Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi, seseorang tentu lebih memilih untuk menggunakan sesuatu yang praktis dan mudah. Dalam proses pembayaran misalnya, tersedia kartu debit dan kredit yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Walau terdengar tidak asing, bukan tidak mungkin kamu kurang memahami perbedaan antara kedua kartu tersebut. Untuk masyarakat kalangan menengah atas, kedua kartu tersebut sudah menjadi sesuatu yang wajib dimiliki untuk mempermudah proses transaksi non tunai. Lantas, sebenarnya apa perbedaan kartu debit dengan kredit? Apa saja kelebihan dan kekurangan dari masing-masing kartu?
 
Walau sama-sama diterbitkan oleh bank, membutuhkan pin, juga tanda tangan, sebenarnya terdapat banyak perbedaan antara kartu debit dengan kredit. Dari mekanismenya saja, kedua kartu tersebut sangat berbeda. Kartu debit adalah kartu yang dikeluarkan oleh bank yang digunakan untuk menyimpan saldo rekening tabungan milikmu. Sementara itu, kartu kredit ditawarkan oleh bank untuk meminjamkan dana non tunai yang disertai dengan tagihan setiap bulannya.
 
Selanjutnya, dari segi manfaat, kelebihan, juga kekurangan, yuk langsung simak beberapa poin berikut ini.

Perbedaan dari sisi Manfaat 

Walau sama-sama berfungsi sebagai alat pembayaran non tunai, nyatanya kartu kredit dan kartu debit memiliki beberapa manfaat yang berbeda seperti di bawah ini. 
  1. Kartu Debit

Menyelipkan kartu debit di dalam dompet rasanya tidak jauh berbeda dengan membawa tabungan ke mana-mana. Dengan membawa kartu debit, kamu bisa dengan mudah mengambil atau mentransfer uang hanya dengan memasukkan kartu ke mesin ATM. Selain itu, kartu debit juga bisa digunakan untuk membayar berbagai tagihan melalui mesin EDC yang tersedia. Dengan menggunakan kartu debit, kamu tidak perlu mengkhawatirkan dengan tagihan bulanan beserta bunganya. Sebab, dana yang ada di kartu debit merupakan uang yang ditabung oleh pemilik rekening itu sendiri. Dengan demikian, tentu saja kamu tidak perlu memikirkan hutang ke pihak bank. Selain itu, kamu juga tidak perlu memikirkan repotnya melakukan transaksi dalam jumlah besar. Selama tidak melebihi nominal saldo tabungan, kamu selalu bisa melakukan transaksi kapan dan di mana saja selama tersedia mesin ATM. 
  1. Kartu Kredit

Dengan banyaknya situs jual beli online, transaksi menggunakan kartu kredit juga makin sering dilakukan. Sebab, situs jual beli online sering kali menawarkan pembayaran melalui kartu kredit. Selain itu, dengan menggunakan kartu kredit, kamu juga bisa mendapatkan berbagai promo seperti diskon, cashback, poin, atau hadiah langsung dari pihak merchant.
 
Selain itu, kartu kredit juga memudahkan transaksimu saat travelling keluar negeri. Membawa uang tunai saat travelling tentu memiliki risiko kehilangan yang lebih tinggi. Tetapi, dengan memilih menggunakan kartu kredit, kamu sudah memutuskan untuk berhutang pada pihak bank. Dengan demikian, kamu perlu membayar tagihan setiap bulan sesuai dengan jumlah dana yang dipakai.
 
Di sisi lain, kartu kredit juga cocok digunakan untukmu yang membutuhkan dana mendadak, seperti saat terjadi kecelakaan. Tetapi, kartu kredit juga bisa digunakan untuk membayar tagihan bulanan, seperti listrik, telepon, asuransi, dan lain sebagainya. Kalau tanpa sengaja katu kreditmu hilang, tidak perlu panik dana dalam tabunganmu akan berkurang akibat penyalahgunaan. Tetapi, kamu perlu tetap memblokirnya agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Semua riwayat transaksi yang kamu lakukan akan tersimpan otomatis di dalam e-mail melalui fitur e-statement. Dengan demikian, kamu bisa mencocokkan setiap transaksi yang kamu lakukan dengan menggunakan kartu kredit.

Beberapa Kekurangan Kartu Debit dan Kredit

Walau memiliki banyak manfaat dan memberikan kemudahan, kartu kredit dan debit tentu memiliki beberapa kekurangan seperti yang dijabarkan dalam poin-poin di bawah ini. 
  1. Kartu Debit

Menggunakan tabungan pribadi yang terbatas sebagai sumber dana, kartu debit jelas tidak bisa diandalkan untuk menghadapi kebutuhan mendesak. Selain itu, promo yang ditawarkan untuk pengguna kartu debit biasanya juga lebih sedikit dari kartu kredit. Saat hilang, kartu debit juga lebih mudah untuk disalahgunakan. 
  1. Kartu Kredit

Walau memberikan kemudahan bertransaksi, pengguna kartu kredit juga selalu dibayangi oleh besarnya bunga yang berlaku. Makin sering melakukan transaksi dalam jumlah besar, bunga yang harus dibayar juga akan ikut membesar. Apalagi, proses pembayaran tagihan kartu kredit memiliki jangka waktu tertentu. Jika melewati batas yang ditetapkan, bunga yang harus dibayar juga makin membesar.
 
Mendapatkan kartu kredit juga bukan perkara mudah. Dengan plafon yang berbeda, biasanya limit kartu kredit akan disesuaikan dengan pendapatan milikmu. Dengan demikian, seseorang yang berpenghasilan tinggi dengan masa kerja menahun jelas lebih mudah untuk mendapatkan kartu kredit.
Footer Logo

PT Home Credit Indonesia merupakan perusahaan pembiayaan multiguna yang memberikan layanan pembiayaan bagi pelanggan yang berbelanja secara online maupun offline. Kami juga menyediakan pembiayaan multiguna bagi pelanggan setia kami agar mereka dapat memenuhi kebutuhan finansial mereka.

Kami hadir untuk menjadikan apa yang Anda inginkan dalam jangkauan dengan mengubah cara dunia berbelanja.

Anda Bisa!

Kantor Pusat:

PT Home Credit Indonesia

Plaza Oleos Lantai 8

Jl. TB Simatupang No. 53A

Jakarta Selatan 12520
E-mail: care@homecredit.co.id
Telepon: (+62) 21 295 39655
Fax: (+62) 21 227 80155
Back to Top