Anda tertarik untuk berinvestasi saham, tapi masih bingung dengan cara memulainya? Termasuk cara membeli saham. Secara umum, caranya relatif mudah sehingga siapa saja bisa melakukannya. Berikut ini panduan lengkap bagi Anda yang ingin memulai investasi dan mendapatkan penghasilan melimpah dari membeli saham.
 
  1. Membuka Rekening Saham
Sekilas saham mirip dengan tabungan, karena sama-sama memerlukan rekening khusus. Bedanya kalau membuka rekening tabungan harus ke kantor bank bersangkutan. Sedangkan jika membuka rekening efek atau saham harus datang ke broker atau kantor perusahaan sekuritas. Kalau ingin cara yang lebih praktis, Anda juga bisa membuka rekening saham secara online.
 
Untuk pembukaan rekening online harus mengisi formulir yang tercantum pada website perusahaan sekuritas. Kemudian Anda akan mendapatkan formulir asli untuk ditAndatangani secara langsung. Sesudah itu, Anda harus mengirimkan kembali formulirnya ke alamat kantor perusahaan sekuritasnya agar bisa dilakukan verifikasi.
 
  1. Berikan Dokumen Secara Lengkap
Pengajuan pembuatan rekening saham Anda harus menyertakan berbagai dokumen yang sudah ditentukan oleh perusahaan sekuritas. Beberapa dokumen yang biasanya wajib dilampirkan bersamaan dengan pengembalian formulir pembuatan rekening saham adalah kartu identitas (KTP atau Paspor), NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak), fotocopy Kartu keluarga, fotocopy buku tabungan, dan materai senilai enam ribu rupiah.
 
Saat ini sangat banyak perusahaan sekuritas yang bisa mewadahi Anda untuk melakukan investasi saham. Pastikan jangan sampai salah memilih atau hanya tergiur dengan iming-iming yang cenderung menyesatkan. Perusahaan sekuritas yang terpercaya pasti diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Jadi pastikan perusahaan yang Anda pilih bonafit dan legal.
 
  1. Top Up Dana Rekening Saham
Ketika Anda akan membuka rekening saham, maka harus menyetorkan sejumlah dana. Nominal uangnya sangat bervariasi. Tidak harus dengan investasi jutaan hingga milyaran rupiah. Karena sekarang ini semakin kecil nilai investasinya, mulai dari ratusan ribu rupiah saja. Kecuali kalau perusahaan sekuritasnya adalah perusahaan asing, maka investasinya bisa lebih tinggi.
Kalau sejumlah dana itu sudah disetorkan, maka dengan otomatis rekening efek Anda sudah aktif. Anda juga akan mendapatkan login ID serta PIN, agar bisa mengakses aplikasi yang dipakai dalam membeli sahamnya. Sampai tahapan ini berarti Anda sudah bisa membeli dan memiliki saham sesuai keinginan.
 
  1. Download Aplikasi Guna Membeli Saham
Anda bisa mengunduh aplikasi trading saham sesuai perusahaan sekuritasnya. Namun, kalau Anda melakukan jual beli saham melalui smartphone, maka bisa menggunakan aplikasi trading saham yang terdapat di AppStore untuk pengguna iPhone dan Playstore untuk platform Android.
 
Nah, kalau Anda memilih yang sesuai dengan aplikasi dari perusahaan sekuritas, maka Anda harus mengunduh dan menginstalnya di smartphone, laptop atau komputer desktop. Nah, kalau Anda masih kesulitan saat menggunakan aplikasi trading sahamnya bisa bertanya langsung ke customer servicenya. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan panduan dan arahan yang benar.
 
  1. Cara Membeli Saham
Kalau Anda sudah memiliki rekening efek dan aplikasi trading sahamnya juga sudah terinstal di perangkat Anda, maka Anda sudah bisa memulai berinvestasi saham. Namun, sebaiknya tidak harus tergesa-gesa untuk segera membeli saham. Ketahui berbagai cara membeli saham agar investasi yang dilakukan selalu menguntungkan.
 
Pahami dulu apa tujuan Anda membeli saham. Apakah sebagai investasi jangka pendek atau bahkan jangka panjang? Jika ingin menjadi seorang trader saham yang aktif, maka harus mampu melakukan analisa terhadap saham yang kondisinya sedang uptrend. Sebagai pertAnda kalau saham itu sedang mengalami kenaikan nilai.
 
Tetapi kalau Anda memiliki niat berinvestasi saham jangka panjang, maka harus memperhatikan pembelian saham blue chip. Oleh karena saham itu merupakan milik dari perusahaan besar, dengan pondasi yang sangat kokoh. Sehingga laba yang diberikan lebih stabil. Dengan begitu, harga saham perusahaan bonafit tersebut tidak akan jatuh nilainya secara drastis di bursa efek.
 
