Kekayaan menjadi sesuatu yang dicari oleh kebanyakan orang. Beberapa di antaranya sukses menjadi kaya – raya, sedangkan beberapa yang lain masih terus berjuang meraih kekayaan. Alih – alih dikenal, ternyata beberapa orang dengan kekayaan terbesar di Indonesia justru jarang tersorot oleh media pemberitaan. Tetapi majalah Forbes yang rutin mengabarkan daftar orang terkaya di dunia memiliki cukup informasi untuk menyusun daftar 10 orang terkaya di Indonesia setiap tahunnya.
 

Inilah 10 Orang Terkaya Di Indonesia Versi Majalah Forbes:

 

1. Budi Hartono


 
Nama Robert Budi Hartono ditempatkan pada peringkat pertama oleh Forbes sebagai orang terkaya di Indonesia pada tahun 2017 lalu. Pria 77 tahun ini dikabarkan memiliki kekayaan 9 miliar dollar Amerika Serikat atau setara dengan 128 triliun rupiah. Budi Hartono yang bernama asli Oei Hwie Tjhong merupakan salah satu anggota dinasti PT. Djarum. Ia merupakan putra pendiri PT. Djarum dan sukses membesarkan perusahaan rokok tersebut berkat kerja sama dengan salah satu kakaknya. Selain menggeluti bisnis rokok; Budi Hartono juga tercatat sebagai salah satu pemegang saham terbesar Bank BCA. Bisnis lain yang ia geluti adalah perkebunan kelapa sawit, properti, dan industri elektronik yang dikenal dengan merek Polytron.
 

2. Michael Hartono


 
Seorang Budi Hartono sukses mengelola PT. Djarum bersama kakak laki – lakinya, Michael Hartono. Pria dengan nama asli Oei Hwie Siang ini juga merupakan salah satu putra pendiri pabrik rokok di kota Kudus tersebut. Kekayaan Michael Hartono diperkirakan mencapai angka 8,9 miliar dollar Amerika Serikat atau setara dengan 127,14 triliun rupiah. Michael memiliki jalur bisnis yang serupa dengan Budi; yaitu bisnis properti, perbankan, dan juga industri pertanian. Keluarga Hartono selain menjadi sosok di belakang sukses PT. Djarum juga diketahui sebagai pemegang mayoritas saham Bank BCA.
 

3. Sri Prakash Lohia


 
Nama dalam daftar 10 orang terkaya di Indonesia lainnya diisi oleh Sri Prakash Lohia. Pria asal India ini dikabarkan Forbes memiliki kekayaan mencapai 5,4 miliar dollar Amerika Serikat. Kekayaan tersebut kurang lebih setara dengan 77,15 triliun rupiah. Sri Prakash Lohia merupakan CEO dan juga pendiri Indorama Corporation. Perusahaan tersebut aktif bergerak di bidang industri tekstil dan juga petrokimia. Pria 65 tahun tersebut pertama kali mendirikan Indorama Corporation dengan membangun instalasi industri di kawasan Purwakarta pada tahun 1974. Kini Indorama Corporation telah berkembang dan memiliki banyak cabang di berbagai kota dan juga berkembang hingga ke mancanegara. Indorama Corporation telah menjadi sebuah perusahaan besar yang diperkirakan mempekerjakan hingga 19 ribu orang.
 

4. Chairul Tanjung


 
Sosok Chairul Tanjung telah cukup dikenal di Indonesia; bukan sekedar sebagai pengusaha yang sukses tetapi juga sebagai seorang mantan Menteri Perekonomian ketika menggantikan posisi Hatta Rajasa pada tahun 2014 lalu. Chairul Tanjung merupakan sosok yang ada di balik sukses CT Corp, perusahaan raksasa yang bergerak di berbagai bidang bisnis dan industri. Seorang Chairul Tanjung juga dikenal fenomenal karena memiliki latar belakang keluarga yang kurang mampu. Ia memperoleh julukan “Si Anak Singkong” karena latar belakang orang tuanya yang bukan dari keluarga kaya. Tetapi kini seorang Chairul Tanjung telah sukses dan menjadi salah satu orang terkaya dengan kekayaan yang ditaksir mencapai 4,6 miliar dollar Amerika Serikat atau setara dengan 65,7 triliun rupiah.
 

5. Tahir


 
Nama Tahir mungkin tidak sepopuler Chairul Tanjung sebagai sosok pribumi yang sukses menjadi salah satu orang terkaya di Indonesia pada saat ini. Keduanya memiliki kesamaan berupa latar belakang keluarga yang kurang mampu dan kemudian sukses mengembangkan bisnis hingga menjadi kaya raya. Tahir memiliki seorang ayah yang bekerja sebagai tukang becak; tetapi kini ia merupakan seorang konglomerat dengan kekayaan mencapai 2,8 miliar dollar Amerika Serikat atau sekitar 40 triliun rupiah. Tahir merupakan pendiri dan sosok yang berada di belakang kesuksesan Mayapada Group. Keterbatasan ekonomi disebut Tahir sebagai motivasi untuk menjadi pengusaha. Ia memulai bisnis di bidang garmen dan kemudian merambah di berbagai bidang. Latar belakang keluarga kurang mampu sepertinya menjadi alasan sosok Tahir menjadi seorang yang dermawan; ia banyak memberi santunan khususnya pada kegiatan sosial yang terkait kesehatan.
 

