Tips

Dear Foodies, Ini 5 Tips Mudah Foto Makanan Instagrammable

5 Mei 2017
linkdin iconsfacebook iconstwitter iconswhatsapp iconsline iconscopy icons
Link copied to clipboard

Suka masak dan hobi share foto masakanmu di Instagram, Sobat Home Credit? Atau hobi nyobain kuliner unik yang sedang hits di kotamu? Pasti foto makanan rumahan maupun foto makanan di kafe-kafe hits sudah tidak asing memenuhi media sosial kamu ya.

Ingin hasil jepretan fotomu makin ciamik dan mengundang banyak likes? Kuncinya mudah, jangan pernah memfoto makananmu secara asal-asalan, Sobat Home Credit! Enggak perlu kamera pro kok, sebab kadang pakai smartphone aja sudah cukup lho untuk menghasilkan foto makanan yang hits dan Instagrammable. Nah, kamu bisa mencoba tips berikut supaya foto makananmu terlihat keren walau cuma pakai smartphone.


1. Manfaatkan filter

Supaya hasil foto makanan terlihat lebih tajam, manfaatkan filter pada kamera smartphone. Jangan sembarangan pilih filter ya. Tidak mau kan makanan lezat yang kamu foto menjadi berwarna kebiruan hanya karena salah memilih filter? 

Kalau pakai Samsung Galaxy A7 2017, tidak perlu bingung memilih filter lagi karena sudah ada food mode yang otomatis membuat foto makanan makin ciamik. Cocok untuk para foodies atau kamu yang hobi memotret makanan.

Dengan kredit HP Samsung dari Home Credit, kamu bisa langsung membawa pulang Samsung Galaxy A7 (2017) di hari yang sama dengan cicilan bebas bunga. Promo ini juga berlaku untuk seluruh smartphonetablet, dan wearables Samsung lainnya. Enggak cuma promo bebas bunga, kamu juga bisa memilih promo cicilan 10 bulan untuk seluruh smartphonetablet, dan wearables Samsung ini! So, #BebaskanPilihanmu dengan cicilan tanpa kartu kredit, Sobat Home Credit.


2. Perhatikan angle foto

Supaya foto makanan terlihat lebih menarik, perbanyaklah bermain dengan angle foto. Saat ini, trennya adalah memotret makanan dari atas atau bird’s eye. Hal ini dilakukan untuk mencegah background yang mengganggu estetika foto. 

Untuk makanan seperti hamburger atau rainbow cake serta minuman, sebaiknya ambil angle dari samping. Pengamiblan gambar samping akan mempertegas keindahan lapisan makanan yang beragam dan isi minuman supaya foto terlihat lebih kaya akan warna.


3. Tambahkan elemen hidup

Kadang kesal ya kalau kita sudah mendapat angle yang bagus, tahu-tahu foto kita “bocor” karena tidak sengaja memotret orang yang berlalu-lalang di background foto kita. Eits, jangan kesal dulu Sobat Home Credit. Kalau tahu triknya, elemen hidup justru membuat foto makananmu lebih menarik lho. Misalnya, memberikan efek bokeh untuk orang berlalu-lalang di latar foto.

Contoh lainnya, saat kamu kesulitan mengambil foto es krim cone, langsung saja difoto dengan tangan sambil memegang es krim. Jangan takut menampakkan tanganmu pada frame gambar. Kalau kamu ada ide lainnya, share di sini ya!


4. Warna-warni lebih menarik

Tidak usah takut dengan warna yang kontras antara objek foto dan latar belakangnya. Warna yang kontras justru bisa mempertegas foto makanan supaya terlihat lebih outstanding. Warna juga bisa berasal dari bahan makanan itu sendiri, terutama sayuran dan buah-buahan yang berwarna-warni akan memberikan kesan segar pada fotomu.

 5. Hindari fitur flash

Catat ini: hasil foto yang bagus tidak pernah menggunakan fitur flash! Mengapa? Pencahayaan yang terlalu terang dari flash akan merusak warna makanan dan menghasilkan bayangan yang mengurangi nilai estetika foto makananmu. Kalau ada fitur food mode-nya Samsung Galaxy A7 (2017), udah jelas dong enggak bakal pakai flash untuk foto makanan kamu?


Suka artikel ini? Ayo share ke media sosial kamu, Sobat Home Credit!