Cara pembelian saham melalui aplikasi relatif mudah. Anda bisa memantau harga saham untuk setiap lembarnya. Kalau berminat untuk membelinya bisa mengklik ikon atau tombol Buy, dan kemudian memasukkan jumlah lot yang akan dibeli. Ketentuan minimal pembelian saham adalah 1 lot atau setara dengan 100 lembar saham.
 
Penting untuk dipahami jika Anda hanya bisa membeli saham saat jam buka bursa saham. Umumnya setiap hari Senin sampai dengan Jumat. Sesi pertama jual beli saham akan dimulai pada jam 9 pagi hingga jam 12 siang. Sedangkan sesi kedua akan dibuka kembali saat jam 13.30 sampai 16.15.
Kalau Anda sudah mantap untuk membeli saham dari perusahaan tertentu, maka masukkan terlebih dahulu kode PIN-nya. Nah, kalau transaksi pembelian tersebut sudah berhasil statusnya, maka Anda akan memperoleh notifikasi khusus. Sebagai pemberitahuan kalau Anda sudah resmi memiliki saham dari perusahaan bersangkutan.
 
Sebagai tips tambahan kalau serius ingin menjadi trader saham, maka harus rajin meningkatkan pengetahuan terkait tren harga saham. Penting pula untuk selalu update dengan isu terbaru di bidang industri dan ekonomi. Oleh karena dua sektor tersebut akan berpengaruh terhadap naik turunnya harga saham. Sehingga Anda bisa melakukan prediksi apakah nilai sahamnya akan naik atau justru turun nilainya.
 
Sedikit Berbagi Tips Sukses Trader Saham
 
Agar bisa menikmati kesuksesan dalam bidang saham pastinya butuh perjuangan. Selalu belajar untuk meningkatkan skill dan senantiasa update dengan perkembangannya menjadi pendukung suksesnya. Nah, apa sajakah tips supaya Anda pun bisa berhasil dalam investasi saham?
 
  • Investasi untuk diri sendiri. Maksudnya adalah sebelum melakukan investasi saham, sebaiknya perbanyak dulu pengetahuan seputar saham. Dengan begitu, langkah Anda lebih mantap dan tepat, demi mendapatkan keuntungan yang lebih optimal.
 
  • Beli saham dari industri yang dipahami. Sebagai contoh Anda sangat memahami dunia industri batu bara, maka bisa memilih saham perusahaan yang berkutat dalam bidang tersebut. Dengan begitu, Anda bisa melakukan prediksi lebih tepat dan berpengaruh terhadap perkembangan nilai sahamnya.
 
  • Melatih diri agar selalu percaya diri. Biasanya trader saham pemula masih ragu-ragu dalam menentukan pilihan. Padahal mereka sudah memiliki ilmu dan pengetahuan memadai untuk bisa menjalani trading saham dengan baik.
 
  • Belajar dari kesalahan dan bangkit untuk menggapai kesuksesan. Kegagalan adalah hal biasa dalam setiap investasi. Jangan mudah menyerah dan segera bangkit dengan perhitungan yang lebih terukur.
 
  • Memiliki pola pikir jangka panjang. Investasi saham bukanlah bisnis musiman, jadi Anda harus berpikir pula untuk melakukannya secara jangka panjang. Sehingga profitnya lebih maksimal dan berlangsung dalam jangka lebih panjang.
 
  • Update berita terkini dan ketahui kondisi realnya. Rajin menyimak informasi terkait perkembangan saham dan berita update sangat membantu Anda dalam menggapai kesuksesan di bidang ini. Aktivitas ini bersifat rutin, jadi jangan sampai jenuh untuk melakukannya.
 
Nah, itulah berbagai panduan penting ketika Anda ingin membeli saham. Pengetahuan mumpuni dan perhitungan matang akan mengantarkan Anda pada kesuksesan.
 
Footer Logo

PT Home Credit Indonesia merupakan perusahaan pembiayaan multiguna yang memberikan layanan pembiayaan bagi pelanggan yang berbelanja secara online maupun offline. Kami juga menyediakan pembiayaan multiguna bagi pelanggan setia kami agar mereka dapat memenuhi kebutuhan finansial mereka.

Kami hadir untuk menjadikan apa yang Anda inginkan dalam jangkauan dengan mengubah cara dunia berbelanja.

Anda Bisa!

Kantor Pusat:

PT Home Credit Indonesia

Plaza Oleos Lantai 8

Jl. TB Simatupang No. 53A

Jakarta Selatan 12520
E-mail: care@homecredit.co.id
Telepon: (+62) 21 295 39655
Fax: (+62) 21 227 80155
Back to Top