Bang-bing-bung, yok kita nabung! Tang-ting-tung, hei jangan dihitung. Tau-tau kita nanti dapat untung! Masa sihhhhhh rasanya tiap liat saldo rekening tabungan kok gak naik-naik, ya? Apa lagu zaman kecil kita dulu hanyalah suatu tipuan belaka?
 
Mungkin, sebenarnya kesalahan ada di cara kita menabung gak sih? Apalagi, sekarang kita hidup di tengah godaan diskon, belanja, juga cashback. Kalau udah begini sih paling cepat memang say goodbye sama uang dan tabungan. Daripada pusing, di bawah ini udah ada beberapa tips nabung yang bisa kamu coba dan dijamin akan menambah pundi-pundi uang di celenganmu dengan cepat!
  1. Pilih auto debit (khusus nabung di bank) 

Sistem ini lumayan berfungsi nih Gaiss dan caranya super gampang! Kamu bisa aktifin fitur auto debit di rekening gaji buat dipindahin ke rekening khusus tabungan. Udah gitu, tanggal dan nominalnya bisa kamu atur sendiri lagi. Misal nih ya, gajian tanggal 25, tanggal 26 langsung auto debit 20% dari gaji kamu dan pindah ke rekening tabungan. Gampang kannn…
  1. Menabung nominal Rp20.000

Sebenarnya cara ini lumayan mudah. Seperti namanya, kamu cukup sediain celengan dan isi dengan uang Rp20.000 yang kamu temukan. Entah uang kembalian, dikasih orang tua dan teman, pokoknya kamu harus punya komitmen untuk memasukkannya ke dalam celengan!
 
By the waaaay, nominalnya juga bisa kamu ganti sih. Kalau Rp20.000 terlalu berat, kamu bisa pakai Rp10.000, Rp1.000, atau mungkin Rp100.000 (kalau kamu kaya) juga boleh suka-suka aja yang penting komitmen, ya!
 
  1. Menabung berdasarkan tanggal 

Cara menabung seperti ini cukup fun lho! Cukup ikutin tanggal di kalender terus dikaliin deh sama nominal yang mau kamu tabung. Misal nih ya, gajian di tanggal 25 langsung tuh cusss tabung Rp25.000, di tanggal 26 kamu tabung 26.000, dan seterusnya. Tapi, kalau kamu merasa kaya bisa juga tuh dikaliin 10 atau bahkan 100, yang seharusnya Rp25.000 kamu tabung Rp250.000 atau Rp2.500.000, why not ya kan? Namanya juga horang kayaaah.
 
  1. Menabung recehan 

Gaiss, jangan suka menganggap uang receh itu remahan rengginang, ya! Sering kali kita angkuh dan menganggap uang receh alias koin yang biasa jadi kembalian itu nominalnya Rp100 atau Rp200. Soalnya, sering lho kita terima Rp1.000 sebagai “recehan”. Waktu lagi kekurangan uang, recehan ini bisa jadi penyelamat bagi hidup kita juga. Sooooo, jangan sampai kita buang-buang uang recehan ya Gaiss. Better sediain celengan khusus untuk menyimpan “recehan” tersebut. Tanpa disadari jumlahnya bisa sampai ratusan ribu rupiah, lho! 
 
  1. Menyimpan foto untuk motivasi menabung 

Kalo keempat cara di atas gak guna, mungkin kamu bisa coba cara terakhir dengan memasang foto tujuan hidup yang bisa jadi motivasi untuk menabung. Contohnya, foto balon udara di Cappadocia yang jadi goals liburan, foto pacar yang ngebet mau dikawinin, atau foto Kakbah karena mau biayain orangtua naik haji. Pasang deh tuh foto-fotonya di tembok kamar, jadi wallpaper smartphone, laptop, selipin di dompet, dan semua tempat yang bisa terlihat olehmu. Dijamin, motivasi kamu untuk menabung pasti bertambah.
 
Jadi, daripada stres lihat jumlah saldo rekening tabungan gak bertambah, langsung coba cara menabung seru seperti di atas, ya! Dijamin, celengan kamu pasti cepat gendut. Terus, buat belajar lebih hemat dan dukung aktivitas finansial kita, jangan lupa simak artikel FUNancial selanjutnya, ya. Ikuti berbagai tipsnya, saatnya pilih FUNancial #YangKamuMau!
 
Footer Logo

PT Home Credit Indonesia merupakan perusahaan pembiayaan multiguna yang memberikan layanan pembiayaan bagi pelanggan yang berbelanja secara online maupun offline. Kami juga menyediakan pembiayaan multiguna bagi pelanggan setia kami agar mereka dapat memenuhi kebutuhan finansial mereka.

Kami hadir untuk menjadikan apa yang Anda inginkan dalam jangkauan dengan mengubah cara dunia berbelanja.

Anda Bisa!

Kantor Pusat:

PT Home Credit Indonesia

Plaza Oleos Lantai 8

Jl. TB Simatupang No. 53A

Jakarta Selatan 12520
E-mail: care@homecredit.co.id
Telepon: (+62) 21 295 39655
Fax: (+62) 21 227 80155
Back to Top