Mengambil gambar di laptop terkadang membingungkan karena tidak seragam antara model dan merek. Walaupun memiliki OS yang sama, Windows juga tidak menetapkan aturan standar untuk cara screenshot di laptop. Jika di Android dan iOS, caranya kebanyakan sama dan tidak ribet.

Kebingungan cara melakukan screenshot ini dikarenakan format keyboard pada setiap laptop berbeda. Mulai dari penggunaan tombol Fn ataupun harus melalui kombinasi tombol khusus. Untuk memberi solusi untuk hal ini, artikel ini akan memberikan penjelasan tentang beberapa langkah untuk mengambil screenshot di laptop.
  1. Menggunakan Snipping Tool

Cara yang paling umum digunakan adalah dengan program Snipping Tool. Walau program ini bukan alat screenshot yang praktis, Anda bisa mengatur gambar mana yang ingin diambil di layar. Kalau screenshot biasa, Anda harus klik tombol atau kombinasinya lalu mengedit untuk fokus spesifik gambar di layar, dengan Snipping Tool hal ini tidak perlu lagi.

Program ini biasanya sudah ada di dalam OS Windows terutama Windows 7, 8 dan 10. Jika Anda belum memiliki program ini, Anda bisa download di Microsoft Store untuk mendapatkannya. Program ini gratis dan mudah untuk di-install.

Untuk akses program ini, cukup ketik Snipping Tool di search bar dari Start jika menggunakan Windows 10. Jika tidak, Anda bisa masuk dengan klik Start > All Program > Windows Accessories > Snipping Tool. Setelah klik program, Anda akan melihat command bar muncul di layar. Untuk memulai mengambil gambar klik New dan biasanya Anda bisa drag kursor dan  mengotaki gambar yang ingin diambil sebagai screenshot. Setelah melepas drag, Anda akan melihat langsung hasil screenshot dan bisa langsung save di folder yang Anda inginkan. Cara screenshot di laptop ini cukup mudah dan bisa lebih fokus untuk mengambil gambar tertentu.
  1. Menggunakan Tombol PrtSc

Cara berikutnya adalah dengan menggunakan tombol PrtSc atau lebih dikenal dengan nama tombol Print Screen. Tombol ini otomatis menyimpan gambar di slot copy laptop Anda. Tidak seperti screenshot pada smartphone, penggunaan tombol ini harus dikombinasikan dengan program yang mampu menerima gambar. Contoh program ini adalah beberapa program Microsoft Office, Paint dan program olah gambar seperti Photoshop.

Setelah membuka program tersebut, Anda bisa klik kanan > Paste atau menggunakan shortcut Ctrl + V. Menekan tombol ini akan memunculkan gambar yang telah diambil. Gambar ini biasanya memiliki ukuran resolusi dengan setting layar Anda. Gambar juga berupa semua yang ada di layar. Tapi untuk kursor biasanya otomatis tidak terlihat di gambar yang diambil.
  1. Menggunakan Kombinasi Tombol Windows dan PrtSc

Nah, pada beberapa laptop Windows, Anda bisa mengambil gambar screenshot semudah mengambilnya di smartphone. Cara ini menggunakan kombinasi tombol Windows dengan PrtSc. Hal ini akan mengambil gambar keseluruhan seperti dengan cara Print Screen di atas tapi langsung disimpan berupa file gambar. Gambar yang di-save biasanya akan langsung bisa dilihat di folder Picture > Screenshots Folder.

Bagi banyak orang menganggap cara ini lebih simpel karena file yang berupa gambar langsung bisa dikirim untuk keperluan e-mail dan share media sosial. Anda tidak perlu repot buka program dan melakukan paste dan edit. File yang dihasilkan dari screenshot dengan cara ini biasanya berupa PNG.
  1. Menggunakan Kombinasi Tombol Alt dan PrtSc

Berikutnya adalah screenshot yang hanya mengambil gambar pada jendela program yang aktif. Hal ini akan membuang gambar taskbar dan visual lain yang bukan jendela program yang Anda buka. Hal ini memudahkan karena Anda tidak perlu membuka program seperti saat menggunakan Snipping Tool untuk mengambil gambar tertentu pada layar. Cukup kombinasi tombol Alt dengan PrtSc, gambar jendela program sudah terambil.

