Tips

3 Cara Praktis untuk Share Lokasi

23 April 2019
linkdin iconsfacebook iconstwitter iconswhatsapp iconsline iconscopy icons
Link copied to clipboard

Janjian dengan seseorang yang terbiasa tepat waktu memang nggak menimbulkan masalah. Nah, lain halnya kalau kamu janjian dengan teman dekat yang punya kebiasaan sering terlambat. Walau kamu sudah sengaja datang lima belas menit lebih lambat, teman yang bersangkutan pasti masih belum sampai juga. Bahkan, nggak jarang tuh kamu harus menunggunya sampai satu jam lebih. Lama-lama nggak sabar, kamu jadi terbiasa memintanya untuk share lokasi setiap kali janjian. 

Selain memperkirakan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke tempat tujuan, share lokasi juga bisa membantu memantau keberadaannya dengan pasti. Nah, kalau ada yang belum terbiasa berbagi lokasi alias share-loc dengan orang lain, inilah tiga aplikasi yang bisa dimanfaatkan:

 

1. Share Lokasi via WhatsApp

Sebagai salah satu aplikasi chatting paling populer saat ini, WhatsApp juga menyediakan fitur tambahan berupa share location. Dengan adanya fitur share location di WhatsApp, kamu nggak perlu repot membuka aplikasi lain waktu sedang chatting dengan teman yang bersangkutan. Cara pakainya juga nggak ribet loh, tinggal ikuti langkah-langkah di bawah ini! 

  • Pilih ruang chat dengan teman yang bersangkutan
  • Pilih “Attachment”
  • Pilih “Location” > “Share live location” untuk jangka waktu “15 minutes” / “1 hour” / “8 hours” sesuai dengan kebutuhan. “Share live location” memungkinkan temanmu untuk melihat posisimu secara real time dan begitu pula sebaliknya. Dengan “Share live location”, kamu nggak perlu lagi memberi tahu keberadaanmu karena sudah bisa dilihat langsung.
  • Selain “Share live location”, kamu juga bisa memilih “Location” > “Nearby places” > “Send your current location” (accurate to several meters). Untuk menunjukkan posisimu secara akurat,  tunggu sampai titiknya tepat atau pilih tempat terdekat yang sudah ditandai secara otomatis. Tetapi, berbeda dari “Share live location”, “Send your current location” hanya menunjukkan posisimu saat itu. Saat berpindah tempat, kamu perlu mengirim ulang lokasimu.

2. Share Lokasi via Google Maps

Sebagai pengguna Android yang terbiasa menggunakan Google Maps, kamu juga bisa loh share lokasi dengan aplikasi ini. Mudah digunakan, yuk langsung coba cara di bawah ini! 

  • Buka aplikasi Google Maps
  • Klik titik biru yang menunjukkan lokasimu saat ini
  • Pilih “Share your location”
  • Pilih “Share your real-time location” untuk jangka waktu minimal “15 minutes” dan maksimal “3 days”. Atau, kamu juga bisa memilih opsi “Until you turn this off”
  • Setelah itu, pilih aplikasi yang ingin digunakan untuk share lokasi, mulai dari WhatsApp, Telegram, Facebook, Gmail, atau LinkedIn. 

3. Share Lokasi via LINE

Lebih sering menggunakan aplikasi LINE untuk berhubungan dengan teman atau sahabat? Nggak perlu khawatir. Melalui aplikasi ini, kamu juga bisa kok share lokasi saat dibutuhkan. Nggak jauh berbeda dari WhatsApp, ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk share lokasi via LINE: 

  • Pilih ruang chat dengan teman yang bersangkutan
  • Pilih “Attachment” berupa tanda +
  • Pilih “Location” > pilih lokasi yang sesuai atau tulis lokasimu di kolom “Search” yang tersedia

Setelah lokasimu terkirim ke teman yang bersangkutan atau sebaliknya, nggak perlu khawatir lagi dengan pertanyaan “Kamu di mana?” atau “Dengan siapa?”. Selain share lokasi, kamu juga bisa menambahkan wefie supaya teman yang bersangkutan nggak penasaran lagi. Jauh dari ribet, tiga aplikasi di atas siap dimanfaatkan untuk share lokasi dengan orang lain. Mencari tips praktis lainnya? Stay tuned terus di artikel selanjutnya, ya!