Semenjak kehadirannya di tahun 2013, Home Credit berkomitmen untuk terus mendukung proliferasi pendidikan keuangan di Indonesia. Pada tahun 2019, dukungan tersebut ditunjukkan lewat Kelas Literasi Keuangan bertema, “
Jadi Entrepreneur Cerdas di Era Keuangan Digital Yang Kamu Mau”. Program ini dimulai pada tanggal 14 Februari 2019, dimana para fasilitator dan pembicara #DoITCERDAS berbicara dihadapan sekitar 100 mahasiswa dari Fakultas Pertanian (FAPERTA) Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin. Sebuah perayaan Valentine yang unik, bukan?
Sesuai dengan tema yang dibawakan, edukasi literasi keuangan ini memusatkan peserta untuk bertujuan menjadi seorang wirausaha kreatif dan inovatif di era keuangan digital. Untuk membangun dasar yang baik, topik yang dibagikan bersifat mendasar dan aplikatif, Seperti membedakan keinginan dan kebutuhan, mencapai tujuan keuangan, jenis-jenis lembaga keuangan, pentingnya proteksi, manajemen resiko, hingga perbedaan menabung dan berinvestasi.

Kelas ini diperkenalkan oleh tim fasilitator dari External Affairs Home Credit,
Ali Hufron dan
Esra Tambunan, serta dibuka oleh
Dr. Ir. H. Taufik Hidayat, selaku Wakil Dekan III FAPERTA Universitas Lambung Mangkurat. Selain itu, City Manager Home Credit Banjarmasin,
Ayu Melati, juga turut memberi kata sambutan sekaligus memperkenalkan Home Credit kepada para peserta.
Kelas berlangsung cukup ramai! Para peserta sangat antusias dan banyak mengajukan pertanyaan, terutama soal memulai dan menjalankan sebuah bisnis, dasar kerjasama yang baik, dan bagaimana cara menghadapi kerugian atau kegagalan. Selain sesi tanya jawab yang bermanfaat, peserta juga terlibat dalam diskusi grup, di mana mereka menantang pemikiran kritis masing-masing serta mengeluarkan ide-ide kreatif untuk menyelesaikan masalah ekonomi di daerah tempat tinggal mereka. Ada banyak ide-ide menarik yang dibuat peserta! Mulai dari sirup buah naga, sampai
cleaning service untuk mahasiswa sibuk, usulan yang dilontarkan sangat menggambarkan pemikiran kreatif dari para anak muda yang terlibat.

Pada akhirnya para peserta merasa puas dengan beragam aktivitas dan diskusi yang pastinya akan menginspirasi calon usahawan manapun. Untuk menjaga semangat yang ada, para peserta diundang untuk mengikuti akun media sosial Home Credit untuk mendapatkan tips pengelolaan finansial setiap Selasa dari
hashtag #DoITCERDAS.
Home Credit akan melanjutkan komitmennya untuk menyebarkan literasi keuangan di Indonesia, serta membantu para anak muda untuk mencapai usaha impiannya. Dengan Home Credit, Kamu Bisa!