Tahun 2018 hampir berakhir, sudah memikirkan resolusi baru untuk tahun 2019? Mungkin, banyak di antara kamu yang ingin mewujudkan mimpi membuka usaha sendiri. Yuk, tunjuk tangan! Di era digital yang serba cepat ini, makin banyak loh peluang bisnis yang bisa kamu tekuni, bahkan untuk pemula sekalipun.
Penasaran? Ini empat  ide bisnis menjanjikan yang bisa kamu lirik di tahun 2019!

  1. Dropshipper, Jualan Tanpa Risiko
Dropshipping merupakan metode berjualan tanpa perlu menyimpan stok barang. Melalui metode berjualan ini, kamu melibatkan pihak ketiga alias supplier sebagai penyedia barang. Selain tidak menyimpan stok, dalam sistem dropship penjual juga tidak melakukan proses pengiriman. Metode berjualan ini terbilang menguntungkan untuk pebisnis pemula karena sudah ada supplier yang menyimpan stok dan juga mengirimkan barang. Sebagai penjual, kamu cukup memasarkan foto-foto barang dagangan supplier melalui berbagai media seperti website, akun sosial media, atau market place.

Lantas, bagaimana cara memulai usaha dropship? Sebelum memulai, pastikan kamu sudah menentukan produk yang akan dijual. Sebaiknya, pilih produk yang dipakai sehari-hari sehingga menguntungkan saat dijual. Selain itu, kamu juga bisa menjual berbagai produk yang sesuai dengan minat pribadi atau teman dekat. Hal ini tentu bertujuan agar kamu mudah memahami target market produk yang dijual.

Selain itu, jenis usaha ini juga memiliki banyak kelebihan. Terutama, untuk kamu yang ingin memulai usaha namun masih terhambat modal. Pembeli yang sudah lebih dulu mengirimkan dana untuk produk yang dibeli otomatis meminimalkan risiko usaha ini. Tetapi, bukan berarti usaha ini sama sekali tidak memiliki kekurangan. Salah satu kekurangan yang paling menonjol adalah tidak adanya kontrol terhadap kualitas produk yang dijual.

Oleh sebab itu, penting untuk memilih supplier atau penjual yang terpercaya. Ya, supplier tersebut harus memiliki kredibilitas baik dari segi kualitas produk, harga, ketepatan pengiriman, dan berbagai faktor pendukungnya. Sebelum memilih supplier, kamu bisa melakukan riset singkat melalui internet untuk melihat tanggapan orang lain tentang supplier tersebut. Penting memilih supplier terpercaya agar nantinya tidak ada pelanggan yang kecewa dengan produk yang kamu jual.

  1. Membuka Bisnis Jastip atau Jasa Titip Beli
 
Memulai bisnis jastip atau jasa titip beli saat ini memang menjadi salah satu pilihan bisnis yang . Kamu hanya perlu membelikan barang yang dititip, dan pelanggan akan memberikan bayaran jasa.

Untuk bisnis jasa titip beli ini, kamu juga harus tahu bagaimana sistem kerjanya. Ada beberapa metode yang umum digunakan. Pertama, pembeli memberikan uang muka terlebih dahulu dan sisanya dibayar saat barang sudah datang. Kamu juga bisa melakukan sistem kerja seperti jasa titip beli lainnya, yaitu dengan membayar full payment lewat bank transfer. Jika barang yang diinginkan pelanggannya sudah habis terjual, maka uang akan dikembalikan.

Dalam bisnis ini, transparansi adalah faktor terpenting agar pelanggan tidak kecewa. Salah satunya dengan memberitahu harga asli barangnya dan berapa tarif jasanya. Tarif jasa titip beli atau jastip ini beragam, mulai dari Rp2.000 - Rp 35.000, tergantung dari harga barang yang dipesan. Semakin mahal harganya, maka biaya jasa juga akan semakin besar.

Selain dapat menghasilkan omzet jutaan rupiah, bisnis jasa titip beli ini memiliki keuntungan lain, loh! Seperti mendapatkan poin tambahan dari kartu kredit karena sering berbelanja, mendapatkan bonus barang karena seringkali ada promo buy 1 get 1, dan juga berkesempatan mendapat undian yang biasa diadakan oleh tempat kamu berbelanja.

  1. Bisnis Jasa Desain Grafis

Kalau punya kemampuan dan bakat di bidang desain grafis, mengapa tidak memanfaatkannya menjadi ladang bisnis? Seperti yang sama-sama kita ketahui, makin menjamur bisnis online membuat permintaan konten visual berupa gambar atau video menjadi lebih banyak. Mulai dari logo sederhana, visual branding untuk kartu nama, paper bag, sampai yang lebih kompleks seperti materi promosi di media sosial. Permintaan ini biasanya datang dari para pebisnis online dan juga perusahaan yang membutuhkan jasa desain grafis dengan biaya terjangkau.

Menurut prediksi, jasa desain grafis menjadi ladang bisnis yang menjanjikan di tahun 2019 mendatang. Dengan menjadi seorang desainer grafis, kamu berkesempatan untuk mengembangkan bakat dan menambah portofolio yang bisa mendukung perjalanan karir di masa depan. Selain itu, kamu juga bisa mendapat penghasilan tambahan dari desain yang dibuat. Selain memasarkan jasamu melalui akun sosial media, kamu juga bisa menjadi seorang freelancer di perusahaan desain online yang banyak beredar di dunia maya.
 
Selain itu, kamu juga tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk memulai usaha ini. Cukup bermodalkan kemampuan, laptop atau PC serta peralatan pelengkap yang biasanya sudah dimiliki olehmu yang memiliki passion di bidang ini. Tunggu apa lagi? Yuk, manfaatkan skill-mu sebagai modal untuk mendapatkan penghasilan!

