Belanja online memang favorit semua orang. Gimana enggak? Online shopping bisa menjadi penyelamat di saat terpenting butuh barang tapi gak punya waktu buat datang ke tokonya. Apalagi kalo yang dicari adalah barang-barang yang syulittt ditemukan, udah pasti online shopping to the rescue, dong!
 
Tapi... pernah gak sih kamu cek seberapa tergantungnya kamu sama online shop? Walaupun banyak manfaatnya, kalo gak berhati-hati ada beberapa kerugian terselubung loh dari online shopping ini. Langsung aja, ini dia beberapa kerugian yang dapat disebabkan belanja online.
 
  1. Terkadang ekspektasi barang jauuuuuh dari realita
 

 
Banyak banget nih kejadian seperti ini, lihat di web sih barangnya oke punya, apalagi pas dipakai sama modelnya. Tapi, pas datang malah… eng-ing-eng! Cukup untuk membuat hati jadi gundah gulana. Misalnya, kamu berencana membeli karpet untuk di ruang tamu. Udah ditunggu lama, eh taunya pas datang malah seukuran keset kamar mandi. Sedih banget kan kalau udah kayak gini? :(
 
  1. Ukuran gak sesuai karena gak bisa dicoba
 

 
Karena gak bisa mencoba langsung, biasanya barang yang dibeli melalui online shop ukurannya gak sesuai dengan kita. Apalagi, jika kita membeli pakaian dan sepatu. Walaupun terkadang sudah menulis detail ukurannya, tetap aja akhirnya kurang enak dipakai. Entah kekecilan, mungkin juga kegedean.
 
  1. Gampang terkena godaan “pejuang ongkir”
 

 
Hanya karena nilai setitik, rusak susu sebelanga. Hmm, peribahasa ini pas banget nih buat gambarin wahai kamu si pejuang ongkir! Demi mendapatkan free ongkir, kamu rela belanja dengan minimum order toko online. Ujung-ujungnya, rumahmu penuh dengan barang-barang gak berfaedah yang cuma bisa jadi pajangan.
 
  1. Risiko penipuan
 

 
Nah, ini bahaya yang terkadang menghampiri saat belanja online. Harus diperhatikan baik-baik nih, review bagus belum bisa menjamin tokonya bagus karena bisa aja tokonya sendiri yang menulis review tersebut. So, harus hati-hati banget ya kalau mau belanja online. Pastiin aja seller-nya reliable and no tipu-tipu. Oke?
 
  1. Bisa bikin adiktif!
 

 
Saking gampangnya belanja online, kegiatan ini bisa bikin kita jadi adiktif loh! Gak bisa tidur, lihat-lihat online shop. Lagi naik transportasi online, lihat-lihat online shop. Habis gajian, sapu bersih keranjang belanja di online shop. Ujung-ujungnya tagihan menggunung dan cicilan malah numpuk minta dilunasin.
 
Nah, walaupun banyak manfaatnya, belanja online ternyata mengandung beberapa kerugian, ya. Sering lihat kan meme-meme hasil orang belanja online yang jauuuuuh banget dari realitanya? Bikin ngakak sih emang, tapi bayangin deh kalo di posisi mereka sedih juga ya, kan? Makanya kita harus pintar-pintar memilih platform belanja online yang oke dan jangan lupa menerapkan FUNancial. Simak artikel FUNancial selanjutnya dan ikuti berbagai tipsnya, ya.
 
Saatnya pilih FUNancial #YangKamuMau!
 
Footer Logo

PT Home Credit Indonesia merupakan perusahaan pembiayaan multiguna yang memberikan layanan pembiayaan bagi pelanggan yang berbelanja secara online maupun offline. Kami juga menyediakan pembiayaan multiguna bagi pelanggan setia kami agar mereka dapat memenuhi kebutuhan finansial mereka.

Kami hadir untuk menjadikan apa yang Anda inginkan dalam jangkauan dengan mengubah cara dunia berbelanja.

Anda Bisa!

Kantor Pusat:

PT Home Credit Indonesia

Plaza Oleos Lantai 8

Jl. TB Simatupang No. 53A

Jakarta Selatan 12520
E-mail: care@homecredit.co.id
Telepon: (+62) 21 295 39655
Fax: (+62) 21 227 80155
Back to Top