Walau makin banyak lembaga keuangan yang nawarin fasilitas kredit, nyatanya proses pengajuan kredit nggak semudah yang dibayangkan. Ada yang mulus dan langsung berhasil, tapi nggak sedikit juga yang gagal dapat pinjaman. Salah satu penyebabnya apa lagi kalau bukan rendahnya credit score milikmu. Parahnya lagi, kalau kamu nggak punya credit score sama sekali sebagai calon debitur.
 
Buat kamu yang nggak pernah mengajukan pinjaman uang di lembaga keuangan atau perusahaan pembiayaan pasti asing sama istilah credit score. For your information, credit score adalah rating performa kredit seseorang di lembaga keuangan. Biasanya, credit score diberikan oleh Bank Indonesia setelah melalui proses penelusuran riwayat kredit (BI checking) yang ada di Sistem Informasi Debitur (SID). Sekarang, credit score dikeluarkan oleh Otoritas Jasa Keuangan melalui Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK).
 
Punya credit score yang oke jelas penting buat kamu yang ingin mengajukan pinjaman uang. Soalnya, credit score berpengaruh banget sama disetujui atau enggaknya permohonan kredit, besar nominal kredit, tenor yang didapat, sampai besar bunga yang dikenakan. Nah, biar credit score-mu makin naik dan memudahkan segala proses yang ada, yuk coba tiga cara ampuh naikkan credit score di bawah ini! 

Setia memilih Home Credit Indonesia


Sebagai orang awam yang alhamdulillah berkecukupan dan belum pernah meminjam uang di manapun, kamu pasti nggak punya rekam jejak atau riwayat kredit. Nggak jauh beda dari pengalaman minim yang berpotensi membuat kamu ditolak perusahaan, nggak punya rekam jejak bisa membuat pengajuan pinjamanmu ditolak. Yuk, mulai nabung rekam jejak yang baik dengan memilih Home Credit Indonesia sebagai alat pembayaranmu!
 
Dibanding kartu kredit, memilih Home Credit Indonesia bisa membantumu menaikkan credit score milikmu. Apalagi, kalau kamu selalu membayar pinjaman tepat waktu. Rekam jejak kreditmu bakalan oke dan nggak ada lembaga keuangan atau perusahaan pembiayaan yang menolak pinjaman yang kamu ajukan. 

Belajar Mencicil Sehat


Nggak cuma memilih makanan, mencicil sehat juga penting dilakukan. Soalnya, urusan pinjam- meminjam uang alias kredit juga punya ukuran sehatnya sendiri. Idealnya nih, jumlah cicilan maksimal seseorang adalah 30% dari penghasilan per bulan. Kalau jumlah cicilanmu lebih dari itu, credit score milikmu bisa terhitung buruk. Jadi, sebelum mengambil cicilan lain, lebih baik lunasi dulu cicilanmu yang sebelumnya.
 
Tips lainnya, coba lebih selektif memilih barang yang akan dikredit. Jangan sampai kamu menghabiskan limit kreditmu dalam satu waktu. Misalnya, kamu dapat limit kredit Rp10.000.000 dari Home Credit Indonesia, pilih barang yang harganya di bawah limit tersebut. Balik lagi ke paragraf sebelumnya, selalu ingat buat melunasi cicilanmu yang sebelumnya. Oke? 

(Baya Tagihan) Tepat Waktu adalah Cermin Pribadiku


Nggak cuma pas janjian sama gebetan, bayar tagihan juga harus tepat waktu, dong. Dalam proses penilaian, Bank Indonesia atau Otoritas Jasa Keuangan akan memberi credit score bagus buat kamu dengan syarat selalu membayar tagihan tepat waktu. Nah, range nilainya sendiri dibagi menjadi 1—5. Mulai dari Lancar, Dalam Perhatian Khusus, Kurang Lancar, Diragukan, dan Macet. Kalau banyak nilai “Macet” di riwayat kreditmu, rasanya nggak heran kalau credit score milikmu rendah dan nggak ada yang mau meminjamkan uang.
 
So, butuh sikap disiplin dan rasa bertanggung jawab buat mengembalikan pinjaman yang sudah kamu ambil. Bayar tepat waktu sebagai bagian dari kewajiban, nambahin credit score, plus terhindar dari bunga denda yang jumlahnya mungkin mencekik.
 
Gimana? Setelah membaca tiga tips di atas, kamu nggak bingung lagi kan mencari cara buat naikkan credit score milikmu? Setia pilih Home Credit Indonesia, rasakan cicilan ringan tanpa beban!
Footer Logo

PT Home Credit Indonesia merupakan perusahaan pembiayaan multiguna yang memberikan layanan pembiayaan bagi pelanggan yang berbelanja secara online maupun offline. Kami juga menyediakan pembiayaan multiguna bagi pelanggan setia kami agar mereka dapat memenuhi kebutuhan finansial mereka.

Kami hadir untuk menjadikan apa yang Anda inginkan dalam jangkauan dengan mengubah cara dunia berbelanja.

Anda Bisa!

Kantor Pusat:

PT Home Credit Indonesia

Plaza Oleos Lantai 8

Jl. TB Simatupang No. 53A

Jakarta Selatan 12520
E-mail: care@homecredit.co.id
Telepon: (+62) 21 295 39655
Fax: (+62) 21 227 80155
Back to Top