Gerakkan Pelaku Usaha Kecil dan Menengah, Home Credit Indonesia dan Wahana Visi Indonesia

13 November 2015

Jakarta, 13 November 2015Home Credit Indonesia, perusahaan internasional penyedia pembiayaan konsumen, hari ini menyelenggarakan Program Literasi Keuangan guna mendorong menciptakan pelaku usaha kecil dan menengah untuk menghadapi tantangan pertumbuhan ekonomi yang melemah saat ini. Kegiatan hari ini berlangsung di Godong Ijo, Cinangka, Depok yang diikuti oleh 200 peserta dari Masyarakat Area Development Program (ADP) Penjaringan dan Jatinegara.
 
Kegiatan ini dihadiri oleh Andy Nahil Gultom, EVP External Affairs Home Credit Indonesia dan Agung Daniel Christianto, Project Manager Wahana Visi Indonesia, yang sekaligus membuka kesempatan bagi peserta untuk berinteraksi langsung dengan para pemberi materi agar lebih memahami pentingnya mengelola keuangan dengan baik.
 
Program ini terselenggara atas inisiatif dari Wahana Visi Indonesia, sebuah organisasi niralaba yang bergerak di bidang pendidikan, bencana alam, advokasi dan pemberdayaan ekonomi kelas menengah. Inisiasi program ini mengacu pada pengaturan Pengelolaan Ekonomi Rumah Tangga (PERT). PERT ini menjadi penting ketika setiap keluarga mampu mengelola pengeluaran keuangan keluarga untuk setiap kebutuhan keluarga, melalui perencanaan dan pencatatan yang baik.
 
Home Credit Indonesia berupaya untuk menjadi mitra handal yang dapat mengedukasi masyarakat mengenai literasi keuangan. Program ini sejalan dengan visi Home Credit Indonesia dan nilai perusahaan, dimana dengan pemahaman literasi keuangan dapat meningkatkan kesejahteraan, serta mendorong masyarakat untuk menjadi pelaku usaha kecil dan menengah yang tangguh ditengan kondisi perekonomian yang saat ini kurang stabil.
 
Jaroslav Gaisler, CEO Home Credit Indonesia mengatakan, “Kami sangat senang dapat bekerjasama dengan Wahana Visi Indonesia dalam menggelar Program Literasi Keuangan. Dengan adanya kegiatan ini akan memperluas kesempatan masyarakat Indonesia guna memperoleh manfaat mengenai pemahaman dan pengeleloaan keuangan yang baik demi masa depan yang lebih baik.”
 
Penerima manfaat Pelatihan Pengelolaan Ekonomi Rumah Tangga adalah masyarakat dan orang tua wakil anak dampingan ADP Jatinegara dan Penjaringan, yang sebagian besar adalah Pekerja Harian Lepas, Ibu Rumah Tangga, Pendamping Anak, Kader Posyandu, Kader Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) yang perlu dibekali pengetahuan mengelola ekonomi rumah tangga.
 
Andy Nahil Gultom menambahkan, “Ini merupakan kolaborasi yang visioner. Home Credit Indonesia sangat mendukung dalam meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia. Fokus Program Literasi Keuangan ini adalah sebagai wadah untuk mengedukasi masyarakat mengenai mengelola keuangan dengan baik terutama pengelolaan ekonomi rumah tangga, sehingga dapat meningkatkan kemampuan seseorang dalam membuat keputusan yang efektif terhadap sumber daya keuangannya.”
 
Kegiatan ini ketiga kalinya digelar oleh Home Credit Indonesia setelah mengikuti kesuksesan Program Literasi Keuangan di tahun 2014. Melalui program ini peserta memperoleh perspektif baru, khususnya mengelola keuangan individu dan keluarga, sehingga mampu mengambil keputusan apabila di kemudian hari ditawarkan produk atau layanan oleh lembaga jasa keuangan ataupun pembiayaan.
 
Dalam kegiatan ini perwakilan dari Home Credit Indonesia dan Wahana Visi Indonesia memberikan pembelajaran interaktif melalui materi literasi keuangan yang dikemas dalam bentuk pre-test sebelum kegiatan dimulai, diskusi, presentasi serta post-test setelah mengikuti kelas literasi keuangan. Beberapa materi edukasi dalam kegiatan hari ini diantaranya adalah mengidentifikasi kebutuhan dan keinginan; membangun perlindungan keuangan keluarga; membuat anggaran belanja untuk individu dan keluarga secara sederhana dan praktis serta mempraktekkannya.
 
Program Literasi Keuangan hari ini terselenggara juga untuk mendukung program literasi keuangan dari  Otoritas Jasa Keuangan guna mencapai usaha pembiayaan yang bertanggungjawab, maupun mendukung Program Inklusif Keuangan di Indonesia.