  1. Bisnis Seputar eSport
Hadirnya eSport sebagai salah satu cabang olahraga dalam Asian Games 2018 lalu merupakan salah satu momentum menanjaknya dunia eSport tanah air. Dalam Asian Games 2018, terdapat enam game yang dipertandingkan pada cabang olahraga eSport,  yaitu League of Legends (LoL), Heartstones, Pro Evolution Soccer (PES 2018), Starcraft II, Clash Royale, dan Arena of Valor (AoV).

Makin diakui dan tidak lagi sekadar “bermain game”, dunia eSport berani untuk unjuk gigi dengan dibentuknya Indonesia eSport Premier Leauge (IESPL). Sebab, tidak hanya menarik untuk dimainkan, dunia eSport juga ramai dengan penampilan cosplay dari berbagai karakter game populer. Dengan jumlah peminat yang besar, tidak heran kalau eSport berhasil menyedot animo masyarakat Indonesia.

Menurut hasil riset Newzoo, di tahun 2017 lalu terdapat 43,7 juta pemain game di Indonesia yang rela membelanjakan uangnya hingga USD 880 juta. Jumlah fantastis ini berhasil membuat Indonesia menempati posisi 16 besar di dunia dari sisi pendapatan yang berasal dari game online. Diprediksi terus bertambah dan makin berkembang, para penggemar eSport tentu akan menjadi calon pelanggan yang potensial.

Dengan demikian, kesempatan untuk meraup keuntungan dari bisnis seputar eSport tidak bisa dilewatkan begitu saja.  Mulai dari berjualan merchandise berbagai produk eSport, perlengkapan yang mendukung untuk bermain game, hingga usaha pembuatan kostum karakter game yang akan dipakai untuk cosplay.

  1. Kuliner Online
Menjadi kebutuhan primer yang wajib untuk dipenuhi, rasanya tidak heran kalau bisnis kuliner tidak pernah sepi pengunjung. Apalagi, dengan bergesernya kultur sosial masyarakat menjadi serba digital yang membawa warna baru pada bisnis ini. Ya, di zaman sekarang ini banyak orang yang lebih dulu mengabadikan makanan yang terhidang sebelum benar-benar disantap. Snap, eat, repeat, bisnis kuliner online jelas terdengar begitu menjanjikan.
 
Kalau sebelumnya bisnis kuliner harus dilengkapi dengan warung atau gerai fisik, sekarang ini penjualan online justru lebih diminati. Lantas, kalau tidak ada warung untuk memasarkannya, bagaimana orang-orang mengenal bisnis kuliner? Well, banyak akun sosial media yang bisa dimanfaatkan untuk menarik calon pelanggan. Mulai dari Facebook dan Instagram, sampai bekerja sama dengan aplikasi ojek online yang tersedia. Sebab, bekerja sama dengan aplikasi ojek online bisa membantu memudahkan proses distribusi produk yang dijual.

Selanjutnya, pastikan untuk selalu menampilkan feeds terbaik dengan mengunggah foto produk atau berbagai hal yang berhubungan dengannya. Hal tersebut bertujuan untuk membuat pelanggan selalu ingat dengan produk yang dijual. Misalnya, kalau menawarkan produk catering diet, kamu bisa berbagi tips untuk mengatur pola makan atau aktivitas olahraga ringan. Jangan lupa atur feeds-mu semenarik mungkin supaya bisa mencuri perhatian calon pembeli.

Selain itu, supaya orang-orang tidak ragu dan penasaran ingin mencoba produkmu, tawarkan endorsement ke para influencer atau selebgram yang sedang hits. Pilih yang sesuai dengan karakter dan target market supaya produkmu makin laris manis. Nah, supaya pelanggan tidak bosan, kamu bisa membuat promo berkala untuk meningkatkan engagement. Misalnya, promo gratis muffin untuk lima belas orang pembeli pertama di hari Jumat. Selain itu, kamu juga bisa berinovasi dengan menu baru di setiap periode tertentu agar pelanggan terus penasaran dengan produk barumu.

Well, dengan mengeluarkan modal yang lebih sedikit daripada berjualan offline, berjualan online memang memudahkanmu dalam berbisnis. Tetapi, bukan berarti berjualan online tidak memiliki tantangan. Justru, kamu harus berani berinovasi supaya lebih menonjol dibandingkan kompetitor. Tidak lupa, kamu juga harus jeli untuk memasarkan produk dengan tepat.
 
Tips:
Artikel ini menampilkan beberapa ide bisnis dari lini minat yang berbeda. Tetapi, bisnis terbaik adalah bisnis yang paling sesuai dengan minatmu. Apapun kegemaran dan minat yang dimiliki bisa menjadi bisnis yang menjanjikan kalau jeli menangkap peluang didalamnya!
 
Footer Logo

PT Home Credit Indonesia merupakan perusahaan pembiayaan multiguna yang memberikan layanan pembiayaan bagi pelanggan yang berbelanja secara online maupun offline. Kami juga menyediakan pembiayaan multiguna bagi pelanggan setia kami agar mereka dapat memenuhi kebutuhan finansial mereka.

Kami hadir untuk menjadikan apa yang Anda inginkan dalam jangkauan dengan mengubah cara dunia berbelanja.

Anda Bisa!

Kantor Pusat:

PT Home Credit Indonesia

Plaza Oleos Lantai 8

Jl. TB Simatupang No. 53A

Jakarta Selatan 12520
E-mail: care@homecredit.co.id
Telepon: (+62) 21 295 39655
Fax: (+62) 21 227 80155
Back to Top