Sayangnya untuk save menjadi file, Anda harus membuka program tertentu untuk melakukan Paste. Hal ini sama halnya dengan menggunakan tombol PrtSc saja untuk mengambil screenshot. Cara screenshot di laptop yang satu ini biasanya lebih digunakan untuk mengambil gambar progress project untuk laporan atau saat membuat tutorial.
  1. Menggunakan Kombinasi Tombol - Tombol di Atas dengan Fn

Beberapa laptop memiliki fungsi Fn untuk tombol khusus yang mengaktifkan fungsi keyboard yang berbeda pada setiap key. Fn menjadi penting jika fungsi tombol PrtSc terkunci dengan tombol Fn ini. Jika hal ini ada di keyboard laptop Anda, mau tidak mau Anda harus mengkombinasikan tombol Fn jika ingin mengambil screenshot. Biasanya tombol Fn ini ada di dekat tombol Windows pada keyboard. Tapi tidak semua laptop mengunci fungsi PrtSc di belakang tombol Fn, pastikan dulu apakah tombol PrtSc terkunci di keyboard Anda.
  1. Menggunakan Kombinasi Tombol Windows dan H

Untuk laptop hybrid seperti Microsoft Surface Pro, Anda bisa menggunakan fitur screenshot plus share. Fitur ini bisa digunakan dengan menggunakan tombol Windows dan huruf H pada keyboard. Cara screenshot di laptop ini akan menyimpan file sekaligus mengaktifkan Windows Share toolbar. Di toolbar ini Anda bisa memilih gambar yang akan di share dengan cara apa.

Pilihan yang akan muncul biasanya dengan e-mail, Facebook, Twitter, OneNote ataupun program messenger seperti LINE. Tergantung pilihan share, gambar akan muncul secara otomatis seakan Anda membuat post secara langsung. Beberapa share masih memperbolehkan Anda menambah caption atau teks sebelum share selesai dikirim.
  1. Menggunakan Kombinasi Tombol Logo Windows dan Volume Down

Masih seputar screenshot dengan Windows Surface, tahukah Anda bahwa teknik mengambil gambar di tablet dan smartphone bisa dilakukan juga di laptop hybrid ini? Saat ada di mode tablet, Anda bisa mengambil screenshot dengan menekan tombol fisik logo Windows yang ada di bagian bawah layar tablet dengan tombol fisik volume down di sisi samping tablet. Menekan dua tombol ini bersamaan akan membuat layar meredup sesaat dan mengeluarkan suara seperti shutter kamera saat mengambil gambar. Screenshot yang Anda ambil dengan cara ini biasanya akan langsung disimpan di folder Picture > Screenshots Folder.
  1. Menggunakan Tombol Windows dengan Shift dan S

Khusus untuk Windows 10, Anda bisa mengkombinasikan tombol Windows dengan Shift dan S pada keyboard. Shortcut ini akan membuat layar menjadi redup dan kursor terlihat berbeda. Pada dasarnya mode ini sama dengan mode mengambil gambar pada Snipping Tool. Di mode ini Anda cukup drag dan mengurung bagian yang ingin Anda ambil di layar sebagai screenshot.

Sayangnya, setelah mengambil gambar yang dikurung, gambar hanya disimpan sementara dan harus di-Paste di tempat lain untuk di-save. Cara shortcut ini bisa dibilang kombinasi menggunakan tombol PrtSc dengan Snipping Tool yang hanya tersedia di laptop Windows 10.

Bagaimana? Cara screenshot di laptop Windows mudah dan banyak, kan? Mudah – mudahan dengan banyaknya pilihan cara ini, Anda menemukan teknik yang tersedia di laptop Windows Anda. Perlu diperhatikan bahwa teknik screenshot ini masih bisa berbeda tergantung model keyboard dan model laptop yang Anda gunakan.

Footer Logo

PT Home Credit Indonesia merupakan perusahaan pembiayaan multiguna yang memberikan layanan pembiayaan bagi pelanggan yang berbelanja secara online maupun offline. Kami juga menyediakan pembiayaan multiguna bagi pelanggan setia kami agar mereka dapat memenuhi kebutuhan finansial mereka.

Kami hadir untuk menjadikan apa yang Anda inginkan dalam jangkauan dengan mengubah cara dunia berbelanja.

Anda Bisa!

Kantor Pusat:

PT Home Credit Indonesia

Plaza Oleos Lantai 8

Jl. TB Simatupang No. 53A

Jakarta Selatan 12520
E-mail: care@homecredit.co.id
Telepon: (+62) 21 295 39655
Fax: (+62) 21 227 80155
Back to Top