###

Tentang Home Credit Indonesia
Home Credit Indonesia merupakan perusahaan pembiayaan multiguna yang menyediakan pembiayaan di toko (pembiayaan non-tunai langsung di tempat) untuk Konsumen yang ingin membeli produk-produk seperti alat rumah tangga, alat-alat elektronik, handphone dan furnitur. Berdiri pada tahun 2013 dan saat ini telah melayani lebih dari 900.000 pelanggan, memiliki lebih dari 5.500 titik penjualan dan memperkerjakan lebih dari 5.500 karyawan (data per 30 April 2017). Mitra kami saat ini adalah produsen dan peritel terkemuka diantaranya Erafone, Electronic Solution, Home Solution, Informa, Electronic City, IKEA, Oke Shop, Global Teleshop, Hypermart, Trans Hello, Lotte Mart, ACE Hardware, Gramedia dan lain sebagainya. Kami memberikan pelayanan yang mudah, sederhana dan cepat. Silakan kunjungi www.homecredit.co.id untuk berita terbaru dan informasi lebih mendalam mengenai Home Credit Indonesia. Likes Facebook Home Credit Indonesia dan ikuti halaman perusahaan kami di LinkedIn Home Credit Indonesia serta follow Instagram kami di @homecreditid

Tentang Home Credit
Home Credit B.V. (“HCBV”) adalah perusahaan induk yang berbasis di Belanda sebagai platform global Home Credit. Secara terpusat, HCBV mengelola strategi utama, teknologi, risiko, produk, dan pendanaan sembari beradaptasi dengan kebutuhan pasar lokal. HCBV menjadi spesialis keuangan untuk konsumen pasar negara berkembang yang beroperasi di (1) Eropa Tengah dan Timur termasuk Republik Ceko dan Slovakia; (2) Persemakmuran Negara-Negara Merdeka termasuk Rusia dan Kazakhstan; (3) China; dan (4) Asia Selatan dan Tenggara termasuk India, Indonesia, Vietnam, dan Filipina.
 
Didirikan pada tahun 1997, Home Credit berfokus pada pinjaman bertanggung jawab, khususnya untuk orang-orang dengan sedikit atau tanpa catatan kredit dan memiliki hak penuh untuk menjalankan bisnis di pasar terpilih. Home Credit mendorong dan memperluas inklusi keuangan dengan menyediakan pembiayaan kepada orang-orang yang kurang terlayani di mana pun dan kapan pun mereka butuhkan melalui jaringan distribusi omni-channel, sekaligus memberikan pengalaman pinjaman yang positif dan aman.
 
Sejauh ini HCBV melayani lebih dari 119,6 juta pelanggan melalui jaringan distribusi yang terdiri dari sekitar 426.900 titik penjualan, kantor pinjaman, cabang, kantor pos, dan ATM. Laba konsolidasi naik 80% dari tahun ke tahun menjadi EUR 571 juta sepanjang tahun 2018, didorong oleh pertumbuhan portofolio pinjaman tunai dan peningkatan hasil, didukung oleh skala dan efisiensi jaringan pinjaman dalam toko dan pinjaman online Home Credit yang luas. Kinerja HCBV terus bertahan selama Q1 2019 dengan laba konsolidasi sebesar EUR 155 juta. Total aset konsolidasi mencapai EUR 24.947 juta, sementara total ekuitas mencapai EUR 3.513 juta. Semua angka dalam Catatan untuk Editor ini adalah per 31 Maret 2019 kecuali terjadi perubahan. Informasi lebih lanjut tentang HCBV tersedia di www.homecredit.net.
 
100% pemegang saham HCBV adalah Home Credit Group B.V. (“HC Group”). HC Group adalah 91,12% anak perusahaan dari PPF Financial Holdings B.V. Saham minoritas (8,88%) di HC Group dipegang oleh EMMA OMEGA LTD, sebuah perusahaan induk investasi yang dimiliki oleh Mr. Jiří Šmejc. Informasi lebih lanjut tentang Emma Capital tersedia di www.emmacapital.cz.
 
PPF Financial Holdings adalah 100% anak perusahaan dari PPF Group N.V. (“PPF”). PPF berinvestasi ke berbagai segmen pasar seperti perbankan dan jasa keuangan, telekomunikasi, asuransi, real estate, pertambangan logam, pertanian, ritel, dan bioteknologi. Jangkauan PPF mencakup Eropa hingga Rusia, Amerika Serikat, dan di seluruh Asia. PPF memiliki aset sebesar EUR 34,5 miliar (per 31 Desember 2018). Informasi lebih lanjut tentang PPF tersedia di www.ppf.eu
 

Informasi lebih lanjut silakan hubungi:  
Andina Rosfieta
PR & Communications Manager
PT Home Credit Indonesia
Phone: +62 21 2953 9655 ext. 80630
Email: ea.info@homecredit.co.id 
Footer Logo

PT Home Credit Indonesia merupakan perusahaan pembiayaan multiguna yang memberikan layanan pembiayaan bagi pelanggan yang berbelanja secara online maupun offline. Kami juga menyediakan pembiayaan multiguna bagi pelanggan setia kami agar mereka dapat memenuhi kebutuhan finansial mereka.

Kami hadir untuk menjadikan apa yang Anda inginkan dalam jangkauan dengan mengubah cara dunia berbelanja.

Anda Bisa!

Kantor Pusat:

PT Home Credit Indonesia

Plaza Oleos Lantai 8

Jl. TB Simatupang No. 53A

Jakarta Selatan 12520
E-mail: care@homecredit.co.id
Telepon: (+62) 21 295 39655
Fax: (+62) 21 227 80155
Back to Top