Tips

Financial Check Up, Bagaimana Caranya?

30 Oktober 2017
linkdin iconsfacebook iconstwitter iconswhatsapp iconsline iconscopy icons
Link copied to clipboard

Lebih besar pasak daripada tiang? Atau uang sering habis tiba-tiba padahal baru gajian?

Hmm, jangan mau dikontrol dengan uang kita sendiri ya Sobat Home Credit. Karena seharusnya kitalah yang mengontrol pengeluaran kita.

Masih bingung bagaimana caranya mengontrol keuangan kita dari awal? Tenang saja Sobat Home Credit, kita punya tipsnya untuk kamu!

1. Dahulukan membayar tagihan rutin

“Rekening udah tiris, tapi belum bayar cicilan nih.”

“Wah belum bayar listrik bulan ini, padahal gajian masih lama.” 

Familiar dengan kejadian serupa, Sobat Home Credit? 

Untuk hal ini, lebih baik kamu membuat daftar tagihan dan cicilan yang rutin harus dibayar setiap bulannya.

Setelah membuat daftar, barulah urutkan daftar tagihanmu berdasarkan tanggal jatuh tempo pembayaran.

Dengan membayar tagihan di awal, kamu bisa lebih leluasa mengatur rencana keuangan selama sebulan ke depan. Selain itu, kamu juga akan terbebas dari denda karena risiko telat membayar, Sobat.


2. Tentukan target

Bukan hanya impian yang perlu target, melainkan keuanganmu juga, Sobat. 

Dalam satu bulan, pasti ada target yang ingin kamu capai. Baik untuk membeli barang baru, liburan, hingga keinginan untuk menabung dan berinvestasi. Nah, hal-hal tersebut bisa kamu raih dengan menetapkan target keuanganmu.

Misalnya, kamu ingin membeli sepatu baru seharga Rp400.000 bulan ini dengan pertimbangan, sepatu tersebut awet dan tahan kira-kira selama 3 tahun pemakaian.

Maka, kamu dapat menyisihkan Rp150.000 di awal bulan untuk membeli sepatu. Sehingga setelahnya, kamu tidak akan tergoda untuk membeli sepatu baru lagi.

Atau bila kamu punya target menabung minimal Rp500.000 setiap bulan, langsung pisahkan Rp500.000 dari rekening sehari-harimu sehingga uang tabunganmu “aman” dan tidak terusik pengeluaran lain.


3. Manfaatkan aplikasi di smartphone

Penting sekali untuk mencatat dan memantau keuanganmu sehari-hari. Bukan hanya untuk menganalisis cash flow, tetapi juga supaya kamu tahu untuk apa saja uang tersebut digunakan. 

Bila Sobat tidak sempat mencatat, manfaatkan saja aplikasi gratis di smartphone untuk mencatat semua pengeluaran dan pemasukanmu, serta pengingat untuk membayar tagihan rutin bulanan.

Aplikasi yang bisa kamu manfaatkan adalah aplikasi mobile My Home Credit! 

Dengan aplikasi My Home Credit, kamu bisa memeriksa informasi cicilan kamu secara real-time. 

Tidak perlu khawatir telat bayar karena semua info ada di sini – mulai dari nomor kontrak, jumlah cicilan yang harus dibayarkan, jadwal pembayaran, hingga bagaimana dan di mana cara membayar.

Selain informasi status pembayaran, Sobat juga bisa cari tahu aneka informasi promo menarik dari Home Credit dengan mudah di aplikasi ini.

Kami juga menyediakan pembiayaan multiguna FlexiFast untuk pelanggan terpilih Home Credit. Pembiayaan multiguna FlexiFast bisa kamu gunakan untuk pendidikan, renovasi rumah, servis kendaraan, kesehatan, hingga biaya pernikahan.

Ayo download aplikasi My Home Credit di www.bit.ly/MyHCApp sekarang juga, Sobat!