6. Murdaya Poo


 
Sosok Murdaya Poo dikenal sebagai pengusaha sukses yang kemudian aktif di bidang politik praktis. Ia merupakan anggota DPR pada tahun 2004 – 2009 dan kini lebih banyak aktif di belakang layar. Seorang Murdaya Poo membangun kerajaan bisnisnya dengan diawali berjualan koran. Kemudian ia sukses menggulirkan beberapa bisnis baru hingga kini dikenal sebagai pelaku bisnis pada bidang alat olahraga, kontraktor, dan kelistrikan. Majalah Forbes menyebut Murdaya Poo memiliki kekayaan mencapai 2,1 miliar dollar Amerika Serikat atau setara dengan 30 triliun rupiah.
 

7. Theodore Permadi Rachmat


 
Pria yang sering disebut dengan inisial TP Rachmat ini merupakan sosok yang berada di balik sukses Astra Group pada saat ini. Rachmat memulai karir sebagai karyawan PT. Astra saat perusahaan tersebut baru dimulai tahun 1968 lalu. Seorang TP Rachmat kemudian membawa perusahaan tersebut sukses dan berkembang setelah menjabat CEO Astra Group pada tahun 1984. Theodore Permadi Rachmat kini dikabarkan memiliki kekayaan sebesar 27,14 triliun rupiah atau kurang lebih setara dengan 1,9 miliar dollar Amerika Serikat.
 

8. Mochtar Riady


 
Majalah Forbes menyebut kekayaan seorang Mochtar Riady ada di kisaran angka 1,9 miliar dollar Amerika Serikat atau kurang lebih sama dengan kekayaan TP Rachmat. Nama Mochtar Riady mungkin kurang populer karena lebih banyak aktif di belakang layar; tetapi nama Lippo Group tentu menjadi nama perusahaan yang banyak dikenal di masyarakat. Mochtar Riady merupakan pendiri dan juga menjabat presiden komisaris Lippo Group yang kini menjadi raksasa bisnis di bidang properti, retail, dan juga telekomunikasi.
 

9. Prajogo Pangestu


 
Sosok Prajogo Pangestu banyak dijadikan teladan karena sukses menjadi pengusaha kaya raya meski terlahir di keluarga yang kurang mampu. Seorang Prajogo Pangestu yang kini menjadi salah satu orang terkaya di Indonesia sempat menjalani pekerjaan sebagai sopir angkot sebelum bekerja di perusahaan kayu dan kemudian sukses membangun bisnisnya sendiri. Seorang Prajogo Pangestu merupakan orang yang ada di balik sukses Barito Group dan kini, menurut majalah Forbes, memiliki kekayaan mencapai 1,8 miliar dollar Amerika Serikat atau setara dengan 25,8 triliun rupiah.
 

10. Peter Sondakh


 
Nama Peter Sondakh cukup dikenal berkat sukses dari PT. Rajawali Corporation. Ia merupakan pendiri dan juga CEO dari holding company tersebut. Peter Sondakh yang kini berusia 68 tahun sukses mengembangkan dan membawa PT. Rajawali Corporation berkembang pada berbagai bidang bisnis. Perusahaan tersebut telah dikenal sebagai pelaku bisnis di berbagai bidang; mulai dari bisnis properti, pariwisata, rokok hingga terakhir mendirikan media televisi RTV. Majalah Forbes menyebut seorang Peter Sondakh sebagai salah satu orang terkaya di indonesia dengan kekayaan mencapai 1,7 miliar dollar Amerika Serikat atau sekitar 24,3 triliun rupiah.
 
Footer Logo

PT Home Credit Indonesia merupakan perusahaan pembiayaan multiguna yang memberikan layanan pembiayaan bagi pelanggan yang berbelanja secara online maupun offline. Kami juga menyediakan pembiayaan multiguna bagi pelanggan setia kami agar mereka dapat memenuhi kebutuhan finansial mereka.

Kami hadir untuk menjadikan apa yang Anda inginkan dalam jangkauan dengan mengubah cara dunia berbelanja.

Anda Bisa!

Kantor Pusat:

PT Home Credit Indonesia

Plaza Oleos Lantai 8

Jl. TB Simatupang No. 53A

Jakarta Selatan 12520
E-mail: care@homecredit.co.id
Telepon: (+62) 21 295 39655
Fax: (+62) 21 227 80155
Back to Top