Ciptakan Peluang Kerja Bagi Talenta Muda Di Ilmu Data, Home Credit Indonesia Hadirkan Data Science Academy

27 April 2019

Bandung, 27 April 2019 - Berkembangnya era digital di dunia mendorong para pelaku industri menuju revolusi industri 4.0. Pengolahan dan pemanfaatan data yang masif atau yang kerap dikenal dengan istilah Big Data menjadi faktor penting bagi hampir semua pelaku industri untuk dapat terus bersaing di pasar. Tidak sedikit pula orang yang membicarakan data science, sebagai ilmu yang bergengsi di era Big Data ini.
 
Menyikapi hal tersebut, Home Credit Indonesia, perusahaan pembiayaan berbasis teknologi mutakhir, hadir di Bandung, tepatnya di Institut Teknologi Bandung (ITB) untuk mencari talenta muda tanah air khususnya di bidang data science lewat sebuah program Data Science Academy.
 
Hadir dalam kegiatan tersebut Andy Nahil Gultom, Chief External Affairs PT Home Credit Indonesia, mengatakan, “Kami menyadari kehadiran revolusi industri 4.0 semakin terlihat nyata. Ini bisa dikatakan transformasi digital. Menyesuaikan dengan perkembangan teknologi tersebut, transformasi ke era digital sudah kami lakukan sejak tahun 2016. Salah satu bentuk transformasi digital yang kami lakukan adalah dengan diluncurkannya aplikasi mobile My Home Credit yang mempermudah pelanggan mengakses layanan kami. Home Credit juga telah berhasil mempercepat waktu proses persetujuan dari 30 menit menjadi sekitar 3 menit. Tidak hanya itu, kami juga telah memanfaatkan penggunaan Big Data guna meningkatkan kualitas pelayanan serta memudahkan kami dalam membuat keputusan. ”
 
“Keberhasilan dan perkembangan bisnis Home Credit di Indonesia tentunya didukung oleh talenta berbakat, solid dan tidak berhenti berinovasi yang sejalan dengan nilai-nilai perusahaan. Program Data Science Academy merupakan wujud komitmen Home Credit dalam mengembangkan sumber daya manusia di Indonesia. Program Data Science Academy akan lebih difokuskan kepada talenta dengan latar belakang Matematika, Statistik, IT dan Teknik Komputer untuk nantinya ditempatkan di departemen Risk dengan masa program 10 bulan, dan bertujuan menciptakan Data Scientists dari putra-putri bangsa yang kompetitif di kancah internasional. Mereka akan mulai bergabung bersama Home Credit pada bulan Agustus 2019,” lanjut Andy yang juga merupakan lulusan dari Institut Teknologi Bandung.
 
Secara umum data science merupakan penggalian atau dapat disebut mengekstrak data agar dapat difilter serta didapatkan data yang benar untuk menghasilkan produk data yang sebenar-benarnya. Data science sendiri merupakan gabungan dari inferensi data, pengembangan algoritmik, dan teknologi untuk memecahkan masalah analitik yang kompleks.
 
Sementara itu Natalia Damayanti, Ambassador PT Home Credit Indonesia yang juga hadir pada kegiatan tersebut menjelaskan, “Dalam Program Data Science Academy, kandidat akan melewati beberapa tahapan untuk dapat bergabung dengan Home Credit Indonesia dan hanya 20 kandidat terpilih yang akan bergabung ke Data Science Academy.  Kandindat terpilih akan ditantang menanangi serangkaian proyek menarik, namun juga akan dibimbing oleh para ahli data science. Mereka juga akan mendapatkan program pelatihan kompetensi di kantor pusat Home Credit di Praha, Republik Ceko. Selama program mereka akan diberikan pelatihan mengenai Machine Learning dan Python.”
 
Syarat utama untuk berpartisipasi dalam Data Science Academy adalah harus menyukai angka dan memiliki pengetahuan dasar tentang SQL. Selain di ITB, Home Credit juga berkunjung ke beberapa universitas lainnya seperti Universitas Binus dan Institut Pertanian Bogor.
 
Home Credit senantiasa menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat guna membantu pemerintah mengatasi tingkat pengangguran di Indonesia. Saat ini Home Credit telah mempekerjakan lebih dari 11.200 orang dan kehadiran Home Credit sudah ada di 141 kota di seluruh Indonesia.
 
Sebagai perusahaan berbasis teknologi, Home Credit menyediakan layanan pembiayaan yang lancar, dapat diandalkan, aman dan bertanggungjawab. Pelanggan dapat menikmati layanan pembiayaan Home Credit untuk barang-barang tahan laman seperti smartphone, barang elektronik, TV, laptop, perabot rumah tangga, fashion hingga aksesoris mobil, yang diperoleh secara online dan offline. Home Credit juga menyediakan pembiayaan multiguna bagi pelanggan setia untuk membiayai beragam hal seperti biaya sekolah, pernikahan, renovasi rumah, pengisian rumah, perjalanan, biaya kesehatan, dan masih banyak lagi.
 

