Yuk, Hindari Virus Corona dengan 5 Tips Ini

Yuk, Hindari Virus Corona dengan 5 Tips Ini

5 Februari 2020

linkdin iconsfacebook iconstwitter iconswhatsapp icons

Kasus virus corona jenis baru, yaitu novel Coronavirus 2019 (nCoV), di berbagai negara memang mengkhawatirkan. Dikutip dari CNN Indonesia, virus yang berawal dari Kota Wuhan, Tiongkok, dan merebak sejak 31 Desember 2019 tersebut tercatat memiliki lebih dari 4.500 kasus. Nggak cuma negara tetangga, seperti Thailand, Malaysia, dan Singapura, virus corona diberitakan udah sampai di Jerman lho. Di Indonesia sendiri, walau ada beberapa orang yang diduga terinfeksi virus corona, sampai saat ini nyatanya belum ada yang benar-benar positif. 

Well, bukan berarti kamu bisa santai. Supaya terhindar dari virus corona, kamu perlu waspada dengan melakukan beberapa tindakan pencegahan. Terus, kamu juga perlu membekali diri dengan pengetahuan dan informasi seputar virus ini lho. Biar nggak terjangkit virus corona, yuk cari tau gejala dan cara menghindarinya! 

Gejala yang perlu diwaspadai

jaga kesehatan dari demam


Gara-gara mirip dengan flu dan batuk pada umumnya, gejala virus corona wajib banget buat diwaspadai. Dikutip dari Alodokter, infeksi virus corona bisa menyebabkan penderitanya mengalami gejala flu, seperti hidung berair, sakit kepala, batuk, nyeri tenggorokan, dan demam, juga gejala penyakit infeksi pernapasan berat, seperti demam tinggi, batuk berdahak bahkan berdarah, sesak napas, dan nyeri dada. 

Tapi, kalau diklasifikasiin lagi, ada 3 gejala umum yang bisa jadi pertanda kalau seseorang terinfeksi virus corona. Gejala yang dimaksud adalah demam, batuk, dan sesak napas. Menurut penelitian, gejala-gejala tersebut akan muncul dalam 2 hari sampai 2 minggu dari seseorang terpapar virus corona. 

Upaya pencegahan yang bisa dilakukan

cuci tangan secara rutin


Supaya terhindar dari infeksi virus corona, tentu ada beberapa upaya pencegahan yang bisa dilakukan. Nah, menurut instruksi dari Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI), ini 5 tips yang bisa kamu ikuti: 


1. Tetap tenang alias
stay cool

Bangun tidur langsung bersin-bersin? Eits, jangan panik dulu. Siapa tau kamu bersin gara-gara semalam kehujanan. Kalau bersinnya disertai dengan demam, batuk, dan sesak napas seperti gejala umum virus corona, coba konsultasi ke dokter ya. Yang penting tetap tenang dan jangan langsung panik. Stay cool aja! 


2. Kurangi aktivitas di luar rumah

Nah, kalau udah fix ngerasain gejala umum virus corona, sebisa mungkin kurangi aktivitas di luar rumah ya. Jangan lupa izin sakit ke kantor dan pilih work from home kalau memungkinkan. Terus, langsung konslutasi ke dokter di klinik atau rumah sakit terdekat. 


3. Cuci tangan dan pakai masker

Yang namanya bakteri, debu, kuman, dan virus memang bertebaran di sekitar kita. Nah, mulai sekarang rutin mencuci tangan dengan sabun cair minimal selama 20 detik ya. Kalau lagi sering batuk atau bersin, jangan lupa pakai masker biar nggak nularin virus ke orang lain. 


4. Sering bepergian? Ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Hindari peternakan atau pasar hewan hidup
  • Hindari menyentuh hewan atau unggas
  • Hindari kontak dengan orang yang memiliki gejala infeksi saluran napas
  • Setelah kembali dari area outbreak, langsung konsultasi ke dokter ya kalau mengalami gejala umum virus corona


5. Tetap waspada!

Well, sama seperti kejahatan, terinfeksi virus corona juga bisa terjadi saat ada kesempatan. Jadi, tetap waspada ya dengan melakukan 5 tips di atas ya. Oke?