Seperti restoran cepat saji yang buka 24 jam, jantung yang menjadi organ vital dalam tubuh juga nggak pernah berhenti bekerja. Bertugas untuk memompa darah ke seluruh tubuh, kesehatan jantung memang penting banget buat diperhatiin. Well, supaya tubuh sehat terus dan bisa hidup lebih lama, kamu perlu menjaga jantung dari berbagai penyakit yang mengintai.
 
Dengan beberapa tips sederhana nyatanya menjaga kesehatan jantung nggak sulit dilakukan. Tips tersebut bisa langsung dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari sebagai bentuk kebiasaan baik. Nah, sebelum membahas tips untuk menjaga kesehatan jantung, nggak ada salahnya mengenali penyakit jantung yang bisa membahayakan hidupmu. Dikutip dari Hello Sehat, ini empat penyakit jantung yang selalu siap menyerangmu saat sedang lengah!
 

Kenali Penyakit Jantung yang Sering Ditemui

 
Hindari serangan jantung
 
  • Penyakit jantung coroner
 
Penyempitan pada pembuluh darah koroner atau lebih dikenal dengan penyakit jantung koroner adalah jenis penyakit jantung yang paling ditakuti banyak orang. Soalnya, waktu pembuluh darah koroner menyempit, oksigen akan terhambat dan nggak mengalir ke sel-sel otot jantung. Dengan absennya oksigen, jantung bisa mengalami gangguan fungsi yang bahaya banget buat tubuh.
 
  • Gangguan katup jantung
 
Dalam kondisi normal, jantung setiap orang terdiri dari empat ruangan utama dengan empat katup yang berfungsi sebagai ‘pintu’. Gangguan fungsi katup bisa menyebabkan tekanan salah satu ruang jantung meningkat dan menimbulkan gejala sesak napas plus cepat lelah.Biasanya, gangguan fungsi katup jantung disebabkan oleh kelainan bawaan, infeksi, tekanan darah tinggi, komplikasi dari penyakit jantung koroner, dan akibat proses penuaan.
 
  • Penyakit jantung bawaan
 
Penyakit jantung bawaan biasanya disebabkan oleh kelainan yang dibawa sejak lahir, seperti kelainan pada sekat atau dinding ruang jantung atau defek Septum Atrium, defek Septum Ventrikel, dan duktus arteriosus paten. Selain itu, ada beberapa penyakit jantung bawaan yang disebabkan gangguan pembentukan saat masih berupa janin.
 
  • Gangguan irama jantung
 
Dalam kondisi normal, jantung berdetak dengan ritme teratur. Tetapi, saat mengalami gangguan irama jantung atau disritmia, detak jantung menjadi nggak beraturan. Bisa menyebabkan stroke mendadak, gangguan irama jantung biasanya disebabkan oleh kelainan yang dibawa sejak lahir.
 

5 Tips untuk Menjaga Jantungmu Agar Tetap Sehat

 
Olahraga agar jantung sehat

1. Berhenti/ jauhi merokok
 
Selamat! Sebagai perokok aktif, kamu memiliki risiko terkena penyakit jantung koroner yang jauh lebih tinggi, bukan hanya risiko terhadap paru paru. Nggak hanya kamu, tetapi orang-orang di sekitarmu yang berperan sebagai perokok pasif juga mengalami hal yang sama. Penyebabnya, nggak lain nggak bukan gara-gara zat beracun yang ada dalam rokok.

2. Olahraga teratur
 
Walau terdengar klise, percayalah kalau olahraga teratur bisa membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Nggak perlu lama-lama, olahraganya cukup 20 – 30 menit saja setiap hari. Langsung coba sendiri dan rasakan manfaatnya ya.

3. Pilih makanan sehat dan berserat
 
Daripada minum es terus, sebaiknya kamu mulai mengonsumsi makanan sehat alami dan berserat. Soalnya, makanan berserat bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat yang meningkatkan risiko penyakit jantung. Nggak cuma sayuran, kamu juga bisa mengonsumsi buah-buahan, gandum, kacang, dan sereal. Terus, konsumsi ikan yang mengandum asam lemak omega-3 juga, ya. Bagus banget untuk membantu mencegah penyakit jantung serta ginjal.

4. Jaga kadar gula darah dan tekanan darah
 
Nggak cuma diabetes, kadar gula darah yang tinggi juga bisa meningkatkan risiko penyakit jantung. Soalnya, kadar gula darah yang tinggi bisa merusak pembuluh darah dan saraf yang mengendalikan jantung. Terus, perhatiin juga tekanan darah dan jaga baik-baik supaya nggak makin naik. Kalau tekanan darahmu terlalu tinggi, pembuluh darah bisa pecah dan langsung mempengaruhi fungsi jantung.

5. Istirahat yang cukup
 
Terakhir, usahain buat tidur selama 7—8 jam setiap hari, ini yang paling murah lho karena kamu ngga ada biaya sama sekali. Kurang istirahat bisa meningkatkan risiko terkena penyakit darah tinggi, diabetes, dan serangan jantung. Terus, kamu juga jangan terlalu stres menghadapi drama dalam hidup ini. Ya, namanya hidup kan memang panggung sandiwara…
 
Nah, selain lima tips sederhana dari artikel ini, kamu juga bisa melakukan medical check-up secara rutin. Selalu perhatikan kesehatan jantung dan tubuhmu sejak dini dan jangan tunda untuk cek kesehatan setiap saat. Sebagai pengguna setia Home Credit, kamu bisa loh memanfaatkan FlexiFast untuk urusan kesehatan. Dengan Home Credit, Kamu Bisa!

ARTIKEL TERKAIT :
Footer Logo

PT Home Credit Indonesia merupakan perusahaan pembiayaan multiguna yang memberikan layanan pembiayaan bagi pelanggan yang berbelanja secara online maupun offline. Kami juga menyediakan pembiayaan multiguna bagi pelanggan setia kami agar mereka dapat memenuhi kebutuhan finansial mereka.

Kami hadir untuk menjadikan apa yang Anda inginkan dalam jangkauan dengan mengubah cara dunia berbelanja.

Anda Bisa!

Kantor Pusat:

PT Home Credit Indonesia

Plaza Oleos Lantai 8

Jl. TB Simatupang No. 53A

Jakarta Selatan 12520
E-mail: care@homecredit.co.id
Telepon: (+62) 21 295 39655
Fax: (+62) 21 227 80155
Back to Top