elektronik, TV, laptop, perabot rumah tangga, fashion hingga aksesoris mobil, yang diperoleh secara online dan offline. Home Credit juga menyediakan pembiayaan multiguna bagi pelanggan setia untuk membiayai beragam hal seperti biaya sekolah, pernikahan, renovasi rumah, pengisian rumah, perjalanan, biaya kesehatan, dan masih banyak lagi. Tren pembiayaan Home Credit saat ini masih didominasi oleh pembiayaan untuk produk handphone dan gadget, diikuti oleh eletronik dan TV, furnitur, fashion dan aksesoris mobil.

###

Tentang Home Credit Indonesia
Home Credit Indonesia merupakan perusahaan pembiayaan multiguna yang menyediakan pembiayaan di toko (pembiayaan non-tunai langsung di tempat) untuk Konsumen yang ingin membeli produk-produk seperti alat rumah tangga, alat-alat elektronik, handphone dan furnitur. Berdiri pada tahun 2013 dan saat ini telah melayani lebih dari 3,6 juta pelanggan, memiliki lebih dari 18.000 titik penjualan dan memperkerjakan sekitar 11.000 karyawan (data per 31 Desember 2018). Mitra kami saat ini adalah produsen dan peritel terkemuka diantaranya Erafone, Home Solution, Informa, Electronic City, IKEA, Oke Shop, Global Teleshop, Hypermart, Trans Hello, Lotte Mart, ACE Hardware, Gramedia dan lain sebagainya. Kami memberikan pelayanan yang mudah, sederhana dan cepat. Silakan kunjungi www.homecredit.co.id untuk berita terbaru dan informasi lebih mendalam mengenai Home Credit Indonesia. Likes Facebook Home Credit Indonesia dan ikuti halaman perusahaan kami di LinkedIn Home Credit Indonesia serta follow Instagram kami di @homecreditid


Tentang Home Credit
Home Credit N.V. (“HCNV”) merupakan induk perusahaan dari bisnis Home Credit secara global, yang berkantor pusat di Belanda. Secara terpusat, HCNV mengelola strategi utama Home Credit, yang mencakup teknologi, manajemen risiko, produk dan pendanaan, sembari terus beradaptasi mengikuti kebutuhan pasar lokal. HCBV adalah spesialis di layanan pembiayaan konsumen di pasar negara berkembang (‘emerging market’). Saat ini HCBV hadir di berbagai negara di (1) Eropa Tengah dan Eropa Timur (termasuk di antaranya Republik Ceko dan Slovakia); (2) Persemakmuran Negara-negara Merdeka (termasuk di antaranya Russia dan Kazakhstan); (3) Tiongkok; serta (4) Asia Selatan dan Asia Tenggara (termasuk di antaranya India, Indonesia, Vietnam dan Filipina).

Didirikan pada tahun 1997, Home Credit menyediakan layanan pembiayaan yang aman dan bertanggungjawab (responsible financing) bagi masyarakat dengan riwayat kredit minim, atau bahkan bagi mereka yang tidak memiliki riwayat kredit sama sekali. Home Credit juga mengemban misi untuk meningkatkan inklusi keuangan di negara-negara tempat mereka beroperasi dengan menyediakan layanan pembiayaan bagi pelanggan yang membutuhkan, kapanpun dan dimanapun mereka berada, melalui jaringan distribusi omni-channel yang dimiliki. Dan pada akhirnya, memberikan pengalaman pelanggan yang positif dan aman selama mereka menggunakan layanan pembiayaan.

HCNV tercatat telah melayani lebih dari 123,7 juta pelanggan di berbagai titik distribusi, yang terdiri dari 453.539 point-of-sales (POS), kantor pembiayaan, kantor cabang, kantor pos, dan ATM. Total aset konsolidasi HCNV mencapai EUR 25,6 miliar. Semua angka yang terangkum di sini berdasarkan data hingga 30 Juni 2019, kecuali dinyatakan lain. Informasi lebih lanjut tentang HCNV dapat diakses di www.homecredit.net.
 
Pemegang saham tunggal dari HCNV adalah Home Credit Group B.V. (‘HCGBV’). Pada tahun 2019, HCBV memberikan sebagian kecil operasi non-inti, termasuk bisnisnya di Amerika Serikat, kepada HCGBV. Pengumuman ini disajikan seolah operasi kecil dan non-inti tersebut dimiliki oleh HCGBV pada 1 Januari 2018. 91,12% kepemilikan saham HCGBV dimiliki oleh PPF Financial Holdings B.V.


PPF Financial Holdings secara 100% merupakan anak perusahaan dari PPF Group N.V. (“PPF”). PPF melakukan investasi ke berbagai segmen pasar seperti perbankan dan jasa keuangan, telekomunikasi, asuransi, real estate, pertambangan logam, pertanian, ritel, dan bioteknologi. Jangkauan PPF mencakup wilayah Eropa hingga Russia, Amerika Serikat, dan juga Asia. PPF memiliki aset sebesar EUR 34,5 miliar (per 31 Desember 2018). Informasi lebih lanjut tentang PPF dapat diakses di www.ppf.eu

Kepemilikan minoritas (8,88%) dari Home Credit Group B.V. dimiliki oleh EMMA OMEGA LTD, sebuah perusahaan induk investasi yang dimiliki oleh Jiří Šmejc. Informasi lebih lanjut tentang Emma Capital dapat diakses di
 www.emmacapital.cz

Informasi lebih lanjut silakan hubungi:  
Freya Pradieta Laksmono
VP Brand Strategy & Communications
PT. Home Credit Indonesia
Email: ms.info@homecredit.co.id
Phone: 021 29659655
Footer Logo

PT Home Credit Indonesia merupakan perusahaan pembiayaan multiguna yang memberikan layanan pembiayaan bagi pelanggan yang berbelanja secara online maupun offline. Kami juga menyediakan pembiayaan multiguna bagi pelanggan setia kami agar mereka dapat memenuhi kebutuhan finansial mereka.

Kami hadir untuk menjadikan apa yang Anda inginkan dalam jangkauan dengan mengubah cara dunia berbelanja.

Anda Bisa!

Kantor Pusat:

PT Home Credit Indonesia

Plaza Oleos Lantai 8

Jl. TB Simatupang No. 53A

Jakarta Selatan 12520
E-mail: care@homecredit.co.id
Telepon: (+62) 21 295 39655
Fax: (+62) 21 227 80155
Back to Top