###

Tentang Home Credit Indonesia
Home Credit Indonesia merupakan perusahaan pembiayaan multiguna yang menyediakan pembiayaan di toko (pembiayaan non-tunai langsung di tempat) untuk Konsumen yang ingin membeli produk-produk seperti alat rumah tangga, alat-alat elektronik, handphone dan furnitur. Berdiri pada tahun 2013 dan saat ini telah melayani lebih dari 3,6 juta pelanggan, memiliki lebih dari 18.000 titik penjualan dan memperkerjakan sekitar 11.000 karyawan (data per 31 Desember 2018). Mitra kami saat ini adalah produsen dan peritel terkemuka diantaranya Erafone, Home Solution, Informa, Electronic City, IKEA, Oke Shop, Global Teleshop, Hypermart, Trans Hello, Lotte Mart, ACE Hardware, Gramedia dan lain sebagainya. Kami memberikan pelayanan yang mudah, sederhana dan cepat. Silakan kunjungi www.homecredit.co.id untuk berita terbaru dan informasi lebih mendalam mengenai Home Credit Indonesia. Likes Facebook Home Credit Indonesia dan ikuti halaman perusahaan kami di LinkedIn Home Credit Indonesia serta follow Instagram kami di @homecreditid


Tentang Home Credit
Home Credit N.V. (“HCNV”) merupakan induk perusahaan dari bisnis Home Credit secara global, yang berkantor pusat di Belanda. Secara terpusat, HCNV mengelola strategi utama Home Credit, yang mencakup teknologi, manajemen risiko, produk dan pendanaan, sembari terus beradaptasi mengikuti kebutuhan pasar lokal. HCBV adalah spesialis di layanan pembiayaan konsumen di pasar negara berkembang (‘emerging market’). Saat ini HCBV hadir di berbagai negara di (1) Eropa Tengah dan Eropa Timur (termasuk di antaranya Republik Ceko dan Slovakia); (2) Persemakmuran Negara-negara Merdeka (termasuk di antaranya Russia dan Kazakhstan); (3) Tiongkok; serta (4) Asia Selatan dan Asia Tenggara (termasuk di antaranya India, Indonesia, Vietnam dan Filipina).

Didirikan pada tahun 1997, Home Credit menyediakan layanan pembiayaan yang aman dan bertanggungjawab (responsible financing) bagi masyarakat dengan riwayat kredit minim, atau bahkan bagi mereka yang tidak memiliki riwayat kredit sama sekali. Home Credit juga mengemban misi untuk meningkatkan inklusi keuangan di negara-negara tempat mereka beroperasi dengan menyediakan layanan pembiayaan bagi pelanggan yang membutuhkan, kapanpun dan dimanapun mereka berada, melalui jaringan distribusi omni-channel yang dimiliki. Dan pada akhirnya, memberikan pengalaman pelanggan yang positif dan aman selama mereka menggunakan layanan pembiayaan.

HCNV tercatat telah melayani lebih dari 123,7 juta pelanggan di berbagai titik distribusi, yang terdiri dari 453.539 point-of-sales (POS), kantor pembiayaan, kantor cabang, kantor pos, dan ATM. Total aset konsolidasi HCNV mencapai EUR 25,6 miliar. Semua angka yang terangkum di sini berdasarkan data hingga 30 Juni 2019, kecuali dinyatakan lain. Informasi lebih lanjut tentang HCNV dapat diakses di www.homecredit.net.
 
Pemegang saham tunggal dari HCNV adalah Home Credit Group B.V. (‘HCGBV’). Pada tahun 2019, HCBV memberikan sebagian kecil operasi non-inti, termasuk bisnisnya di Amerika Serikat, kepada HCGBV. Pengumuman ini disajikan seolah operasi kecil dan non-inti tersebut dimiliki oleh HCGBV pada 1 Januari 2018. 91,12% kepemilikan saham HCGBV dimiliki oleh PPF Financial Holdings B.V.


PPF Financial Holdings secara 100% merupakan anak perusahaan dari PPF Group N.V. (“PPF”). PPF melakukan investasi ke berbagai segmen pasar seperti perbankan dan jasa keuangan, telekomunikasi, asuransi, real estate, pertambangan logam, pertanian, ritel, dan bioteknologi. Jangkauan PPF mencakup wilayah Eropa hingga Russia, Amerika Serikat, dan juga Asia. PPF memiliki aset sebesar EUR 34,5 miliar (per 31 Desember 2018). Informasi lebih lanjut tentang PPF dapat diakses di www.ppf.eu

Kepemilikan minoritas (8,88%) dari Home Credit Group B.V. dimiliki oleh EMMA OMEGA LTD, sebuah perusahaan induk investasi yang dimiliki oleh Jiří Šmejc. Informasi lebih lanjut tentang Emma Capital dapat diakses di
 www.emmacapital.cz

Informasi lebih lanjut silakan hubungi:  
Freya Pradieta Laksmono
VP Brand Strategy & Communications
PT. Home Credit Indonesia
Email: ms.info@homecredit.co.id
Phone: 021 29659655
Footer Logo

PT Home Credit Indonesia merupakan perusahaan pembiayaan multiguna yang memberikan layanan pembiayaan bagi pelanggan yang berbelanja secara online maupun offline. Kami juga menyediakan pembiayaan multiguna bagi pelanggan setia kami agar mereka dapat memenuhi kebutuhan finansial mereka.

Kami hadir untuk menjadikan apa yang Anda inginkan dalam jangkauan dengan mengubah cara dunia berbelanja.

Anda Bisa!

Kantor Pusat:

PT Home Credit Indonesia

Plaza Oleos Lantai 8

Jl. TB Simatupang No. 53A

Jakarta Selatan 12520
E-mail: care@homecredit.co.id
Telepon: (+62) 21 295 39655
Fax: (+62) 21 227 80155
Back to Top